oleh

5 Daerah Terdingin Di Indonesia, Bisa Bikin Kamu Kena Hipotermia

5 Daerah Terdingin Di Indonesia, Bisa Bikin Kamu Kena Hipotermia – Indonesia dikenal sebagai negara tropis yang memiliki suhu yang cukup panas. Hal ini disebabkan karena letak geografis Indonesia berada pada jalur khatulistiwa, di mana matahari akan selalu menyinari daerah ini.

Jadi tidak ada masa daerah Indonesia mengalami sebuah musim dingin, yang ada hanyalah musim hujan dan musim kemarau. Ketika musim kemarau datang, biasanya beberapa daerah di Indonesia mengalami kekeringan hingga kekurangan air yang luar biasa.

Namun, pada saat musim hujan datang malahan beberapa daerah di Indonesia mengalami banjir. Peristiwa musim hujan dan kemarau sering kali terjadi berlarut – larut alhasil, pergantian musim tidak bisa diprediksi. Oh iya, Indonesia memiliki suhu rata – rata di atas 30°C bahkan di beberapa daerah bisa lebih dari 35°C.

Tentu saja suhu ini tergolong panas, akibatnya kulit bisa berubah warna menjadi gelap atau gosong. Walau, memiliki suhu rata – rata yang cukup tinggi, ada beberapa daerah yang bersuhu cukup dingin. dan karena terlalu dingin, mungkin ada beberapa lokasi di Indonesia yang memiliki suhu dibawah 20° C seperti di bawah ini.

Daerah Terdingin Di Indonesia

Selain memiliki suhu yang cukup tinggi, namun beberapa daerah di Indonesia memiliki suhu yang cukup dingin. Saking dinginnya, anda perlu memakai jaket supaya tidak terkena masalah hipotermia apabila terjadi sewaktu berada di daerah tersebut. Daerah yang memiliki suhu dingin tidak hanya satu pulau saja, melainkan hampir di sebagian pulau yang ada di Indonesia. Ingin tahu daerah tersebut?, berikut ulasannya buat anda.

5. BerastagiSumatera Utara = -22°C

berastagi

Daerah yang memiliki suhu dingin pertama adalah kecamatan Berastagi di provinsi Sumatera Utara. Daerah ini masuk ke dalam daerah terdingin di Indonesia sebab suhu yang ada di daerah ini berkisar 22°C. Yang mana suhu rata – rata di Indonesia berada di titik 32°C, jadi nilai suhu di daerah Berastagi termasuk cukup dingin. Bahkan dengan suhu seperti itu bisa membuat seseorang harus memakai jaket supaya tidak terlalu kedinginan.

Baca Juga : 9 Tempat Terpanas Di Bumi, Nomor 1 Ekstrim Banget.

Meskipun memiliki suhu yang cukup rendah, masih banyak orang – orang yang mengunjungi objek wisata yang ada di Berastagi. Kesejukan udara yang ada di daerah ini bisa membuat seseorang lebih nyaman. Daerah pegunungan bisa menjadi salah satu daya tarik, dengan udara yang masih segar dan sejuk bisa menjadi pilihan untuk berlibur. Dengan suhu sedemikian rupa, persentase kelembaban di daerah tersebut berkisar 86%.

4. Ruteng, Nusa Tenggara Timur = -20°Cruteng

 

Selanjutnya ada kota yang berada di kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur dan kota tersebut bernama kota Ruteng. Untuk masalah suhu yang ada di daerah ini, biasanya bisa mencapai pada suhu 18°C – 20°C dan ini menjadi salah satu bukti bahwa daerah Ruteng menjadi salah satu daerah terdingin di Indonesia.

Daerah kota Ruteng memiliki gereja yang cukup banyak, sebab banyak orang yang menganut agama katolik. Bahkan saking banyaknya kota ini juga disebut juga kota seribu biara. Dalam keadaan malam hari suhu yang ada di daerah ini bisa mencapai 8°C dan ini sangat dingin banget.

3. Mamasa, Sulawesi Barat = -18°C

mamasa

Daerah terdingin selanjutnya datang dari pulau Sulawesi lebih tepatnya di daerah provinsi Sulawesi Barat. Di provinsi tersebut terdapat sebuah daerah yang memiliki suhu di bawah rata – rata suhu Indonesia yaitu berkisar pada 20°C. Daerah tersebut adalah kabupaten Mamasa. terkadang suhu yang ada bisa mencapai 18°C.

Tentunya dengan suhu seperti ini bisa membuat seseorang terpaksa memakai jaket supaya terhindar dari hipotermia. Untuk mengunjungi daerah ini, perlu waktu yang tidak sedikit. Pasalnya rute menuju ke sana terhalang dengan jalur yang tidak baik.

2. Batu, Malang, Jawa Timur = -12°C

kota Batu malang

Daerah terdingin selanjutnya datang dari pulau Jawa tepatnya Jawa Timur. Daerah Jawa Timur yang memiliki suhu paling dingin adalah kota Batu, Malang dimana suhu yang biasa ada di daerah ini mencapai 12°C. Dengan suhu seperti itu, tidak terbayang betapa dinginnya daerah tersebut.

Bersuhu dingin, kota ini juga terkenal sebagai objek wisata yang terkenal. Dengan wisata petik apel, daerah ini sangat populer. Jadi walaupun memiliki suhu yang begitu dingin, tetap saja daerah ini sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia.

1. Distrik Mulia, Papua = -9°C

kota mulia papua

Daerah terdingin di Indonesia yang terakhir berasal dari ujung timur Indonesia yaitu Papua. Lebih tepatnya adalah distrik Mulia yang berada di Kabupaten Puncak Jaya Wijaya. Suhu yang ada di distrik Mulia ini diperkirakan bisa mencapai 9°C dan angka ini bisa terbilang sangat dingin.

Indonesia yang terkenal dengan suhu yang cukup panas, tidak memungkinkan adanya es yang bisa bertahan. Namun beda halnya dengan pegunungan yang ada di distrik Mulia. Di mana pegunungan daerah tersebut mengalami peristiwa turunnya hujan salju. Dengan begitu puncak dari pegunungan tertutupi oleh hantaran salju.

Suhu dingin yang ada di kota Mulia ini bisa disebabkan oleh faktor dekatnya puncak jaya wijaya yang tertutup dengan salju. Karena hal tersebutlah, kota ini menjadi salah satu destinasi Papua yang sering dikunjungi oleh para wisatawan. Fasilitas – fasilitas seperti Bandar udara, sekolah, tempat ibadah dan fasilitas lainnya, sudah disediakan.

Nah, itulah beberapa kota yang memiliki suhu yang dingin, saking dinginnya bisa membuat anda perlu memakai jaket supaya tidak terlalu kedinginan. Suhu rata – rata di Indonesia yang berkisar 30°C tidak membuat daerah lainnya tidak memiliki suhu dingin, hal ini terbukti ada beberapa daerah yang termasuk terdingin di Indonesia.

Tak jarang, beberapa daerah di atas memiliki suhu yang yang begitu dingin apalagi ketika malam hari tiba, suhu yang ada bisa mencapai di bawah 10°C. Bagaimana dingin sekali bukan?. Jadi tunggu apalagi, datang dan rasakan sensasinya secara langsung!!.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *