oleh

Kaleidoskop 2018, Hal-Hal Besar Yang Terjadi Tahun Ini Di Indonesia

Kaleidoskop 2018, Hal-Hal Besar Yang Terjadi Tahun Ini Di Indonesia – Setiap tahun pasti terjadi hal-hal dan momen besar, seperti kebijakan pemerintah, ekonomi, keuangan, bencana, dan masih banyak lagi. Sulit sekali menyebutkan berapa banyak kejadian yang terjadi di Indonesia selama tahun 2018 ini.

Dari sekian banyak kejadian tersebut, ada beberapa hal besar yang terjadi hingga masuk ke televisi lokal hingga internasional yang saya rangkum dengan baik pada artikel ini. Lantas apa saja kejadian besar yang terjadi di Indonesia, berikut adalah beberapa kejadiannya.

Kaleidoskop 2018, Hal-Hal Yang Terjadi Tahun Ini Di Indonesia

1. Pemerintah Kuasai Freeport

Selama berpuluh tahun PT freeport di Indonesia, perusahaan ini dikuasai oleh pihak asing. Dan baru-baru ini yakni pada desember 2018, pihak pemerintah Indonesia telah membeli sahamnya sekitar Rp 56 triliun, dan pengumuman ini diumumkan oleh presiden jokowi di istana kepresidenan.

2. Pengeboman Surabaya Dan Sidoarjo

bom surabaya dan sidoarjo

Pada 13-14 mei, terjadi suatu peristiwa yang dianggap peristiwa terorisme, yakni peristiwa pengeboman. Dari banyak tempat, pengebom memilih gereja. Yakni gereja GKI Diponegoro, Gereja Santa Maria, dan gereja Pantekosta di surabaya Pusat. Selain gereja, kompleks rumah susun wonocolo di Sidoarjo juga menjadi sasaran pengeboman.

3. Tenggelamnya KM Sinar Bangun Di Danau Toba

Pada juni 2018, tragedi pedih melanda Indonesia dengan tenggelamnya KM Sinar bangun di danau toba. Kapal ini tenggelam karena muatan melebihi berat maksimal dan akibat cuaca buruk. Penumpangnya yakni sekitar 180 orang, beberapa orang berhasil ditemukan, namun banyak juga yang belum ditemukan karena kedalaman danau toba yang mencapai ratusan meter.

Baca Juga : Beberapa Tempat Yang Menjadi Saksi Bisu Tragedi Mengerikan Di Dunia.

4. Presiden Jokowi Berkunjung Ke Kota Santri Jombang (Khusus Warga Jombang)

presiden jokowi ke jombang

Khusus warga jombang, termasuk saya, mungkin beberapa minggu ini pernah menjumpai bapak presiden di jombang. Ya, beliau berziarah ke makam beberapa ulama besar di Indonesia seperti pendiri NU, anak pendiri NU, datang ke beberapa pondok di jombang, dan meresmikan jalan tol yang siap dioperasikan.

5. Gempa Dan Tsunami Di Palu Dan Donggala

Kejadian besar berikutnya adalah gempa dan tsunami yang terjadi pada 28 september 2018. Gempa terjadi pertama pada pukul 14.00 WIB dan setelah saat itu terjadi beberapa gempa susulan dan pihak BMKG pun mengeluarkan peringatan tsunami akan terjadi, namun setelah 30 menit, peringatan tersebut dicabut.

Namun setelah peringatan dicabut, tsunami benar-benar terjadi dengan ketinggian kurang lebih 6 Meter. Setelah tsunami ini, terjadi banyak gempa susulan. Kejadian ini merenggut korban jiwa lebih dari 2000 orang, dan beberapa lokasi di sulawesi, terutama palu dan donggala mengalami likuivasi, bahkan ada salah satu desa yang hilang ditelan bumi.

6. Jatuhnya Pesawat Lion Air JT 610

lion air jatuh

Setelah sebulan terjadinya gempa dan palu donggala, kejadian besar selanjutnya adalah jatuhnya pesawat lion air JT 61o. Pesawat dengan rute Jakarta-Pangkal Pinang ini jatuh tak lama setelah lepas landas dari bandara Soekarno-Hatta di Cengkareng, Tangerang, Banten. Korban jiwa dari peristiwa ini yakni 189 orang yang terdiri dari 178 penumpang dewasa, 8 awak pesawat, 2 bayi, dan 1 orang anak-anak.

7. Tsunami Banten

Kejadian yang terjadi pada 22 Desember 2018, dan tsunami ini terjadi di selat sunda, tepatnya di pinggiran pantai banten. Kejadian tersebut bertepatan dengan konser band Seventeen. Dan setelah kejadian itu, banyak sekali korban meninggal, termasuk beberapa personil Seventeen dan istri sang vokalis band. Yang selamat dari personil seventeen adalah vokalisnya, yakni Ifan.

Itulah beberapa kejadian besar yang terjadi selama tahun ini dan dirangkum dalam kaleidoskop 2018. Semoga di hari terakhir 2018 ini anda semua sehat selalu dan bahagia. Oke, sekian artikel ini, semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda semua. Selamat berakhir tahun.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *