Apa Perbedaan WPA TKIP Dan AES? Simak Penjelasannya!

Apa Perbedaan WPA, TKIP, Dan AES? Simak Penjelasannya! – Seperti kita ketahui saat ini banyak pilihan router yang menyediakan berbagai macam keamanan berbeda-beda, mulai dari WPA2-PSK (TKIP), WPA2-PSK(AES), dan WPA2-PSK (TKIP/AES).

Sedikit membingungkan ya?, dari ketiga mode tersebut, pastinya anda asal memilih, dan tidak tahu mana yang bagus untuk device anda, anda tidak akan memperhatikan mana yang harus dipilih. Maka dari itu agar anda mengetahui lebih jelas mode-mode di atas, di bawah ini saya akan menjelaskannya.

WEP, WPA2, dan WPA merupakan algorithma keamanan inti yang penting sekali berhubungan dengan kemanan. Wired Equivalent Privacy (WEP), merupakan pilihan tertua dan sayangnya ini banyak kekurangannya, karena keamanannya tidak cukup kuat.

Lalu untuk WPA sendiri cenderung lebih baik dari segi keamanan atau privacynya, walaupun begitu tetap saja ada kekurangannya yakni rentan mengalami gangguan.

Dan yang terakhir, dan yang paling sering digunakan ada WPA2. Banyak orang menganggap WPA2 merupakan salah satu pilihan paling aman karena dapat mengenskripsi secara aman dan jarang mengalami gangguan.

Bicara mengenai perbedaan, berikut beberapa perbedaannya lengkap!.

Perbedaan WPA TKIP Dan AES

1. TKIP

TKIP merupakan protokol pada sebuah enkripsi yang dimana lebih tua dan dikenalkan secara langsung dengan WPA dimana bertujuan untuk mengganti dikarenakan pada saat itu memang tidak aman. Intinya TKIP adalah standart enkripsi tua dan tidak begitu aman.

2. AES

Selanjutnya AES, yang sebenarnya bukanlah standart keamanan paling tinggi. Melainkan ini sudah diadopsi oleh pemerintah AS, sehingga banyak yang percaya dan berasumsi bahwa penggunaanya ini aman. Meskipun begitu ini masih kerap mengalami serangan Brute Force, pada tahun-tahun lalu sebelum 2020 kasus tersebut begitu ramai diperbincangkan.

Untuk menggunakan AES, kalian harus menentukan baik-baik pemilihan WPA2. Dalam beberapa hal WPA2 seharusnya memang menggunakan AES.

Baca Juga :

3. WPA

Selanjutnya untuk WPA atau Wifi Protected Access, merupakan suatu sistem yang biasa digunakan untuk mengamankan jaringan nirkabel. Ini juga diteliti oleh banyak orang dan pada akhirnya masih memiliki banyak kekurangan pada sistemmnya.

Perlu anda ketahui juga bahwa keamanan ini diciptakan untuk saling melengkapi dengan WEP. WPA seringkali diimplementasikan menjadi sebuah kemanan jaringan nirkabel serta didesain dan digunakan sebagai alat tambahan pada sebuah komputer (PC).

Metode enkripsi dari WPA ini menggunakan Algorithma RC4. Biasanya ketika menggunakan keamanan jenis yang satu ini, akan ada tanda khusus seperti harus mengisi server, port, serta shared secret. Mulai dari server, di mana ini dituju oleh akses point lalu port akan ada nomor portnya yang digunakan, biasanya adalah 1812.

4. WPA2

wpa2

WPA2 tersedia sejak 2004 dan secara resmi digunakan pada tahun 2006. Perubahan terbesar antara WPA dan WPA2 adalah pada penggunaan algoritma enkripsi AES dengan CCMP daripada TKIP.

Dalam WPA, AES bersifat opsional, tetapi dalam WPA2, AES bersifat wajib dan TKIP bersifat opsional. Dalam hal keamanan, AES jauh lebih aman daripada TKIP.

WPA menggunakan kunci 64-bit atau 128-bit, dan yang paling umum digunakan adalah 64-bit untuk router rumah. WPA2-PSK dan WPA2-Personal adalah istilah yang dapat dipertukarkan.

Sampai disini paham kan tentang penjelasan dan perbedaan WPA TKIP dan AES serta WPA2?. Setiap jaringan memiliki kelebihan dan kelemahannya masing masing.

Semoga anda dapat memilih jaringan mana yang stabil dan aman, dan semoga bermanfaat ya!.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *