oleh

5 Pekerjaan Untuk Anak Kuliah Yang Bisa Dilakukan Di Tengah Kesibukan

5 Pekerjaan Untuk Anak Kuliah Yang Bisa Dilakukan Di Tengah Kesibukan – Bagi anak kuliah yang memiliki pemikiran meringankan beban orang tua untuk membiayai kuliah, pasti akan berfikir untuk mencari pekerjaan untuk anak kuliah atau anak seumurannya yang sekiranya dapat menghasilkan uang untuk membiayai kuliah.

Tapi permasalahanya adalah terdapat pada waktu. Bagaimana kita harus mengatur waktu antara bekerja dan kuliah, dan hal tersebut sangat sulit dilakukan di tengah padatnya kesibukan serta butuh kejelian untuk mengatur waktu, terutama sempatkan juga waktu untuk beristirahat.

Pekerjaan  untuk anak kuliah yang bisa dilakukan tentu harus memiliki jam kerja yang tidak full satu hari, melainkan memiliki sistem bergantian dengan pekerja lainnya. Namun, pekerjaan apa saja yang bisa dilakukan anak kuliah?. Sebenarnya banyak sekali.

Pada artikel kali ini, Dewa Ilmu akan memberikan referensi tentang beberapa pekerjaan anak kuliah yang bisa dilakukan di tengah kesibukan. Kebanyakan dari mahasiswa hanya berkeinginan untuk meringankan beban orang tua, namun jarang sekali ada yang melakukan prakteknya. Bisa dibilang hanya teori saja, itu mereka lakukan mungkin karena bingung memilih pekerjaan yang cocok. Namun, pekerjaan berikut ini pasti cocok dengan anda.

Pekerjaan Untuk Anak Kuliah Yang Bisa Dilakukan Di Tengah Kesibukan

1. Jaga Toko

buka toko

Pekerjaan untuk anak kuliah yang pertama adalah menjaga toko. Mengapa menjaga toko ada dalam daftar pertama, karena pekerjaan tersebut tidak memiliki sistem kerja full setiap hari. Kalaupun ada yang full, biasanya pekerja tersebut tidaklah banyak. Gaji untuk pekerjaan ini bisa anda gunakan untuk membayar tempat tinggal anda, semisal anda menyewa kos.

Jika anda sudah bisa membayar biaya kos tanpa minta orang tua, uang dari orang tua yang seharusnya untuk biaya tempat tinggal anda tentu sudah dapat digunakan untuk biaya kuliah, dan pastinya akan sedikit meringankan beban orang tua. Kalaupun anda tidak menyewa kos-kosan, uang hasil kerja tersebut bisa anda berikan pada orang tua anda.

Untuk itu, cobalah cari toko yang membuka lowongan pekerjaan, dan yang penting sesuaikan terlebih dahulu sebelum anda sepakat bekerja. Pertimbangkan waktu dan gaji yang diberikan. Namun menurut saya, waktu yang sangat penting untuk dipertimbangkan.

2. Jaga Warnet

Pekerjaan untuk anak kuliah yang kedua adalah menjaga warnet. Pekerjaan ini cocok bagi anda lulusan SMK jurusan Teknik Komputer Jaringan karena menjaga warnet bagi lulusan TKJ itu mudah sekali. Pekerjaan ini juga dapat menghasilkan uang yang pastinya akan sedikit meringankan beban orang tua kita untuk membiayai kuliah kita.

Gaji menjadi operator warnet juga tergolong besar untuk kerja sampingan anak kuliah, dan bisa menjadi pertimbangan anda. Untuk itu, cobalah untuk mencari warnet yang membutuhkan jasa anda dan jangan malu untuk menawarkan jasa anda. Dan pastinya hal penting yang harus diperhatikan adalah anda harus bisa mengatur waktu dengan baik.

3. Guru Privat

guru les privat

Pekerjaan selanjutnya adalah menjadi guru privat. Pekerjaan ini bisa dibilang sangat cocok bagi anda para mahasiswa yang ingin meringankan sedikit beban orang tua dengan mencari uang. Kalau anda memilih jurusan MIPA, anda bisa menjadi guru bagi anak anak SMA dan sederajat. Kalau anda memilih jurusan bahasa, cobalah juga untuk melamar ke tempat kursus bahasa.

Pekerjaan ini sangat dianjurkan, karena sudah pasti dapat menghasilkan pundi pundi uang. Dan orang tua mereka yang ingin anaknya pintar, banyak ilmu, pasti mau membayar guru privat untuk membimbing anak nya. Selain bisa menghasilkan uang, anda juga dapat berbagi ilmu. Dan yang paling penting adalah anda harus pintar membagi waktu anda.

4. Menjadi Barista

Pekerjaan ini cocok untuk anda para mahasiswa, karena anak kuliah biasanya suka nongkrong di kafe. Anda harus bisa berfikir bijak, daripada pergi ke kafe menghabiskan uang, lebih baik anda pergi ke kafe untuk mencari uang, yaitu salah satunya dengan menjadi barista.

Di kota-kota besar, banyak sekali kafe dan tergantung anda sendiri memilih kafe mana yang cocok dengan anda. Pemilik kafe biasanya juga memberikan keringanan bagi pekerja yang masih belajar atau masih kuliah. Dan pastinya itu sangat beruntung bagi anda, jadwal kuliah anda menjadi tidak bentrok lagi dengan jam kerja.

Baca juga : Contoh Bisnis Kreatif Untuk Mahasiswa Dengan Omset Puluhan Juta Perbulan.

5. Menjadi Penulis Artikel

jasa penulis artikel

Yang terakhir adalah menjadi penulis artikel. Jika anda gemar membaca buku, membaca artikel, dan paham tentang penggunaan bahasa, anda bisa mencoba untuk mencari salah satu website yang sedang membuka lowongan untuk menjadi penulis di website tersebut. Pastinya, gaji dari pekerjaan itu sangat membantu anda untuk meringankan beban orang tua.

Pekerjaan ini bisa anda lakukan juga dengan santai, kalaupun ada batasan waktu untuk mengunggah hasil tulisan, itu juga bisa anda lakukan menulis dengan santai, karena kalau tergesa-gesa, hasil dari artikel anda akan berantakan, dan penggunaan bahasanya juga banyak yang salah.

Selain 5 pekerjaan di atas, masih banyak lagi beberapa pekerjaan yang cocok. Misalnya untuk anak kuliah komputer, anda bisa bekerja di tempat servis komputer. Untuk yang memiliki hobi berfoto, bisa anda coba menjadi fotografer paruh waktu. Jika anda seorang anak kuliah di jurusan pariwisata, anda bisa menjadi pemandu wisata yang gajinya tidak diragukan lagi. Sekian, semoga bermanfaat dan bisa membantu.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *