Anda Wajib Tahu!!! Malware Bersembunyi Dibalik Game Android

Anda Wajib Tahu!!! Malware Bersembunyi Dibalik Game Android – Android sendiri merupakan salah satu operasi sistem yang digunakan oleh smartphone saat ini. Bahkan bisa dibilang juga bahwa penggunaan sistem operasi android sendiri memiliki jumlah paling banyak di dunia daripada OS yang lain. Dikarenakan beberapa kelebihan android yang sangat mutakhir, murah, dan mudah digunakan.

Misalnya di Indonesia, di Indonesia jika kita lihat secara mendetail, maka pengguna android memanglah banyak sekali. Banyak produk android yang begitu diminati oleh Indonesia, seperti diantaranya dari produk Xiaomi, Samsung, OPPO, Vivo, dan masih banyak lagi.  Salah satu faktor utama kenapa orang Indonesia banyak yang membeli android dikarenakan harganya yang begitu murah serta salah satunya bisa dioprek-oprek.

Mulai dari oprek sistemnya, bahkan aplikasinya pun yang dikhususkan untuk android bisa juga dimodifikasi sedemikian rupa. Misalnya terdapat beberapa aplikasi mod yang tidak ilegal, dan masih banyak lagi. Walaupun demikian, seperti aman-aman saja dan tidak ada yang terjadi.

Padahal jika aplikasi bisa dimod ataupun dioprek tentu saja keamanan android kita bakal berkurang. Bahkan yang tidak dioprek pun juga bisa terkena hal-hal yang sangat tidak diinginkan. Seperti salah satunya masalah besar yang berbahaya yakni Malware.

Apa Itu Malware?

Bagi anda yang baru saja pegang hp android ataupun tidak paham betul dunia IT, maka dengan kosa kata tersebut pastilah sangat asing. Oke tidak perlu khawatir, karena di sini saya akan menjelaskan secara langsung. Malware sendiri adalah suatu program yang dirancang secara khusus oleh seseorang dimana bertujuan untuk merusak sistem ataupun merusak identitas suatu perangkat.

Yang paling ditakutkan dari malware sendiri sebenarnya dikarenakan bisa mencuri data-data yang begitu penting yang terdapat pada perangkat anda. Mulai dari device komputer, bahkan kini di android sudah banyak ditemukan malware-malwarenya.

Jika android kini sering ditemui juga malwarenya pada sebuah aplikasi game. Banyak orang yang tidak mengetahui bahwa malware tersebut bisa bersembunyi di balik game android. Biasanya malware-malware tersebut berada di game dan aplikasi mod.

Akan tetapi tidak semua mod ada malwarenya, ada beberapa yang terkadang mencurigakan. Efek yang disebabkan pun berbahaya khususnya android, dimana bisa lemot tiba-tiba, dan tidak bisa menjalankan fitur yang terdapat di ponsel anda.

Salah satu kasus malware yang sempat viral yakni bernama Malware “The Tekya” dimana malware tersebut disisipkan pada aplikasi game yang ditargetkan adalah anak-anak. Malware tersebut menggunakan kode yang sangat rumit sehingga google play protect sekaligus tidak bisa mendeteksi keberadaan malware tersebut.

Biasanya anak-anak yang tidak tahu apa-apa akan tertarik mengklik sesuatu yang tidak semestinya. Ini biasanya berisikan sebuah iklan dimana agar mereka si pembuat malware tersebut mendapatkan klik dari hasil malware tersebut. Keuntungan yang didapatkan pastinya enggak kaleng-kaleng lagi.

Setelah membaca beberapa informasi di atas pastinya anda gak mau terkena malware bukan entah itu di android ataupun di PC, maka berikut di bawah ini saya memberikan cara menghindari malware agar terhindar dari hal hal tersebut.

Baca Juga :

Cara Menghindari Malware Ampuh

1. Selalu Update Operasi Sistem Yang Digunakan

update os

Jangan sampai anda jarang update, karena update OS sendiri sebenarnya untuk mempertebal keamanan pada ponsel kalian. Selain itu update OS juga bisa menghilangkan bug-bug yang terjadi pada smartphone kalian. Selagi OS ada yang baru, langsung update saja.

2. Jangan Gunakan Game Dan Aplikasi MOD/Bajakan

mod apk

Oh iya, bagi kalian yang suka menggunakan file bajakan ataupun aplikasi bajakan, mod dan sebagainya, kurangi dulu ya untuk mengantisipasi saja agar tidak terkena malware. Download saja di play store yang benar benar aman, serta download aplikasi yang ratingnya bagus biar terjamin keamanannya. Walaupun sebenarnya sudah banyak sih yang aman kalau di play store.

Jadi itulah penjelasan mengenai malware bisa bersembunyi dibalik game android, hati-hati bagi anda semua pengguna handphone android, karena malware ini sangat mengganggu, selain bisa mengakibatkan lemot, juga bisa mengambil data-data penting di handphone android anda. Apabila ada pertanyaan silahkan masukkan komentar di akhir artikel ini, sekian, dan terima kasih.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *