Jangan Salah!, Inilah 6 Perbedaan Notebook Dan Netbook

Jangan Salah!, Inilah Perbedaan Notebook Dan Netbook – Laptop saat ini menjadi salah satu teknologi yang memiliki banyak peran penting. Dengan adanya teknologi yang satu ini, manusia banyak terbantu kegiatannya terutama dalam aktivitas pekerjaan maupun lainnya.

Seiring berjalannya waktu, perangkat komputer kini mengalami perkembangan yang sangat signifikan. Setiap ada hal baru pastinya mengutaman efisien, simple, dan canggih. Mungkin kita bisa mundur di masa lalu?, dimana hardisk memiliki ukuran yang sangat besar bisa dibilang satu ruangan penuh. Dan saat ini pun terdapat hardisk yang kecil dan simple serta memiliki penyimpanan yang cukup besar.

Karena adanya perkembangan itulah dan inovasi-inovasi membantu memudahkan manusia dalam hal apapun. Laptop menjadi salah satu bukti contoh nyata, dahulu komputer dan kini berevolusi menjadi laptop. Sebenarnya tidak hanya laptop saja, ada notebook dan netbook. Pasti banyak diantara kalian mengira semua itu adalah laptop?, hmmm.

Saya sendiri jujur menganggap notebook ataupun netbook itu adalah laptop. Padahal kedua benda tersebut memiliki perbedaan. Dan hal ini belum banyak diketahui. Lalu apa sih perbedaan antara notebook dan netbook?. simak sebagai berikut.

Perbedaan Notebook Dan Netbook

1. Perbedaan Pada Ukuran Layar

netbook dan notebook

Perbedaan pertama yang begitu mencolok ada pada layar kedua perangkat tersebut. Biasanya notebook memiliki ukuran layar mulai dari 13 inci hingga 18 inci. Sedangkan untuk netbook cenderung lebih kecil yaitu 6 hingga 13 inci.

Pastinya kedua ukuran tersebut memiliki ukuran yang lebih kecil daripada laptop. Ukuran layar yang berbeda-beda memiliki tujuan yang bervariasi pula. Intinya tergantung fungsi dan kegunaannya kelak setelah dibeli.

2. Berat

Selanjutnya perbedaan yang dapat diketahui yaitu dari berat kedua perangkat tersebut. Umumnya orang-orang menginginkan perangkat yang ringan karena kita tahu bahwa mobilitas penggunaan juga sangat banyak. Mengingat ini adalah device portable yang bisa dibawa kemana-mana, maka ukuran yang ringan biasanya diutamakan.

Lalu bagaimana perbedaan berat antara notebook dengan netbook?. Netbook memiliki berat yang cenderung ringan. Sedangkan notebook lebih ringan, jika disuruh  menyebutkan berapa angka beratnya, ini tidak pasti. Terkadang setiap brand memiliki komponen yang berbeda-beda.

3. Perbedaan Pada Slot CD ROM

cd rom

Berikutnya perbedaan antara notebook dengan netbook ada pada slot CD ROM. Notebook memiliki ukuran lebih besar dan memiliki slot CD, akan tetapi tidak semuanya punya cuma, namun cenderung ada. Selanjutnya untuk netbook banyak yang tidak memiliki Slot CD ROM.

Padahal jika kita melihat terutama khusus mahasiswa ataupun dosen, slot CD ini sangatlah penting. Untuk mengumpulkan tugas ataupun sekedar untuk dokumentasi lainnya.

Baca Juga :

4. Processor

Prosesor merupakan salah satu komponen yang terdapat pada device.  Saat ini di tahun 2020, banyak sekali prosesor baru yang menawarkan beragam fitur dan memberikan berbagai macam manfaat. Lalu notebook serta netbook, kira kira menggunakan prosesor yang seperti apa?.

Netbook cenderung menggunakan prosesor low-end. Sedangkan untuk notebook menggunakan prosesor high-end karena sering digunakan untuk aktivitas berat seperti bermain game.

Selain itu, processor pada notebook tergolong high end dikarenakan harganya yang mahal, sedangkan untuk netbook cenderung menggunakan processor low end dikarenakan harganya yang murah.

5. Perbedaan Pada RAM

ram laptop

Semakin besar ukuran RAM maka semaikin baik kinerja perangkat komputer tersebut dan kita akan dimudahkan dalam multitasking. Nah kita lihat notebook dan netbook, kira kira menggunakan RAM yang seperti apa?. Untuk netbook cenderung memiliki kapasitas kurang dari 2GB. Sedangkan untuk notebook hadir dengan ram 2GB lebih.

6. Harga

Sudah bisa dilihat ya dari spesfiikasi di atas, harga notebook lebih mahal dibandingkan harga netbook. Mengapa demikian?, karena mulai dari ukuran layar, processor, RAM, dan lainnya jauh lebih unggul notebook dibandingkan dengan netbook.

Dari penjelasan di atas, pastinya anda sudah tahu ya perbedaan notebook dan netbook?. Jika masih ada yang kurang dan belum saya tuliskan, anda bisa menuliskannya pada kolom komentar di bawah artikel ini. Jangan lupa share ke lainnya ya, terima kasih.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *