oleh

6 Kota Terpadat Di Dunia Selain Kota Jakarta Di Indonesia

6 Kota Terpadat Di Dunia Selain Kota Jakarta Di Indonesia – Kota sangat identik dengan keramaian, kesibukan, padat dan hal – hal yang kelihatannya sesak untuk bergerak. Bagaimana tidak? kota menjadi pusat dari sebuah perekonomian, pendidikan, dan bidang lainnya. Bahkan, seseorang dari desa pun akan pergi ke kota untuk mencari pekerjaan. Hal inilah yang menyebabkan mengapa pusat kota menjadi sangat ramai, bahkan terbilang sangat padat dan susah untuk bergerak ke mana – mana.

Di Indonesia sendiri ada beberapa kota yang memiliki tingkat kepadatan yang cukup tinggi. Kota yang terkenal akan kepadatan penduduk adalah kota Jakarta. Kota Jakarta sendiri sangat padat dikarenakan di sana merupakan ibu kota, sehingga segala kegiatan dari berbagai bidang dilakukan di kota tersebut. Perpindahan penduduk dari desa ke kota menjadi salah satu faktornya. Meskipun begitu, masih ada banyak kota – kota terpadat yang ada di Indonesia.

Kota Terpadat Di Dunia, Bisa Mengalah Kota Jakarta di Indonesia

Pada dasarnya kota – kota terpadat yang ada di Indonesia masih belum seberapa. Sebab, di dunia ini masih banyak lagi kota – kota terpadat di dunia, bahkan bisa melebihi kota Jakarta. Kepadatan yang ada di dunia tak terlepas dari segala kegiatan yang bisa mempengaruhi jumlah penduduk yang hidup di sebuah kota. Beberapa kota terpadat ini digunakan sebagai sebuah pusat dari kehidupan di sebuah daerah. Entah itu sebuah hiburan, perekonomian, pertunjukan dan masih banyak kegiatan lainnya.

1. Tokyo – Jepang

kota terpadat di dunia

Jepang menjadi salah satu negara yang memiliki kota dengan jumlah penduduk yang sangat padat. Kota tersebut adalah tokyo, di mana kota ini juga berlaku sebagai ibu kota bagi negara Jepang. Karena kota ini bertindak sebagai ibu kota, maka pusat dari berbagai sektor kegiatan berpusat di sini.

Alhasil, jumlah penduduk di sini tidak main – main banyaknya. Pada tahun 2018 diperkirakan jumlah penduduk yang tinggal di kota Tokyo menginjak angka 37.468.302 jiwa. Banyak sekali bukan, hal ini dipengaruhi oleh faktor yang telah disebutkan di atas.

2. Delhi – India

kota terpadat di dunia

Salah satu negara yang dikenal sebagai negara terpadat di Asia bahkan di dunia adalah India. Dari gemerlap tradisi yang memukau, India menyimpan kota yang memiliki jumlah penduduk terpadat bahkan hingga di dunia. Kota yang ada di daerah India Utara dikenal sebagai kota paling padat penduduk, di mana jumlah penduduk di sana berkisar 28.513.682 jiwa. Dalam kasus padatnya penduduk di India dikarenakan pertumbuhan penduduk yang sangat tinggi, hal ini berbanding terbalik dengan angka kematian.

3. Shanghai – China

kota terpadat di dunia

Selain India, negara Asia lainnya yang memiliki jumlah penduduk terbanyak adalah China. Di negara China, sebagai salah satu pusat industri yang cukup maju. Jadi tak khayal jumlah penduduk yang tinggal begitu banyak. Untuk kota yang menyumbang jumlah penduduk paling banyak adalah kota Shanghai.

Kota ini bertindak sebagai kota perekonomian, finansial yang begitu maju. Sehingga banyak orang yang memilih berpindah ke kota tersebut. Pada tahun 2018 ini diperkirakan jumlah penduduk yang hidup di kota tersebut berkisar 25.582.138 jiwa. Angka ini masih kalah dengan kota Delhi di India.

4. Sao Paulo – Brasil

kota terpadat di dunia

Selain benua Asia, di benua Amerika juga memiliki negara yang memiliki jumlah yang sangat padat, salah satunya negara Brasil. Di Brasil dihuni hingga jutaan penduduk dari beberapa kota yang ada. Dari beberapa kota tersebut, ada kota yang menyumbang penduduk paling banyak yaitu Sao Paulo.

Kota Sao Paulo ini juga mendapat predikat kota metropolitan ke 7 di dunia. Kegiatan di berbagai sektor, juga berpusat di sini. Jadi tak bisa dipungkiri kalau kota ini dihuni oleh banyak orang. Tahun 2018 ini jumlah penduduk mencapai 21.650.181 jiwa, nilai ini akan bisa terus bertambah.

5. Kota Mexico – Mexico

kota terpadat di dunia

Negara di benua Amerika lainnya yang memiliki jumlah penduduk sangat tinggi adalah Mexico. Negara Mexico sendiri memiliki ibu kota yang bernama kota Mexico (Mexico City), di mana kota ini menjadi pusat dari berbagai kegiatan.

Kota Mexico menjadi salah satu kota terpadat di dunia, karena jumlah penduduk tinggal di kota tersebut sangat tinggi. Pada tahu 2018 ini, jumlah penduduk yang menghuni kota ini mencapai 21.580.827 jiwa. Jumlah ini hanya bisa menduduki urutan ke lima kota terpadat di dunia.

6. Kairo – Mesir

kota terpadat di dunia

Negara yang memiliki kota paling padat di dunia selanjutnya adalah negara Mesir. Di negara ini terdapat kota paling banyak penduduknya di bandingkan kota lainnya yang ada di negara tersebut, kota itu adalah Kairo. Masuk dalam kota terbesar, kota Kairo juga pusat pendidikan, film, musik dan lainnya. Karena hal – hal tersebutlah, Kairo dihuni oleh jutaan penduduk. Secara pastinya, penduduk kota tersebut mencapai 20.076.002 jiwa. Sangat – sangat banyak dan ini menjadi kota tersukses di benua Afrika.

Baca Juga : 9 Tempat Terpanas Di Bumi, Nomor 1 Ekstrim Banget.

Nah, itulah beberapa kota terpadat di dunia. Kepadatan yang ditimbulkan di beberapa kota tersebut bisa disebabkan oleh banyak faktor. Kota yang padat bisa saja digunakan sebagai pusat kegiatan ekonomi, hiburan, pertunjukan dan lainnya.

Selain itu, angka pertumbuhan dan perkembangan penduduk yang begitu cepat menyebabkan jumlah penduduk tidak terkendali. Pertumbuhan yang sangat cepat bisa berdampak buruk apabila angka kematian tidak mengikuti pertumbuhan penduduk. Sekianlah artikel yang bisa kami berikan semoga bisa menambah wawasan anda.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *