Inilah Betapa Pentingnya Human Capital Management Bagi Perusahaan

Inilah Betapa Pentingnya Human Capital Management Bagi Perusahaan –  Human Capital Management atau yang sering dikenal sebagai HCM merupakan salah satu hal yang penting untuk dikembangkan dalam perusahaan.

Selain dimanfaatkan untuk mempertahankan kualitas perusahaan, HCM juga dimanfaatkan untuk mengembangkan perusahaan di masa depan baik untuk jangka pendek, menengah, hingga jangka panjang.

Alasannya, dalam membangun Human Capital Development System ini penting karena perusahaan harus memahami aset perusahaan seperti salah satunya adalah karyawan. Sama seperti aset perusahaan lainnya, karyawan merupakan aset yang harus dijaga dan dilindungi. Kehilangan aset perusahaan yang berharga jelas akan menjadi kerugian bagi perusahaan.

Apalagi karyawan merupakan individu yang bekerja dan berkontribusi untuk keberhasilan suatu perusahaan. Oleh karena itulah, Human Capital Management tersebut sangat berperan dalam menentukan keberhasilan atau bahkan kegagalan dalam manajemen sumber daya atau aset yang dimiliki. Manajemen ini nantinya akan menjadi tanggung jawab penting bagi Human Resources atau HR.

Dalam membangun Human Capital Management tersebut, ada beberapa skill yang dibutuhkan yakni sebagai berikut :

1. Kualitas Intelektual

orang berpendidikan dan tidak

Saat ini intelektual masih dianggap melekat dengan tingkat pendidikan. Padahal tidak sedikit orang yang tidak berpendidikan tinggi namun memiliki intelektualitas yang berbeda. Ada banyak kecerdasan seperti kecerdasan linguistik, kecerdasan logika matematika dan lainnya. Dengan memetakan hal ini, maka seseorang dapat berperan sesuai dengan bidangnya.

2. Kualitas Emosional

Meski sering dikaitkan sebagai salah satu jenis kecerdasan, namun kali ini kemampuan seseorang dalam mengelola emosinya juga termasuk dalam memahami emosi orang lain menjadisalahsatu skill berbeda yang dibutuhkan untuk membangun Human Capital Management. Karena dalam menjalankan tugasnya, keadaan emosional seseorang dapat berpengaruh.

3. Kualitas Sosial

sosial

Dalam bekerja, umumnya seseorang juga akan bekerja dengan individu lainnya. Oleh karenai tulah, kemampuan manusia untuk dapat saling menghargai perbedaan yang terjadi menjadi salah satu kemampuan yang bermanfaat untuk membangun sinergi dalam efektifitas bekerja. Human Capital Management memperhatikan ini sehingga tercipta kerjasama yang baik dalam perusahaan.

Baca Juga :

4. Kualitas Moral

Bekerja dalam perusahaan tidak lepas dari moral dan nilai-nilai yang ada. Kemampuan karyawan dalam mengintegrasikan nilai-nilai moral dalam berperilaku dan bertanggung jawab pada pekerjaan, menjadi hal yang penting untuk diperhatikan dan juga sangat penting untuk dikembangkan. Human Capital Management System perlu disusun untuk membangunnya.

5. Kualitas Kesehatan

Human Capital Management juga perlu untuk menyoroti kualitas kesehatan dari karyawan. Karena sudah menjadi perhatian bahwa kemampuan kita untuk bisa berpikir dengan kreatif, solutif, produktif, dan efisien juga dipengaruhi dari kualitas kesehatan kita. Apabila Kualitas Kesehatan Karyawan Terganggu, maka kinerjanya pun akan terganggu.

Dengan adanya lima skill diatas, untuk membangun Human Capital Management yang berkesinambungan perlu didukung oleh beberapa hal. Pembangunan tersebut mulai dari kebijakan perusahaan, visi dan misi perusahaan yang diaplikasikan pada program hingga evaluasi untuk membangun Human Capital Management System yang akuntabel.

Apabila langkah-langkah tersebut dapat secara nyata memberikan dampak, maka Human Capital Management yang diberikan dikatakan berhasil. Ketercapaian program tersebut dapat diukur mulai dari bagaimana efektivitas kerja karyawan hingga tingkat kebahagiaan karyawan untuk bekerja di perusahaan sehingga perusahaan tidak perlu khawatir kehilangan asetnya.

Itulah beberapa hal mengenai Human Capital Management yang sudah banyak diterapkan dalam perusahaan dan memberikan manfaatnya baik dari dalam maupun dari luar. Semoga artikel ini bermanfaat, sekian.

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *