Kelebihan dan Kekurangan Linux OS yang Wajib Kita Tahu!

Kelebihan dan Kekurangan Linux OS yang Wajib Kita Tahu! – Linux merupakan salah satu sistem operasi perangkat komputer seperti Windows dan MacOS.

Pernahkah anda mendengar nama Ubuntu, itu adalah salah satu versi Linux. Jika di Windows, ada seperti Windows 7, 8, 10, dan seterusnya.

Sistem operasi linux merupakan sistem operasi terbuka, sama seperti Android. Bagi anda yang belum paham apa itu Linux, serta apa saja manfaat, kelebihan, dan kekurangannya, simak artikel berikut ini!.

Kelebihan dan Kekurangan Linux OS

A. Pengertian

Linux adalah sistem operasi open source yang bergerak di bawah lisensi GNU (General Public License) dan sudah dikenal pengguna komputer di seluruh dunia. Sistem operasi ini gratis, dan juga bebas untuk dikembangkan.

Secara legal, GNU memberikan kebebasan bagi para pengguna Linux, untuk mengubah source code, menyalin, dan mengembangkan sistem ini.

Awalnya, Linux dirancang oleh mahasiswa Finlandia yang terinspirasi oleh sistem operasi UNIX, yaitu OS yang diperkenalkan oleh Andrew pada tahun 1990. Meskipun Linux tidak sepopuler Windows & MacOS, penggunaan Linux bisa kita temui di berbagai perangkat elektronik, seperti ponsel Android, tv, hingga kulkas.

90% internet juga telah didukung oleh server Linux, serta 80% sistem operasi smartphone di seluruh dunia, dibuat dengan kernel Linux. Selain menjadi platform pilihan untuk server dan desktop, Linux bisa kita sebut sebagai sistem operasi yang paling aman, dan gratis.

B. Jenis Jenis Linux

distro linux

Sama seperti windows yang memiliki banyak versi dan jenis, linux pun juga memiliki banyak versi, yang lebih terkenal dengan sebutan Distro. Berikut beberapa distro Linux paling populer yang pernah ada :

  • Linux Mint
  • Manjaro
  • Debian
  • Ubuntu
  • Antergos
  • Solus
  • Fedora
  • Elementary OS
  • openSUSE

B. Kelebihan

  • Gratis : Seperti yang sudah saya sebutkan di atas, bahwa Linux merupakan sistem operasi Open Source yang memungkinkan semua orang menggunakannya baik untuk pribadi maupun bisnis.
  • Performa Cepat : Pengguna bisa merasakan performa yang cepat saat menggunakan Linux. Mulai dari proses instalasi, booting, dan menggunakan beragam aplikasi di dalamnya dengan efektif dan cepat. Linux juga bisa menjadi pilihan yang tepat bagi yang suka mengerjakan banyak hal dalam satu waktu/multitasking, karena performanya cukup stabil dan tidak memberatkan memori.
  • Keamanan Mumpuni : Linux merupakan sistem operasi yang sangat aman, terutama untuk server. Hal ini juga dipengaruhi dengan adanya dukungan pengguna dan komunitas yang cukup besar. Ketika ada kerentanan sistem, bersama dengan komunitas Linux akan melakukan perbaikan dan menutup celah keamanan tersebut. Sehingga kecil kemungkinan terkena virus.
  • Efisien dan Stabil : OS Linux memiliki banyak kesamaan dengan Unix, seperti antarmuka pengguna dan metode pengoperasian. Selain itu, OS ini juga sangat stabil dan efisiens. Untuk kebutuhan server, Linux jarang mengalami downtime. Hal ini sudah terbukti dengan banyaknya perusahaan teknologi dan layanan hosting yang lebih mengandalkan Linux daripada OS lainnya.
  • Sering Update : Pengguna Linux juga tidak perlu khawatir dengan pembaruan sistem, pasalnya OS ini rutin melakukan pembaruan sistem.
  • Open Source : Sudah saya sebutkan di atas jika Linux adalah sistem operasi open source yang memungkinkan setiap orang menggunakanna.
  • Pilihan Banyak Developer : Jika Anda seorang developer, disarankan memilih sistem operasi Linux, karena OS ini mempunyai banyak library yang memudahkan pengembang untuk membuat aplikasi. Jika dibandingkan dengan CMD milik Windows, Linux memiliki Terminal yang jauh lebih optimal dan mendukung para developer.

Baca Juga :

C. Kekurangan

  • Tampilan Kurang Friendly : Untuk pemula, tampilan awal Linux memang sedikit membingungkan, maka dari itu harus terdapat adaptasi dan pembelajaran terlebih dahulu. Terutama mengenai root, Terminal, dan pengoperasian sistem lainnya. Selain itu, untuk menginstal program, pengguna tidak bisa menginstal aplikasi seperti pada OS Windows yang hanya klik kemudian mengikuti proses instalasi. Pada OS Linux, pengguna harus menggunakan perintah melalui terminal untuk melakukannya.
  • Kurangnya Dukugan Hardware : Banyak pengguna mengeluhkan beberapa driver perangkat keras tidak tersedia pada Linux. Karena sebagian besar produsen menciptakan driver untuk sistem operasi Windows maupun MacOS.
  • Kurang Mendukung Fasilitas Gaming : Selain itu, OS ini kurang mendukung kebutuhan gaming pada komputer maupun laptop. Jadi, untuk anda yang suka bermain game akan merasa kurang puas saat menggunakan OS Linux.
  • Layanan Support Berbayar : Meskipun OS ini bisa kita gunakan secara gratis, namun Linux memiliki layanan support yang berbayar. Sehingga apabila pengguna mengalami kendala atau masalah saat menjalankan Linux dan ingin menghubungi customer support secara langsung, maka mereka akan mengenakan biaya untuk layanan tersebut.

Jadi itulah penjelasan apa itu linux, jenis-jenis, kelebihan dan kekurangan linux lengkap. Setelah membaca artikel di atas, apakah ada perasaan bahwa anda ingin menggunakan sistem operasi ini?, hmmm.

Tulis jawabannya di bawah ya!. Semoga artikel ini bermanfaat, jangan lupa kembali lagi!.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *