4 Kota Di Jawa Timur Dengan Sejarah Panjang, Nomor 2 Paling Berkesan

4 Kota Di Jawa Timur Dengan Sejarah Panjang, Nomor 2 Paling Berkesan – Sebelum merdeka, Indonesia mengalami masa penjajahan, dan di masa itu juga banyak korban jiwa yang berjuang untuk mendapatkan kemerdekaan Indonesia. Para pejuang itu adalah pahlawan kita, meski kita tidak tahu satu persatu nama dari pahlawan tersebut, wajib bagi kita mendoakan pahlawan kita yang telah gugur.

Selain itu, sebelum merdeka, wilayah di Indonesia masih kita kenal dengan masa kerajaan, dimana pada masa itu banyak kerajaan yang memerintah di berbagai wilayah di Indonesia. Contoh kerajaan itu kerajaan majapahit, pajajaran, singasari, samudra pasai, dan lain sebagainya. Karena masa itulah, yang membuat beberapa kota di Indonesia memiliki sejarah yang panjang dan wajib kita ketahui.

Diantara banyak kota yang ada di Indonesia, ada beberapa kota yang memiliki sejarah luar biasa yang belum banyak diketahui masyarakatnya, khususnya warga kota tersebut. Nah, pada artikel ini, dewailmu ingin memberikan sekilas sejarah kota-kota besar di Indonesia, berikut ulasannya.

Kota Di Jawa Timur Dengan Sejarah Panjang

1. Kediri

kediri

Urutan pertama kota di jawa timur dengan sejarah panjang adalah Kota Kediri. Kota tersebut memiliki sejarah panjang, mulai dari masa kerajaan, penjajahan hindia belanda dan jepang, lalu pada masa kemerdekaan. Kota kediri dahulunya adalah sebuah kerajaan yang pada masanya sangat berkuasa.

Kota kediri juga pernah memiliki sebuah kerajaan yang bernama kerajaan kediri, dan kerajaan ini mencapai masa kejayaannya pada pemerintahan raja airlangga. Pada masa penjajahan hindia belanda, kota kediri juga mencatat sejarah dengan terbentuknya Gemeente Kediri sebagai tempat kedudukan Resident Kediri.

Sementara pada masa kemerdekaan, banyak sekali tokoh yang muncul  dan berperan penting demi kemerdekaan Indonesia. Itulah sejarah singkat kota kediri mulai dari masa kerajaan, penjajahan, hingga kemerdekaan yang wajib anda ketahui, khususnya jika anda warga kediri.

2. Surabaya

surabaya

Untuk urutan kedua yakni kota Surabaya. Siapa yang tidak kenal sejarah panjang kota ini, tentu yang tidak mengenal sejarah kota ini artinya orang tersebut tidak ingin mempelajari tentang sejarah kemerdekaan negara Indonesia. Negara ini memiliki julukan Kota Pahlawan.

Mengapa surabaya mendapatkan julukan tersebut?. Surabaya mendapatkan julukan tersebut atas keberanian arek-arek surabaya dalam mempertahankan kemerdekaan bangsa Indonesia menghadapi sekutu yang ingin merebut kembali tanah Indonesia.

Singkatnya, surabaya resmi berdiri pada tahun 1293, dan juga merupakan kota pelabuhan yang sangat penting sejak dahulu hingga sekarang. Sejak masa penjajahan Belanda hingga Jepang, masyarakat Surabaya bertempur habis-habisan untuk merebut kemerdekaan.

Perjuangan puncak terjadi pada tanggal 10 November 1945, arek-arek Surabaya berhasil menduduki Hotel Yamato yang saat itu menjadi simbol kolonialisme. Karena kegigihannya itu, setiap tanggal 10 Nopember, Indonesia memperingatinya sebagai hari Pahlawan. Sangat panjang sejarah ini, dan yang paling berkesan adalah pada saat masa mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Baca juga : Tempat Angker Di Surabaya Yang Anda Wajib Tahu, Terutama Warga Surabaya Asli.

3. Gresik

gresik

Kota gresik merupakan kota bagian utara provinsi Jawa Timur. Kota ini biasa disebut kota santri dan jika melihat sejarah lengkap dari kota ini, tentu ada banyak sekali. Kota gresik dulunya pernah dikuasai oleh bangsa cina, yang pada saat itu mendarat pada abad ke-15 sehingga gresik pada masa itu dikenal dengan nama T’Se T’sun, lalu pada akhirnya berubah menjadi T’sin T’sun yang berarti kota baru.

Kota ini juga mempunyai sejarah mengenai penyebaran agama islam, yang dilaksanakan oleh beberapa wali yang disebut wali songo, sebut saja Syech Maulana Malik Ibrahim dan masih banyak lainnya. Mungkin jika anda main-main ke gresik, anda pasti menjumpai beberapa wisata islami dan kuburan para wali.

4. Blitar

blitar

Terakhir adalah Kota Blitar. Kota ini juga merupakan kota yang bersejarah di Jawa Timur selain beberapa kota di atas. Kota yang berada di Jawa Timur ini merupakan kota tempat kelahiran dan tempat pemakaman presiden pertama kita, Ir. Soekarno.

Sejarah kota ini yang paling berkesan adalah tentang perjuangan Laskar PETA (Pembela Tanah Air) yang pada masa itu dipimpin oleh Supriyadi yang gagah berani melawan pasukan jepang, dan juga menjadi penyemangat di daerah lainnya untuk melakukan perlawanan terhadap jepang. Karena sejarah perlawanan itu, kota blitar menjadi kota dengan sejarah yang terkenal karena perjuangan para pahlawannya.

Selain beberapa kota di atas, masih banyak lagi beberapa kota di jawa timur dengan sejarah panjang. Semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan dan memberikan Informasi bagi anda semua. Sekian, terima kasih atas kunjungan anda dan jangan lupa berkunjung kembali.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *