2 Cara Merubah Jaringan 3G Ke 4G Telkomsel Dan Operator Seluler Lain

2 Cara Merubah Jaringan 3G Ke 4G Telkomsel Dan Operator Seluler Lain – Semakin tahun perkembangan teknologi dan jaringan di dunia semakin maju, khususnya di bidang komunikasi. Jika berbicara mengenai komunikasi, pasti kita tidak akan melupakan handphone.

Para ilmuwan berusaha setiap waktu untuk menciptakan teknologi yang dapat menghubungan manusia di berbagai belahan dunia dengan mudah, salah satunya dengan handphone dan internet. Dulu saat internet belum ada, kita harus mengirimkan surat kepada teman, sahabat, bahkan keluarga di tempat yang jauh.

Sekarang kita bisa mengirim surat bahkan kurang dari 1 menit kemanapun melalui internet. Para ilmuwan juga berusaha meningkatkan level jaringan internet agar lebih cepat. Dulu, 3g sudah menjadi hal yang istimewa, namun sekarang 3g kalah dibandingkan dengan 4g. Bahkan ada rumor pemerintah dunia akan merilis 5g.

Untuk urusan sinyal, 4g saja belum merata di seluruh indonesia. Banyak sekali faktor yang mengakibatkan ketidakrataan tersebut, terutama faktor lokasi dan handphone. Jaringan 4g cenderung tersedia di kota-kota besar. Biasanya kita membeli paketan, lalu ada kuota 4g, sedangkan handphone yang kita gunakan tidak support 4g.

Selain itu masih banyak pengguna smartphone yang tidak mengerti cara menggunakan kuota 4g, padahal handphone mereka sudah support jaringan 4g. Jika anda tidak bisa mengaktifkan jaringan 4g di handphone kalian, berikut cara mudah untuk mengaktifkannya, yuk simak!.

Cara Merubah Jaringan 3G Ke 4G

Persyaratan Yang Wajib Dipenuhi

  • Kartu SIM sudah mendukung 4g.
  • Daerah anda sudah ada sinyal 4g.
  • Handphone/smartphone sudah mendukung 4g.

1. Melalui Pengaturan Jaringan

  • Masuk ke Pengaturan handphone android anda masing-masing.
  • Masuk ke pengaturan Sambungan atau menu lain yang berhubungan dengan sambungan. Pada setiap handphone pasti memiliki menu yang berbeda-beda. Namun pada intinya tetaplah sama.
  • Pilih lagi Jenis Jaringan Yang Dipilih, nanti ada pilihan berbagai jaringan mulai dari 2G sampai 4G. Mungkin pada hp lainnya berbeda, jika di handphone saya ada pilihan WCDMA sampai LTE. pilihan jaringan
  • Pilih yang LTE/4G Only atau 2G/3G/4G Automatic, pilihan yang kedua ini berfungsi secara otomatis. Jadi jika anda berada di daerah yang sudah support 4G, maka sinyal/jaringan akan otomatis berubah menjadi 4G.

2. Menggunakan Tab Dial/Panggilan

Langkah ini biasanya digunakan jika pada handphone android jaringan 4G dikunci dan tidak bisa dibuka melalui pengaturan biasa pada umumnya. Contohnya pada handphone xiaomi yang tidak bisa menggunakan jaringan 4G padahal handphone tersebut sudah support 4G. Langsung saja berikut tutorialnya :

  • Masukkan *#*#4636#*#* pada dial (papan ketik panggilan) di handphone anda.
  • Selanjutnya anda akan diarahkan ke menu baru seperti pada gambar berikut.informasi telepon
  • Pilih Informasi Telepon.
  • Kemudian anda akan diarahkan ke menu Info Ponsel, gulir ke bawah sampai anda menemukan Set Preferred Network Type/Tetapkan Jenis Jaringan Utama seperti pada gambar di bawah. set prefered network type
  • Klik menu tersebut dan pilih jaringan yang anda inginkan, berhubung anda ingin mengaktifkan 4G, maka pilihlah LTE Only atau LTE/CDMA/UMTS Auto (PRL). set prefered network type lte only
  • Tunggu beberapa saat, sinyal anda yang tadinya 3G/H+ akan berubah menjadi 4G LTE.

Baca juga cara memperkuat sinyal handphone semua operator seluler 100% berhasil.

Jika anda merubah sinyal 3g ke 4g pada handphone yang belum 4g, percayalah itu yang berubah hanya iconnya/gambarnya saja. Karena 4g bukanlah software, melainkan hardware, jadi dengan cara apapun handphone 3g tidak akan bisa memakai sinyal 4g.

Oke, sekian pembahasan lengkap mengenai cara merubah jaringan 3g ke 4g dengan 2 cara termudah dan tercepat untuk semua operator seluler. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda semua dan semoga bisa menjadi referensi yang bermanfaat. Terima kasih atas kunjungan anda dan jangan lupa berkunjung kembali.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *