oleh

5 Fakta Mengerikan Tentang Alam Semesta Yang Belum Diketahui

5 Fakta Mengerikan Tentang Alam Semesta Yang Belum Diketahui – Alam semesta memang banyak menyimpan misteri, bahkan saking banyaknya manusia hanya bisa mengetahui misteri alam semesta secuil saja. Dan misteri lainnya masih dalam bentuk teori dan belum mengetahui faktanya.

Manusia hidup di salah satu planet yaitu bumi yang masih masuk ke dalam jajaran alam semesta. Bumi hanyalah sebagian kecil dan sebuah alam semesta, sebab alam semesta ini memiliki luas yang hampir tidak bisa dibayangkan dengan akal pikiran.

Alam semesta yang begitu luas ini, memiliki berbagai jenis benda – benda asing. Benda – benda asing ini bisa dikatakan berbahaya apabila planet bumi mendekat. Sebut saja lubang hitam atau (black hole) di mana apabila suatu planet mendekat maka bisa saja planet tersebut terhisap ke dalamnya. Meski manusia telah mengetahui beberapa hal mengenai alam semesta ini, tapi tak sedikit pula hal – hal yang masih belum diketahui manusia.

Fakta Mengerikan Tentang Alam Semesta

Bagi anda penggiat dan peneliti mengenai alam semesta, maka tidak akan asing dengan hal – hal yang ada di luar angkasa. Banyak misteri yang belum terpecahkan dalam susunan alam semesta yang kita tinggali ini. Namun, setelah beberapa dekade banyak peneliti dalam bidang astronomi menemukan beberapa fakta. Fakta tersebut berhasil memecahkan teori – teori yang berkembang pada masa kini. Berikut ini beberapa fakta mengerikan tentang alam semesta yang perlu anda tahu.

1. Quasar Benda Paling Terang Di Alam Semesta

fakta mengerikan tentang alam semesta

Kita mengenal matahari sebagai benda luar angkasa yang paling terang. Padahal itu semua salah, ada banyak sekali benda – benda asing di luar sana lebih terang daripada matahari yang sering anda temui. Salah satu bintang paling terang di alam semesta saat ini yaitu Quasar. Fakta mengerikan tentang alam semesta yang pertama adalah bintang paling terang yang bernama Quasar, dan Quasar sendiri merupakan inti galaksi yang memiliki energi yang begitu besar.

Dari pendapat – pendapat ilmuwan menyebutkan bahwa energi besar pada Quasar bisa menghancurkan bumi apabila jarak dimiliki keduanya berkisar 33 tahun cahaya. Apabila Quasar dibandingkan dengan matahari yang sering kita jumpai maka perbandingannya yaitu 4 triliun lebih besar Quasar. Cahaya terang yang dimiliki Quasar menurut ilmuwan astronomi berasal dari lubang hitam. Quasar akan mengorbit pada lubang hitam yang supermasif.

2. Pusat Galaksi Tidak Pernah Ada

Galaksi memang banyak menyimpan misteri, salah satu fakta mengerikan tentang alam semesta adalah tidak adanya pusat dari alam semesta ini. Anda hidup di bumi dan mengira bahwa bumi berpusat dengan bintang yang bernama matahari. Nah, untuk alam semesta ini pasti anda juga mengira bahwa alam semesta ini juga memiliki pusat perputaran. Faktanya alam semesta ini tidak punya pusat sama sekali, dan hal ini juga diutarakan oleh para ilmuwan.

Alam semesta ini selalu berkembang dan meluas di setiap waktunya, jadi untuk menentukan titik atau pusat menjadi sulit diketahui. Oleh karena itu, ilmuwan menyimpulkan bahwa alam semesta yang kita tinggali ini pada dasarnya tidak pernah memiliki pusat. Namun, para ilmuwan menyakini bahwa setiap senti bisa jadi merupakan sebuah pusat alam semesta. Kita tidak pernah tahu seperti apa pusat dari sebuah alam semesta.

3. NGC 1277 Black Hole Terbesar

fakta mengerikan tentang alam semesta

Black hole atau lubang hitam merupakan sebuah lubang kosong yang ada di luar angkasa, di mana lubang ini bisa menghisap benda – benda asing di sekitarnya. Seperti planet dan bintang menjadi salah satu benda asing yang sering terhisap oleh black hole ini. Kekuatan hisap sebuah black hole bisa terlihat dari ukuran black hole itu sendiri. Semakin besar ukuran maka semakin besar pula daya hisab sebuah lubang hitam dan ini berlaku sebaliknya.

Pada saat ini ada satu black hole yang memiliki ukuran paling besar. Nama black hole tersebut adalah NGC 1277 yang memiliki massa hingga 14 persen dari massa seluruh galaksi yang ada di areanya. Untuk mengukur besar dari black hole NGC 1277 ini bila dibandingkan dengan tata surya kita saat ini kemungkinan besar akan terhisap habis oleh black hole ini. Pasalnya lebar dari black hole ini mencapai 3 kali jarak pluto.

4. Selain Pusat, Ujung Alam Semesta Apakah Ada?

Selain pertanyaan pusat galaksi apakah ada, ada satu pertanyaan kembali yaitu apakah alam semesta ini memiliki ujung. Pertanyaan ini memang sulit dijawab, pasalnya para ilmuwan juga belum mengetahui secara pasti seberapa jauh alam semesta ini.

Mereka kesulitan menentukan jarak dikarenakan apakah masih ada alam semesta lainnya?. Namun, mereka membuat sebuah jarak yaitu batas yang bisa di amati dari bumi oleh manusia saat ini. Ujung yang bisa diamati oleh manusia bisa mencapai 46,5 miliar tahun dan itu sangatlah jauh.

5. Bumi Tanpa Matahari

fakta mengerikan tentang alam semesta

Matahari memang dikenal sebagai pusat tata surya yang tengah kita tinggali. Benda luar angkasa yang satu ini berfungsi untuk mengatur rotasi dari sebuah planet di sekitarnya. Namun, apa jadinya bila matahari tidak ada lagi dan apa yang terjadi dengan bumi? Bisa dikatakan akan terjadi sebuah kiamat atau bencana besar.

Dan di kala itu kemungkinan makhluk hidup tidak bisa hidup walaupun masih tersisa sedikit kehidupan. Bila kehilangan matahari, bumi kemungkinan besar akan menabrak planet lain atau mengorbit bintang lainnya yang membutuhkan waktu 30.000 tahun.

Baca Juga : Daerah Terdingin Di Indonesia, Ternyata Nomor 1 Bukan Malang!!.

Itulah beberapa fakta mengerikan tentang alam semesta yang masih belum banyak diketahui oleh orang – orang. Ada banyak misteri yang masih belum terpecahkan dari alam semesta yang tengah kita tinggali. Bahkan keberadaan alien masih menjadi misteri yang amat sangat diinginkan kebenarannya.

Setelah anda mengetahui fakta – fakta di atas, mulai sekarang anda bisa belajar lebih mengenai hal – hal yang berbau asing di luar angkasa melalui ilmu astronomi. Cukup menarik bukan topik pembahasan kali ini. Pada dasarnya masih banyak lagi misteri yang ada, namun belum diketahui fakta di belakang misteri tersebut.

Bahkan manusia sebenarnya hanya mengetahu beberapa persen saja dari alam semesta ini. Sekian artikel yang bisa kami sampaikan, semoga bisa menambah wawasan anda tentang ilmu astronomi. Bersyukurlah kita hidup di dunia yang penuh keindahan. Jangan lupa kembali lagi ya, terima kasih.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *