10 Contoh Bisnis Kreatif Mahasiswa Yang Menguntungkan & Menjanjikan

10 Contoh Bisnis Kreatif Mahasiswa Yang Menguntungkan & Menjanjikan Hidup di zaman serba modern dan mahal seperti sekarang ini memang sangat sulit, apalagi tidak ada kata gratis di zaman seperti ini. Jadi, jika kita hanya memiliki satu sumber pemasukan rasanya kurang.

Maka dari itu, semasa muda kita wajib memiliki banyak sumber pendapatan. Kita harus mencari-cari cara untuk mendapatkan sumber pendapatan yang banyak dan tidak mengandalkan pada satu sumber saja. Salah satu sumber pendapatan yakni adalah dengan membuka sebuah usaha atau memiliki sebuah bisnis.

Berbicara mengenai bisnis, memang kita harus memulainya sejak dini. Karena pendapatan dari bisnis memang sangat luar biasa. Untuk mahasiswa sendiri, membuka bisnis memang wajib, terutama untuk membantu keuangan anda ketika kuliah, dan juga nanti jika sudah lulus kuliah.

Bisnis sekarang ini sudah banyak jenisnya, jadi memang sulit menciptakan bisnis baru yang belum banyak diketahui orang. Maka dari itu, kita harus kreatif untuk memperbarui sebuah bisnis/memberikan model baru terhadap bisnis tersebut. Jika anda bingung, berikut beberapa contoh bisnis kreatif mahasiswa.

Contoh Bisnis Kreatif Mahasiswa Yang Menguntungkan

1. Menjual Kerajinan Tangan

Bisnis untuk mahasiswa pemula pertama yang menguntungkan yakni dengan menjual kerajinan tangan. Kerajinan tangan ini sangat banyak bentuknya, anda bisa membuat berbagai kerajinan tangan unik dan kreatif versi anda sendiri dan menjual sebagai sovenir atau oleh-oleh.

Mengapa sangat menguntungkan?, karena tidak semua orang membuat kerajinan. Selain itu, kerumitan dari sebuah kerajinan akan semakin menghasilkan harga yang mahal. Jadi, semakin rumit tingkat pengerjaan dari sebuah kerajinan, maka harganya akan sangat mahal hingga mencapai puluhan juta.

2. Bisnis Kaos Sablon

kaos sablon

Contoh bisnis kreatif mahasiswa ketiga adalah menjadi bisnis kaos sablon. Bisnis kaos juga sangat diminati oleh kaum muda. Pasalnya kaum muda suka mencoba hal-hal baru, salah satunya bisnis ini. Berjualan kaos memang biasa, namun jika ditambahkan penggunaan sablon untuk usaha tersebut maka akan terlihat lebih kreatif.

3. Jasa Kurir

Jasa kurir/jasa antar barang ini belakangan ini sangat banyak peminatnya. Saya sendiri sebenarnya ingin mencoba usaha ini, namun keadaan saya yang tidak bisa mencobanya. Anda bisa membuka jasa antar barang ini dengan harga variatif dari ribuan hingga puluhan ribu, biasanya tergantung dari berat dan jauh lokasi pengiriman.

4. Bisnis Penitipan Hewan Peliharaan

penitipan hewan

Bisnis rumahan untuk mahasiswa satu ini memang cocok sekali dilakukan di rumah. Karena disini sarana yang dibutuhkan pengguna yakni sebuah tempat yang bisa digunakan untuk menitipkan hewan, dan jika anda para mahasiswa ingin mencoba usaha ini, anda harus siap makanan dan tempat khusus untuk hewan.

Usahakan ruangan yang anda gunakan untuk penitipan hewan aman dan nyaman. Untuk burung, anda bisa menggunakan kurungan khusus agar tidak lepas. Ya memang sedikit sulit menurut saya, tetapi bisnis ini sangat menjanjikan dan tidak semua orang menjalankannya.

5. Membuat Aplikasi

Contoh bisnis kreatif untuk mahasiswa selanjutnya adalah dengan membuat aplikasi. Bisnis ini merupakan bisnis yang sangat populer, dan tidak semua orang bisa membuat aplikasi, termasuk saya sendiri. Membuat aplikasi memang dibutuhkan skill khusus seperti penguasaan bahasa pemrograman.

Jika anda bisa membuat aplikasi dan ingin menjualnya, bisa-bisa aplikasi tersebut terjual dengan harga yang mahal. Saya sebenarnya juga ingin mencoba bisnis ini, ya mungkin jika ada waktu kosong saya akan mencobanya untuk membuat aplikasi wen dewa ilmu, hehehe.

6. Menjadi Fotografer

menjadi fotografer

Bisnis mahasiswa tanpa modal selanjutnya adalah dengan menjadi seorang fotografer. Menjadi fotografer mewajibkan kita menjadi sorang yang kreatif. Karena kita dituntut mendapatkan foto yang bagus untuk pembeli. Jadi, jika foto yang kita ambil bagus, mungkin pembeli akan mempromosikan kita ke orang lain.

Baca juga : Cara Mendapatkan Foto Yang Bagus Untuk Fotografer Pemula.

7. Bisnis Desainer Spanduk

Tahukah anda spanduk yang ada di atas, kiri, dan kanan jalan memiliki harga yang mahal?. Iya memang, untuk membuatnya tidak semudah yang dibayangkan, terutama spanduk untuk bisnis. Pemikiran yang matang dibutuhkan untuk membuat spanduk yang bagus.

Maka dari itu usaha ini sangat cocok bagi mahasiswa yang mempunyai pemikiran lebih dibandingkan dengan lulusan lainnya. Untuk harga tiap spanduk bervariasi, ada yang puluhan hingga ratusan tergantung tingkat kerumitan desain spanduk.

8. Jual Beli Barang Bekas

jual beli barang bekas

Contoh bisnis kreatif mahasiswa selanjutnya adalah jual beli barang bekas. Sekarang ini di kota saya, anak seumuran saya yang berumur 20 tahun ke atas banyak sekali yang menyukai bisnis ini. Contoh jual beli barang bekas yang bisa anda lakukan yakni seperti menjual handphone dan buku bekas.

9. Membuat Grup Band

Memang sebenarnya bisnis ini susah-susah gampang, karena awalnya bisnis ini berawal dari hobi. Dan tidak semua orang hobi nge-band. Selain itu untuk menjadi tenar sangatlah sulit, tapi mungkin anda bisa membuat grup band dan mendapatkan penghasilan dengan mengisi acara di kafe atau mall.

10.Menjadi Pelukis

menjadi pelukis

Usaha yang cocok bagi mahasiswa terakhir adalah menjadi kreativitas. Skill dan kreativitas secara penuh dibutuhkan untuk menjadi pelukis. Karena untuk membuat gambar yang sangat bagus dibutuhkan kreativitas tinggi. Untuk harga lukisan bervariasi tergantung dari banyak faktor, terutama kerumitan.

Baca juga : Bisnis Untuk Pelajar Yang Menguntungkan Dan Menjanjikan.

Itulah beberapa contoh bisnis untuk mahasiswa yang menguntungkan. Selain menguntungkan, memang jenis bisnis di atas banyak yang cocok untuk mahasiswa. Jika anda merasa bisnis di atas tidak cocok dengan bidang anda, cobalah untuk menciptkana bisnis kreatif lainnya.

Oke, sekian artikel mengenai contoh bisnis kreatif untuk mahasiswa. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda semua dan bisa menjadi salah satu acuan bisnis yang bisa dikembangkan di kemudian hari. Terima kasih atas kunjungan anda dan jangan lupa berkunjung kembali.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 komentar

  1. wih ide bagus tuh .terimakasih telah memberi ide yang menarik ,oh iya program barunya mana nih mas wawan? blum ada kabar lagi .