Perbedaan FAT32 Dan NTFS Pada Flashdisk Maupun Hardisk

Perbedaan FAT32 Dan NTFS Pada Flashdisk Maupun Hardisk – Salah satu dari anda pasti memiliki hardisk maupun laptop. Nah, pada flashdisk ataupun hardisk tersebut sering kita lihat format memori fat32 maupun ntfs jika kita membuka klik kanan kemudian properties.

Kedua hal tersebut memang sebenarnya sering membuat kita semua bingung. Namun, pada artikel kali ini saya akan menjabarkan semua tentang apa itu FAT32 dan NTFS secara lengkap. Langsung saja simak penjelasan berikut!

Perbedaan FAT32 Dan NTFS Pada Flashdisk Maupun Hardisk

A. Pengertian

NTFS

Bersumber dari Wikipedia, NTFS atau kepanjangan dari New Technology File System adalah Sistem file NTFS yang memiliki sebuah desain sederhana tetapi berkemampuan lebih dibandingkan keluarga sistem file FAT. NTFS menawarkan beberapa fitur yang dibutuhkan dalam sebuah lingkungan yang terdistribusi, seperti halnya pengaturan akses, yaitu siapa saja yang berhak mengakses sebuah file atau direktori.

NTFS juga melakukan penetapan kuota berapa banyak kapasitas hard disk yang dapat digunakan setiap pengguna, fitur enkripsi, serta toleransi terhadap kesalahan.

Bahkan, NTFS memiliki keungguln dibandingkan dengan sistem file lainnya, yakni NTFS bersifat extensible (dapat diperluas). Caranya yakni dengan menambahkan sebuah fungsi baru dalam sistem operasi, tanpa harus merombak keseluruhan sistem.

FAT32

FAT atau kepanjangan dari File Allocation Table adalah sebuah sistem file yang menggunakan metode struktur tabel alokasi berkas atau file sebagai metode untuk beroperasi. Terdapat beberapa versi dari sistem file FAT, salah satunya yang sering digunakan adalah FAT32.

Dibandingkan dengan NTFS, FAT32 merupakan jenis file sistem yang lebih tua. Sistem file ini merupakan generasi terakhir dari FAT yang diperkenalkan untuk menggantikan FAT16 saat peluncuran OS Windows 95.

Meskipun terbilang sudah tua, namun sistem file FAT32 juga bisa bekerja pada beberapa sistem operasi windows lainnya, seperti Windows 98, Windows ME, Windows 2000, Windows XP, Windows 2003 server, Windows Vista, Windows 7, Windows 8/8.1, dan Windows 10.

B. Perbedaan

Dilihat dari pengertian di atas, tentu saja ada banyak perbedaan antara sistem file NTFS dan FAT32. Untuk perbedaannya yakni sebagai berikut :

1. Dari Segi Kompabilitas Sistem Operasi

compability fat ntfs

FAT32

File sistem FAT32 bisa bekerja pada semua sistem operasi saat ini, karena merupakan sistem file yang sudah ada cukup lama. Mulai dari sistem operasi Windows, Linux, Mac OS, DOS, Android, semuanya masih dapat membaca media penyimpanan yang menggunakan sistem file FAT32

NTFS

NTFS tidak support dengan beberapa sistem operasi yang saat ini masih banyak digunakan. Misalnya, Mac OS X yang hanya bisa membaca isi dalam penyimpanan yang menggunakan sistem file NTFS, namun tidak dapat menulis data ke dalamnya.

Untuk mengakali hal tersebut biasanya dibutuhkan aplikasi tambahan untuk membantu menulis data ke sistem file NTFS. Namun, sejauh ini lebih banyak OS yang kompatibel dengan NTFS dibandingkan yang tidak kompatibel.

2. Ukuran Maksimum Setiap File

Maksudnya adalah ukuran maksimum setiap file yang bisa diCopy atau Cut ke dalam media penyimpanan tersebut. Bukan ukuran keseluruhan file yang anda block tetapi ukuran setiap satu file.

FAT32

Untuk FAT32 hanya bisa memasukkan ukuran maksimum 4GB per file. Jadi, saat anda mengcopy file berukuran lebih dari 4GB ke dalam flashdisk atau hardisk yang menggunakan sistem file FAT32, maka tidak akan berhasil dan muncul keterangan File Terlalu Besar atau File Too Large.fat32 too large

Untuk mengatasi hal tersebut, anda bisa memecah file berukuran besar tersebut menjadi beberapa bagian kemudian dicopy, atau mengubah sistem file FAT32 menjadi NTFS.

NTFS

Sedangkan untuk file sistem NTFS bisa memasukkan file dengan ukuran yang jauh lebih besar, yaitu maksimal 16 Exabyte atau setara dengan 16 Miliar GB per file.

Jadi, dengan menggunakan NTFS, anda akan lebih leluasa memasukkan file berukuran besar tanpa harus mengalami kendala apapun, selama masih tersedia ruang kosong pada penyimpanan tersebut.

3. Jumlah Maksimal File

FAT32

Sistem file FAT32 hanya bisa menampung file maksimal 65.517 buah. Untuk ukurannya terserah, namun jumlah unit file tersebut tidak boleh lebih dari 65.517.

NTFS

NTFS bisa menampung jumlah file yang jauh lebih banyak, yakni maksimal 4.294.967.295 buah. Artinya anda dapat dengan leluasa menyimpan file sebanyak mungkin pada sistem file NTFS.

Baca Juga :

4. Segi Keamanan

NTFS

File sistem NTFS bisa dikatakan lebih aman jika dibandingkan dengan FAT32. Hal ini dikarenakan file sistem NTFS emiliki fitur enkripsi data dan juga file permission.

Sistem file NTFS juga memiliki kemungkinan data corrupt/kerusakan data yang lebih rendah. Ini karena sistem akan menyimpan data terlebih dahulu agar tidak hilang sebelum melakukan pemindahan data.

FAT32

File sistem FAT32 tidak memiliki fitur enkripsi dan file permission. Selain itu, FAT32 juga memiliki tingkat kemungkinan data corrupt/kerusakan data yang tinggi. Tidak bisa dipungkiri jika kita sering dijumpat data corrupt pada flashdisk yang menggunakan sistem file FAT32.

5. Ukuran Partisi Maksimal

Dari segi ukuran maksimum partisi yang dibuat pada penyimpanan, berikut perbedaannya :

FAT32

File Sistem FAT32 memiliki ukuran partisi maksimum yang bisa dikatakan rendah untuk ukuran saat ini, yaitu hanya 2TB. Jadi, jika anda memiliki hardisk berukuran 3TB atau lebih dan menggunakan sistem file FAT32, maka akan percuma saja karena yang akan terbaca hanya 2TB.

NTFS

Sistem file NTFS memiliki ukuran partisi maksimum yang jauh lebih besar, yakni 16 Exabyte atau setara dengan 16 Miliar GB. Artinya, jika anda menggunakan Hardisk berkapasitas 1000TB, semuanya akan terbaca.

6. Ukuran Cluster

cluster file

FAT32

Ukuran cluster sistem file FAT32 memiliki besar 32KB, jadi kita menyimpan file notepad yang ukurannya kecil (misalkan 2KB) di FAT32 akan tetap tersimpan dengan ukuran 32KB.

NTFS

Pada file system NTFS ukuran clusternya lebih kecil dibandingkan FAT32 yaitu 4KB. Tentunya hal ini akan lebih menghemat free space agar tidak cepat habis dibandingkan dengan FAT32.

Lalu Lebih Baik Pilih FAT32 Atau NTFS?

Dilihat dari semua perbedaan di atas, sepertinya NTFS jauh memiliki kelebihan dibandingan FAT32, mulai dari kapasitas penyimpanan, cluster, kompabilitas, dan masih banyak lagi.

Untuk pertanyaan mana yang lebih baik?, tergantung yang memilih.

Sistem FAT32 ini cocok bagi anda yang suka menyimpan foto foto, notepad, dokumen microsoft office, dan file file kecil lainnya, dikarenakan ukuran file kecil dan sedikit memakan ruang penyimpanan.

Namun, jika anda suka menyimpan film berukuran HD/besar, Game PC, software berukuran besar, NTFS solusinya. Dengan menggunakan NTFS, anda bisa leluasa memasukkan file besar di penyimpanan.

Dari penjelasan di atas, anda sudah paham kan perbedaan FAT32 dan NTFS?. Jika belum, tulis di kolom komentar ya!, semoga artikel ini bermanfaat, dan jangan lupa kembali lagi!.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 komentar

  1. Saya menyimpan beberapa file video (mp4) di flashdisk dgn system NTFS , kenapa dari 10 file yg sy simpan hanya 5 file (dgn jumlah memory 5 GB ) yg dapat diputar/playback, 5 file lainnya ga bisa , file corrupt, padahal semua file tsb bila disimpan di HDD lap top ga ada masalah . mohon penjelasan , terima kasih

    1. Mungkin saja corrupt/rusak, karena saking lamanya ada di flashdisk. Jawaban kedua, flashdisk memang suka seperti itu sedikit-sedikit rusak, jadi kalau mau nyimpan di flashdisk, harus sering sering pakai flashdisknya.