8 Perbedaan Jaringan 4G dan 5G Yang Wajib Kita Ketahui!

Perbedaan Jaringan 4G dan 5G Yang Wajib Kita Ketahui! – Telah kita ketahui bersama 2020 merupakan tahun adanya 5G, atau jaringan di atas 4G.

Dilansir dari beberapa halaman, ternyata banyak sekali perbedaan mencolok antara 4G dan 5G. Meskipun 4G terlihat sudah sangat mumpuni, namuun 5G jauh di atas itu.

Bagi anda yang ingin mengetahui apa saja perbedaan antara keduanya, simak artikel ini sampai selesai!.

Perbedaan Jaringan 4G dan 5G Yang Wajib Kita Ketahui!

1. Pengertian

5g dan 4g

Jaringan 4G adalah pengembangan dari teknologi 3G dan 2G dengan sistem menyediakan jaringan bandwidth ultra untuk berbagai perlengkapan elektronik, contohnya telepon pintar dan laptop menggunakan modem USB.

Sedangkan jaringan 5G adalah jaringan seluler generasi ke lima yang menawarkan kecepatan internet lebih tinggi dari generasi sebelumnya yatiu 4G.

2. Teknologi

Dalam urusan teknologi, jaringan 4G menggunakan teknologi nirkabel menggunakan menara radio. Sedangkan teknologi jaringan 5G di atas nirkabel dengan lebih banyak antena dan pita radio berfrekuensi lebih tinggi.

3. Kecepatan

Untuk kecepatan, tentu saja jaringan 5G memiliki kecepatan yang lebih tinggi dari 4G, yakni maksimal mencari 10GB/detik. Sedangkan untuk jaringan 4G hanya mencapai 100MB/detik.

Perbandingan sejauh ini tentu saja akan membuat jaringan 5G akan lebih diminati masyarakat dunia beberapa tahun mendatang.

Baca Juga :

4. Latensi

4G memiliki latensi yang sudah cukup rendah, namun 5G memiliki latensi jauh lebih rendah daripada 4G, hingga mencapai 0. Latensi adalah ukuran yang digunakan untuk mengukur penundaan yang terjadi.

Latensi biasanya diukur sebagai penundaan perjalanan pulang pergi waktu yang dibutuhkan informasi untuk mencapai tujuannya dan kembali lagi.

5. Kapasitas

Pada jaringan 4G, kualitas jaringan menurun saat banyak perangkat terhubung. Sedangkan untuk jaringan 5G, kapasitasnya lebih besar 10x, jadi meskipun banyak perangkat yang terhubung, sulit sekali kualitas jaringannya menurun.

6. Ketersediaan

Per Agustus 2021, jaringan 4G tersedia hampir di seluruh dunia, kecuali desa terpencil/pelosok yang minim akses seluler. Sedangkan untuk jaringan 5G masih tersedia terbatas di kota-kota besar di dunia.

Setelah membaca penjelasan tentang perbedaan jaringan 4G dan 5G di atas, pasti anda semua menyimpulkan jaringan 5G lebih baik daripada 4G.

7. Arsitektur

Tidak seperti 4G, teknologi 5G dirancang untuk memanfaatkan Radio Access Network berbasis cloud atau virtual. Teknologi RAN berfungsi untuk membangun jaringan terpusat mereka sendiri.

Operator bahkan bisa memanfaatkan Data Center lokal untuk menyediakan koneksi internet yang secara konsisten lebih cepat dan lebih handal bagi pengguna.

8. Kecerdasan Perangkat

5G memiliki kemampuan untuk membedakan perangkat fixed dan mobile, serta menggunakan teknik-teknik radio kognitif untuk mengidentifikasi tiap perangkat dan menawarkan kanal yang paling tepat.

Ini artinya setiap pengguna akan mendapatkan koneksi internet yang lebih cepat dibandingkan 4G, yang disesuaikan dengan kemampuan perangkat mereka dan lingkungan penerimaan sinyal setempat.

Saya pikir juga demikian, namun untuk saat ini sangat sedikit ponsel yang mendukung jaringan 5G, selain itu penyebarannya juga belum merata. Untuk beberapa tahun lagi, pastinya jaringan 5G ini bisa tersedia secara merata.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *