√ Komponen Motherboard Beserta Fungsinya Lengkap

Komponen Motherboard Beserta Fungsinya Lengkap – Komputer adalah sebuah perangkat elektronik yang terdiri dari beberapa komponen. Salah satu komponen tersebut adalah motherboard.

Motherboard adalah hardware yang berfungsi sebagai tempat dari berbagai jenis hardware sistem komputer lain yang saling terhubung. Disini, hampir semua komponen penting komputer menempel dan menjalankan sistem komputer sebagaimana mestinya.

Jadi, di dalam motherboard terdapat banyak komponen lainnya, yang sebagian orang belum mengerti fungsi dari setiap komponen tersebut. Maka dari itu, disini saya akan menjelaskan tentang komponen dalam motherboard tersebut lengkap dengan fungsinya. Berikut penjelasannya!.

Komponen Motherboard Beserta Fungsinya Lengkap

1. CPU Socket

CPU Socket merupakan suatu komponen motherboard yang digunakan sebagai tempat untuk memasang prosessor. Dari tampilannya pada CPU, komponen yang satu ini memiliki 4 lubang yang berfungsi sebagai penyangga Heatsink Fan.

Lubang yang terdapat pada CPU berfungsi sebagai penghantar panas saat Socket Prosessor bekerja. Pada pemilihan motherboard, tidak bisa sembarangan. Karena CPU socket yang ada pada motherboard dengan prosessor digunakan berbeda. Jadi pilihlah komponen CPU socket yang cocok dengan prosessor yang tersedia.

Misalnya, anda memiliki prosessor AMD (motherboard), jangan gunakan motherboard tersebut jika prosessor yang anda punya prosessor Intel, karena jelas keduanya berbeda sehingga tidak akan bisa digunakan. Pastikan sebelum membeli, motherboard yang akan dipasang memang sudah cocok/kompetibel dengan prossesornya. Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

2. Slot Memori

slot ram

Seperti namanya, Slot RAM digunakan untuk memasang RAM. Bentuk fisik dari slot memory ini memanjang, sesuai dengan panjang RAM. Posisi CPU prosessor biasanya bersebelahan dengan slot memory. Dan jumlah slot RAM biasanya lebih dari 1.

Saat membeli RAM yang baru, pastikan dulu jenis RAM yang anda pilih cocok untuk slot memory yang anda punya.

3. Slot SATA Dan Slot IDE

Slot SATA dan Slot IDE mempunyai bentuk yang berbeda, namun memiliki fungsi yang sama. Keduanya berfungsi sebagai media penghubung antara CD/DVD-ROM atau Hard Disk ke motherboard.

Bentuk slot SATA dan slot IDE disesuaikan dengan kabel yang dipakai. Contohnya untuk slot SATA meggunakan kabel SATA yang bentuk kabelnya lebih kecil. Sedangkan slot IDE menggunakan kabel IDE dengan ukuran yang lebih besar.

Untuk slot IDE, sekarang penggunaannya sudah mulai jarang. Hal ini dikarenakan hard disk yang tersedia sekarang kebanyakan berjenis SATA, sehingga banyak pengguna yang menggunakan slot SATA.

Untuk tips memilih motherboard yang bagus, pilihlah motherboard yang sudah dilengkapi dengan slot SATA, karena beberapa motherboard keluaran lama belum memiliki slot SATA.

4. PCI Dan Slot AGP

Slot PCI dan Slot AGP memiliki fungsi yang sama, yakni sebagai tempat pemasangan kartu VGA. Biasanya kartu VGA keluaran lama menggunakan AGP. Namun kartu VGA AGP yang biasanya terdapat pada komputer lama sudah jarang ditemukan pada komputer keluaran terbaru. Karena motherboard keluaran terbaru menggunakan slot PCI.

5. Chip UEFI Dan BIOS

bios

BIOS merupakan sebuah chip yang berfungsi untuk mengontrol seluruh perangkat)yang terdapat pada komputer. Dan BIOS inilah yang bertanggung jawab untuk Booting.

Namun sekarang, peran BIOS sudah diganti oleh UEFI, karena UEFI dinilai lebih canggih daripada BIOS. Bentuknya juga sama seperti BIOS, namun letak dari chip UEFI ini tidak sama pada setiap motherboard. Untuk mengetahui letaknya terdapat tulisan BIOS/UEFI.

6. Power Connector

Komponen motherboard yang berperan sebagai penghubung antara power supply dengan motherboard.

Baca Juga :

7. Battery CMOS

CMOS atau kepanjangan dari Complimentary Metal Oxide Semiconductor merupakan sebuah baterai yang ukurannya kecil dan Fungsinya sebagai sumber daya untuk BIOS. Selain itu, CMOS ini berfungsi sebagai tempat menyimpan pengaturan dalam komponen BIOS. Ukurannya kecil, namun lebih besar daripada baterai jam.

Saat anda lupa password saat untuk login ke BIOS, cabut saja Battery CMOS. Maka BIOS akan kembali ke pengaturan defaultnya.

8. I/O Ports

io ports

Input/Output Ports adalah komponen motherboard yang berinteraksi secara langsung dengan pengguna computer. Hal ini dikarenakan I/O Ports adalah tempat menghubungkan berbagai jenis (hardware) perangkat output maupun input ke komputer. Contohnya USB, port LAN, dan lain sebagainya.

9. Konektor Hardisk

Untuk komponen motherboard yang satu ini berfungsi untuk menghubungkan perangkat penyimpanan data seperti Harddisk Drive, Optical Drive, SSD, dan perangkat storage external. Biasanya berupa interface S-ATA (Serial Advanced Technology Attachment) /ATA.

10. Pin Kabel Panel Depan

Yang terakbir ada Pin Kabel Front Panel. Komponen ini berfungsi sebagai tempat untuk memasang tombol power, tombol restart, LED power dan LED hardisk.

Nah, jadi itulah beberapa komponen motherboard dan fungsinya lengkap. Dari daftar di atas, mana komponen yang sebelumnya sudah anda ketahui?. Dan jika terdapat komponen yang saya sebutkan, tulis di kolom komentar ya!.

Semoga artikel ini bermanfaat, jangan lupa kembali lagi ya!.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *