5 Perbedaan Keyboard Mechanical dan Membran Terlengkap

Perbedaan Keyboard Mechanical dan Membran Terlengkap – Keyboard adalah salah satu komponen dalam pc/komputer yang berfungsi untuk memasukkan berbagai perintah dan menulis.

Berkat perkembangan teknologi pada bidang komputer dan perlengkapannya, jenis-jenis keyboard mulai banyak dijumpai. Beberapa diantaranya adalah keyboard mechanical dan membran.

Apa itu keyboard mechanical dan membran?, pada artikel ini akan saya jelaskan kedua jenis keyboard tersebut lengkap dengan perbedaannya. Simak sampai selesai ya!.

A. Perbedaan Keyboard Mechanical dan Membran

1. Pengertian

  • Keyboard Mechanical : Adalah jenis papan ketik yang diperkenalkan pada awal tahun 2000 an, komponen yang digunakan pada keyboard jenis ini berupa switch yang terpasang pada setiap kunci tombol. Apabila pengguna menekan tombol tersebut, maka akan menghasilkan bunyi seperti ketukan yang menandakan reaksi pada switch yang terletak di setiap bagian bawah tombol keyboard.
  • Keyboard Membran : Keyboard yang mekanismenya beroperasi dengan kontak membran sebagai konduksi sirkuit elektrik pada bagian bawah tombol keyboard.

2. Perbandingan Singkat

PembedaMechanicalMembran
Jarak antar tombolRapat.Renggang.
Susunan tombolMenonjol ke atas.Lebih rendah/tidak terlalu menonjol.
MekanismeMenggunakan sistem mekanisme switch di bagian bawah tombolnya.Menggunakan lapisan karet di bagian sirkuit tombolnya.
Suara saat ditekanMenghasilkan suara keras jika ditekan.Menghasilkan suara halus ketika ditekan.
Reaksi tombolLebih taktis meski ditekan perlahan.Membutuhkan tenaga lebih agar keyboard langsung bereaksi.

Baca Juga :

B. Kelebihan dan Kekurangan

1. Kenyamanan

  • Keyboard Mechanical : Keyboard mechanical memberikan perasaan yang berbeda ketika mengetik. Jika diibaratkan mungkin seperti memecahkan bubble wrap secara berulang kali sehingga memberikan rasa rileks kepada penggunanya.
  • Keyboard Membran : Lebih berfokus untuk menawarkan ketenangan bagi pengguna yang tidak nyaman dengan suara berisik dari ketukan keyboard saat mengoperasikan komputer.

2. Durabilitas

  • Mechanical : Dirancang untuk penggunaan intens yang mana membuatnya sanggup bertahan hingga 100 juta ketukan jari. Hal inilah yang membuatnya menjadi salah satu jenis keyboard terbaik, bahkan jika ada salah satu tombol yang rusak maka pengguna hanya perlu mengganti switch pada bagian yang rusak saja.
  • Membran : Lebih cepat rusak, dan jika rusak, harus mengganti seluruh papan keyboard.

3. Fleksibilitas

  • Mechanical : Tersedia keyboard jenis mini yang juga mudah untuk dibawa kemanapun pengguna inginkan.
  • Membran : Keyboard membrane memiliki desain dengan material serta komponen ringan sehingga memudahkan pengguna untuk membawanya kemana-mana.

4. Modifikasi

  • Mechanical : Modifikasi keyboard mechanical mengandalkan switch sebagai penghubung antara kunci tombol dengan sirkuit pada keyboard. Sehingga memudahkan pengguna yang ingin memodel ulang bentuk kunci tombolnya.
  • Membran : Modifikasi keyboard membrane memiliki sistem desain yang sedikit rumit. Jadi apabila Anda ingin memodel ulang, maka pengguna harus mengubah seluruh papan keyboard.

5. Harga

  • Mechanical : Keyboard mechanical memiliki harga yang mahal hingga jutaan rupiah. Bahkan untuk keyboard mechanical tipe gamer paling murah berharga sekitar 1 juta rupiah. Cocok bagi anda seorang gamer.
  • Membran : Keyboard membran cocok untuk anda yang memiliki budget terbatas dan hanya ingin menggunakan keyboard untuk kebutuhan mengetik saja.

C. Mana Yang Terbaik Antara Kedunya?

mechanical vs membran

Menurut kelebihan dan kekurangannya di atas, mungkin kita sudah mengetahui jika keyboard mechanical memiliki banyak kelebihan daripada keyboard membrand.

Tapi jika berbicara tentang mana yang terbaik, hal ini tergantung pada pilihan dan kegunaan masing-masing ya!. Untuk saya pribadi, keyboard mechanical lebih baik daripada membran, karena selain bisa saya gunakan untuk main game, juga bisa untuk mengetik, meskipun harganya sedikit mahal.

Sudah paham kan perbedaan keyboard mechanical dan membran?, pastinya sudah ya. Untuk pilihan mana yang terbaik, silahkan anda tentukan sendiri. Semoga bermanfaat ya!.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *