√ Pentingnya SSL Untuk Meningkatkan Keamanan Website

Pentingnya SSL Untuk Meningkatkan Keamanan Website – Saat ini, keberadaan website memang sangat penting. Layaknya sebuah bangunan seperti rumah, website adalah tempat dimana kita bisa berkarya dan melakukan apapun.

Bahkan lebih lanjut, untuk para pebisnis, sebuah website bisa dijadikan lahan memperkenalkan produknya. Karena website memegang peran vital, diperlukan pemahaman akan pentingnya SSL untuk menjaga website.

Anda tentu pernah berselancar di internet, lalu menuliskan alamat website dan mendadak muncul pemberitahuan, “situs ini tidak aman alias not secure”?. Tentu ketika notifikasi itu muncul, akan ada kecemasan untuk mengunjungi website itu. Bagi si pemilik website, batalnya pengguna internet datang ke situs mereka karena dianggap tidak aman merupakan kerugian.

Pentingnya SSL Untuk Meningkatkan Keamanan Website

A. Kaitan SSL dengan Keamanan Website

Agar bisa tahu seperti apa pentingnya SSL, Anda wajib berkenalan lebih dulu dengan SSL.

SSL (Secure Socket Layer) adalah sertifikat yang menjadi salah satu komponen penting dalam website. Sebuah website yang mempunyai sertifikat SSL, maka bisa menjamin keamanan transfer data di dalam situs tersebut lantaran telah terenkripsi.

Saat website Anda sudah ditambahkan sertifikat SSL dalam sistem keamananya, maka tautannya berubah dari http menjadi https.

Ketika pengguna internet mengakses website https, koneksi yang terjadi bisa dibilang lebih aman dan kecil kemungkinan dari adanya aksi peretasan atau manipulasi data.

Bukan hanya itu saja, SSL yang dibenamkan dalam website akan memblokir ISP dari aksi memasukan iklan ke situs tiba-tiba. Tak heran kalau website dengan alamat https akan punya loading lebih cepat.

Baca Juga :

B. Keuntungan Website dengan Sistem Keamanan Tinggi

Dari penjelasan di atas, memang bisa disimpulkan kalau keberadaan SSL memang sangat penting dalam sebuah website. Agar lebih paham betapa pentingnya SSL ini, beberapa penjelasan mendetail berikut ini bisa Anda pertimbangkan :

1. Menghindari Pencurian Data

high protech

Sudah disinggung sebelumnya bahwa sertifikat SSL membuat pertukaran data dalam website Anda makin aman. Hal ini bisa terjadi karena SSL melakukan enkripsi alias mengacak data-data sensitif. Karena data yang dikirim dan diterima ini diacak, bakal sulit untuk dicuri atau diretas pihak lain.

Contohnya website marketplace besar seperti Bukapalak, Shopee, dan Lazada, pasti semuanya menggunakan SSL. Karena banyak sekali data yang harus dilindungi, mulai dari rekening bank, kartu kredit, identitas, KTP, dan masih banyak lagi. Jadi, penggunaan SSL ini memang sangat penting.

2. Mengurangi Peluang Salah Kirim Data

Tak hanya membuat transfer data dalam website makin aman, SSL juga dapat melakukan otentikasi. Sehingga informasi data benar-benar terkirim ke server, tidak mendadak salah kirim ke hacker atau pihak yang tidak bertanggung jawab lainnya.

3. Website Makin Profesional

https

Website yang sudah dilengkapi SSL, maka saat diakses akan menunjukkan notifikasi khusus. Contohnya address bar bakal berwarna block hijau saat Anda berselancar di Internet Explorer. Sementara kalau perambannya adalah Firefox dan Chrome, biasanya akan ada ikon gembok terkunci di sebelah tautan website.

Dengan adanya notifikasi ini, jelas website bakal dianggap lebih profesional. Ini sangat berdampak positif ke bisnis, karena konsumen akan merasa nyaman saat melakukan transaksi di website yang sudah diperkuat dengan sertifikasi SSL.

4. Peringkat Website Lebih Baik

Hal lain yang juga menjadi keuntungan dari pentingnya SSL terpasang di website adalah berkaitan di mesin pencarian internet. Seperti yang sudah disebutkan, Google bahkan memberikan peringatan keras agar pengguna tidak mengakses website yang tidak memasang SSL. Sehingga ketika website sudah dilengkapi sertifikat SSL, Google jelas akan merekomendasikannya.

Rekomendasi yang diberikan Google ini bisa terlihat dari mesin pencarian. Apalagi kalau website Anda dilengkapi dengan kemampuan teknik SEO yang mumpuni, bukan tak mungkin bakal nongol di halaman teratas mesin pencarian.

C. Mau Website Berkualitas? Layanan Hosting Harus Punya SSL

Jika dilihat dari penjelasan betapa pentingnya SSL di atas, tampaknya sertifikat keamanan yang satu ini adalah harga mati dalam sebuah website. Apalagi kalau Anda mendambakan website berkualitas yang digunakan untuk bisnis atau branding diri, tentu sudah wajib memasang sertifikat SSL. Dilengkapi dengan layanan unlimited hosting terbaik, website yang menarik bukan sekadar mimpi.

Karena layanan ini memungkinkan Anda untuk menyimpan data tanpa batas di diskspace yang dimiliki hosting. Mencari layanan hosting tanpa batas sekaligus sertifikat SSL?. Maka Niagahoster adalah jawaban terbaik untuk website Anda. Karena Niagahoster, sudah terbukti berpengalaman dan terpercaya dalam menciptakan situs berkualitas.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *