9 Cara Mencegah Radiasi HP Yang Bisa Menimbulkan Resiko Berbahaya

9 Cara Mencegah Radiasi HP Yang Bisa Menimbulkan Resiko Berbahaya – Handphone adalah barang elektronik yang hampir dimiliki semua orang di dunia. Sekarang harga handphone semakin murah, dan bahkan ada satu orang yang memiliki lebih dari 1 handphone.

Kita hampir setiap jam selalu memegang handphone dan bahkan ada diantara dari kita yang bekerja melalui handphone. Bisa dibilang handphone merupakan salah satu barang yang sangat vital peranannya dalam kehidupan sehari-hari karena cenderung dibawa kesana kemari.

Namun perlu anda ketahui bahwa menggunakan handphone secara berlebihan juga ada efek sampingnya. Dan sebenarnya hal ini sudah diketahui dari dulu, tetapi masih banyak orang yang menghiraukannya. Untuk saya sendiri juga sudah mengurangi pemakaian handphone.

Salah satu dampaknya adalah radiasi dari handphone itu sendiri. Jadi, handphone juga memiliki radiasi yang bisa menyebabkan kerusakan pada bagian tubuh, dan menimbulkan penyakit sejenis kanker. Maka dari itu, anda harus mencegah radiasi handphone, caranya adalah sebagai berikut.

Cara Mencegah Radiasi HP

1. Kurangi Menaruh HP Dalam Kantong Celana

Banyak orang mengatakan bahwa radiasi hp bisa menyebabkan kemandulan bagi pria. Iya memang hal ini ada benarnya, radiasi hp bisa menyebabkan produksi sperma berkurang. Dibandingkan dengan pria yang jarang menggunakan handphone, pria yang menggunakan handphone memiliki kandungan sperma lebih sedikit.

Jadi disarankan untuk tidak menaruh handphone dalam kantong celana jika tidak dalam keadaan terdesak. Lebih baik anda meletakkan handphone tersebut dalam tas, atau anda bisa membeli sabuk yang terdapat wadah handphonennya karena itu lebih aman.

2. Gunakan Headset Saat Telepon

headset hp

Saat melakukan panggilan, handphone lebih banyak mengeluarkan sinyal RF yang bisa merusak jaringan-jaringan tubuh terutama otak. Jadi, sesekali gunakan headset saat menelepon, hal ini untuk mencegah kita meletakkan handphone di dekat kepala yang bisa menyebabkan kerusakan otak.

3. Sebisa Mungkin Jangan Sering Telpon

Sudah saya sebutkan di atas bahwa sinyal handphone tidak baik bagi otak, maka sesering mungkin jangan melakukan telepon. Cukup gunakan pesan teks saja karena lebih efisien, selain itu bisa menghemat pulsa dan kesehatan anda sendiri.

4. Jangan Terlalu Lama Berada Di Dekat Ponsel

efek menggunakan hp

Iya, kita bisa mencegah radiasi handphone dengan tidak terlalu banyak menggunakan waktu kita berada di dekat handphone. Kita bisa melakukan sesuatu yang lain seperti berolahraga, kerja, bermain dengan teman, atau yang lainnya daripada terus-menerus berada di dekat handphone.

5. Jangan Gunakan Handphone Saat Sinyal Lemah

Saat sinyal handphone lemah, contohnya 1-2 bar, maka radiasi yang ditimbulkan oleh handphone justru akan sangat besar. Ini dikarenakan handphone lebih fokus untuk mencari sinyal ketika sinyal lemah dibandingkan ketika sinyal kuat, jadi anda harus hati-hati.

6. Mematikan Handphone Saat Tidur

matikan hp saat tidur

Selain dapat mencegah radiasi ke tubuh kita, mematikan handphone ketika tidur juga bisa menghemat daya handphone kita. Jadi, banyak sekali keuntungan yang didapat ketika kita mematikan handphone saat tidur. Namun jika anda bersikeras menyalakannya, anda bisa meletakkan handphone sekitar 2 meter dari kepala.

7. Hindari Ruang Sempit

cara mencegah radiasi hp selanjutnya adalah dengan tidak menggunakan handphone di ruangan sempit seperti di lift, kamar mandi dan mobil. Radiasi dari sinyal RF ini justru akan sangat besar ketika kita menggunakan handphone pada ruangan sempit.

8. Jika Menelepon, Gunakan Kuping Kiri Dan Kanan Secara Bergantian

ORANG TELEPON

Cara mengurangi radiasi hp android selanjutnya adalah menggunakan kuping kiri dan kanan secara bergantian jika anda ingin menelepon. Jangan hanya menggunakan satu kuping saja, karena jika menggunakan satu telinga saja, paparan radiasi justru terfokus ke bagian kepala tertentu yang bisa menyebabkan penyakit mematikan.

9. Nyalakan Offline Mode Saat Sibuk

Jika anda memang sibuk, sebaiknya nyalakan mode offline/mode pesawat karena ini bertujuan untuk mengurangi paparan radiasi karena sinyal handphone, selain itu hal ini juga menghemat energi handphone kita sendiri dan digunakan pada waktu yang tepat.

Baca juga : Cara Mengatasi Touchscreen Bergerak Sendiri Pada HP Android.

Itulah beberapa alasan mengapa anda tidak sering-sering menggunakan handphone anda, masih banyak alasan dan cara pencegahan lainnya yang bisa anda lakukan dari radiasi handphone. Maka dari itu, anda perlu banyak membaca agar mengerti berbagai info penting.

Sekian artikel mengenai cara mencegah radiasi hp yang bisa menimbulkan berbagai penyakit serius. Semoga dengan membaca artikel ini anda sadar betapa berbahayanya radiasi ponsel, dan semoga artikel ini bisa menambah wawasan kita semua. Terima kasih atas kunjungan anda dan jangan lupa berkunjung kembali.

Related Posts

About The Author

Add Comment

error: Content is protected !!