oleh

5 Penyebab Baterai Laptop Rusak Serta Tips Merawatnya

5 Penyebab Baterai Laptop Rusak Serta Tips Merawatnya – Baterai laptop yang rusak merupakan salah satu masalah yang kerap terjadi bagi pengguna laptop. Penyebabnya bisa karena kebiasaan maupun memag kualitas baterainya. Meskipun begitu penyebab baterai laptop rusak paling sering terjadi karena kurangnya perhatian ketika menggunakan laptop.

Hal ini tentu karena kebiasaan yang kurang disiplin dalam merawat laptop. Biasanya baterai laptop yang rusak ditandai dengan kurang optimalnya kinerja baterai. Misalnya hal ini ditandai ketika baterai mulai cepat habis dan bahkan mati total.

Jika sudah begini maka akan menggangu aktifitas Anda yang terbiasa menggunakan laptop. Pada artikel kali ini dewailmu akan memberikan informasi mengenai penyebab baterai laptop rusak beserta tips yang bisa Anda lakukan untuk menghindari kerusakan pada baterai laptop. Berikut ulasannya.

Penyebab Baterai Laptop Rusak

1. Penyebab Baterai Laptop Rusak Karena Menutup Laptop Dalam Keadaan Menyala

Kerusakan pada baterai laptop sering terjadi karena kebiasaan menutup laptop saat dalam kondisi menyala. Bagi sebagian orang melakukan hal ini dianggap wajar, padahal dalam jangka waktu yang lama jika hal ini dibiasakan akan membuat baterai laptop cepat rusak.

2. Tidak Mengecas Laptop Saat Sudah Habis

baterai laptop habis

Biasanya saat menggunakan laptop kita lupa mengecek kapasitas baterai yang sedang kita gunakan. Tanpa terasa baterai laptop habis dan mati begitu saja. Jika hal ini terjadi maka sebaiknya segeralah charger laptop Anda sebelum benar-benar habis. Usahakan untuk mengisi ulang daya baterau ketika hampir habis maksimal telah mencapai 10 persen.

3. Penyebab Baterai Laptop Rusak Karena Menggunakan Laptop Di Kasur

Penyebab laptop rusak juga sering terjadi karena kebiasaan menggunakan laptop di atas kasur atauun pangkuan tanpa alas. Laptop yang digunakan di atas kasur tanpa alas akan terhambat aliran udara yang akan keuar. Hal ini menyebabkan aliran udara tersumbat dan mengakibatkan laptop menjadi panas. Kondisi laptop yang terlalu panas akan berpengaruh pada komponen di dalam laptop seperti RAM dan Hardisk.

4. Penyebab Baterai Laptop Rusak Karena Meletakkan Benda Berat Di Atas Laptop

laptop tertindih

Banyak orang menyepelekan hal ini. Sebagian besar oorang menganggap meletakkan benda di atas laptop tidaklah berpengaruh pada laptop. Padahal hal tersebut sangat berpengaruh, apalagi benda yang diletakan cukup berat. Benda-benda tersebut akan memberikan tekanan pada laptop dan bisa membuat layar maupun keyboard menjadi rusak karena tidak mampu menahan beban berat.

5. Sering Meletakkan Benda Bersifat Magnet Dengan Laptop

Benda-benda yang bersifat magnet akan merusak laptop bukanlah sebuah mitos belaka. Benda-benda tersebut bisa menyebabkan kerusakan pada laptop. Di dalam perangkat laptop terdapat benda-benda yang bersifat magnet seperti hardisk. Apabila benda-benda yang bersifat magnet ini didekatkan maka bisa saja data yang tersimpan di dalam perangkat tersebut akan hilang.

Baca Juga : 5 Penyebab Laptop Panas Dan Berdebu Yang Harus Kamu Tahu.

Tips Merawat Baterai Laptop Agar Awet

1. Mengatur Tingkat Kecerahan Layar

kecerahan layar laptop

Fitur kecerahan layar merupakan salah satu ftur yang memakan banyak daya baterai. Tingkat keceahan cahaya yang terlalu terang selain bisa merusak mata juga bisa menyebabkan baterai cepat terkuras. Oleh sebab itu saat menggunakan laptop sebaiknya atur tingkat kecerahan layar agar baterai lebih tahan lama.

2. Istirahatkan Saat Dicharge

Tips berikutnya agar baterai laptop awet yang bisa Anda lakukan yaitu mengistirahatkan laptop ketika sedang dicharge. Hal ini dilakukan agar daya baterai dapat terisi cepat dan maksimal. Dengan begitu kemungkinan baterai laptop rusak bisa diminimalisir.

3. Hindari Overheat

laptop overheat

Overheat atau kondisi baterai terlalu panas memang menjadi penyebab baterai laptop rusak paling sering ditemui. Kondisi laptop yang overheat jika dibiarkan terus menerus akan merusak baterai hingga perangkat laptop yang lain satu persatu.

4. Hindari Charge Terlalu Lama

Tak hanya kondisi baterai yang kosong yang bisa menyebabkan baterai cepat rusak, ternyata mengecas baterai laptop terlalu lama juga bisa menyebabkan baterai cepat rusak. Mengisi daya baterai yang terlalu lama bisa berpengaruh pada kinerja baterai. Oleh karenanya jika baterai sudah full maka segera cabut dan hentikan mengecas.

Setiap barang elektronik memiliki kapasitas dan perawatan tersendiri untuk selalu dijaga agar awet. Agar baterai laptop selalu tahan lama maka Anda bisa menghindari penyebab yang bisa membuat baterai laptop rusak seperti di atas serta tips menjaga agar baterai tetap awet seperti pembahasan di atas. Semoga informasi ini bermanfaat dan membantu. Terima kasih.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *