oleh

7 Resep Masakan Idul Adha Yang Bisa Anda Masak & Enak Rasanya

7 Resep Masakan Idul Adha Yang Bisa Anda Masak & Enak Rasanya – Alhamdulilah tak terasa waktu berjalan begitu cepat, baru saja kita berjumpa dengan hari raya idul adha. Pastinya di hari raya daging sapi dan daging kambing ada dimana-mana. Ya mungkin ada juga qurban daging unta, tapi jarang-jarang kalau di Indonesia. Nah, banyak ibu rumah tangga yang ingin mengolah daging tersebut menjadi makanan apa.

Sebenarnya banyak sekali menu makanan yang enak dan khas spesial idul adha. Bagaimana, mungkin diantara anda banyak yang ingin tahu kira-kira menu makanan khas idul adha yang enak dan lezat apa saja ya?, serta digemari anak-anak dan bapak-bapak?. Nah berikut di bawah ini terdapat beberapa referensi menu makanan khas idul adha yang bisa anda buat masakan.

Resep Masakan Idul Adha

1. Sate

Menu pertama khas idul adha yang enak sekali dan pastinya orang Indonesia banget yaitu Sate. Memang memasak sate sanagt mudah & simpel. Untuk membuat menu makanan ini, anda hanya harus memotong daging menjadi kecil-kecil, siapkan juga bumbu khas sate dan tusuk dari bambu untuk memanggang sate.

Setelah itu bakar sate di atas arang yang sudah disiapkan, setelah itu sate sudah siap untuk dilahap. Hampir setiap anak menyukai sekali sate, baik sate sapi ataupun sate kambing, karena makan daging bisa juga menghilangkan stress. Dan terkadang beberapa orang tidak suka karena bau prengus dari kambing yang keluar.

2. Resep Masakan Idul Adha – Sop Buntut

sop buntut

Nah bagi anda yang tidak hanya mendapatkan daging, melainkan mendapatkan buntut juga, anda bisa membuat sop buntut. Menu makanan ini merupakan salah satu makanan yang wajib ada di hari raya idul adha. Selain sehat dan menggiurkan, sop ini juga sangat memanjakan lidah. Dijamin anak-anda dan suami anda menyukai menu idul adha ini.

3. Gule

Baik gule sapi maupun gule kambing merupakan masakan yang pasti ada di hari raya idul adha, bumbu yang gurih dan aroma kuah daging menjadi ciri khas masakan ini. Hampi semua ibu rumah tangga bisa memasak menu makanan gule ini, akan lebih enak jika anda memasak gule yang terdapat daging sumsumnya, hehehehe.

4. Resep Masakan Idul Adha – Steak

steak daging

Makanan khas idul adha berikutnya mungkin agar kebarat-baratan. Nah mungkin diantara anda ada yang sering makan steak?, entah mengapa steak sendiri menjadi menu andalan idul adha khususnya untuk anak-anak. Karena banyak yang menyukai sekali ketika tekstur daging digigit dan rasa khas sapi pun meresap kelidah secara cepat.

5. Rendang

Berikutnya ada rendang. Mungkin anda yang sering ke warung makan nasi padang pernah membeli makanan ini, harganya yang mahal menjadikan hanya beberapa orang yang ingin membelinya, namun di hari raya idul adha ini, anda bisa membuat makanan ini gratis.

Rendang pernah menjadi makanan paling enak di dunia lho, dan sudah dinobatkan gaes. Jadi, jika anda bertanya rasanya enak atau tidak, saya tidak perlu menjawabnya gays, hehehe.

6. Tengkleng

tengkleng

Resep masakan idul adha berikutnya yaitu Tengkleng. Menu ini merupakan menu  khas solo yang sebenarnya tidak jauh berbeda dari gulai kambing akan tetapi biasanya lebih encer lagi. Nah, sebenarnya tengkleng ini merupakan kombinasi tulang, daging dan jeroan dimana diracik dengan bumbu khusus. Namun makanan ini jarang disukai anak-anak, akan tetapi bapak-bapak kebanyakan suka.

7. Tongseng

Makanan khas idul adha berikutnya yaitu ada Tongseng. Seringkali kita menemukan tongseng ayam, nah di hari raya idul adha anda bisa membuat makanan spesial yaitu tongseng kambing dan sapi. Untuk beberapa orang dimixs juga bisa, akan tetapi tergantung lidah masing-masing kira-kira bakal doyan atau enggak.

Tongseng merupakan makanan seperti gulai akan tetapi lebih dicampur lagi dengan rempah-rempah seperti jahe, kayu manis, cengkeh serai dan masih banyak lagi.

Jadi itulah beberapa resep masakan idul adha yang bisa anda masak di rumah. Bagaimana, kira kira anda tertarik ingin membuat menu khas idul adha yang mana nih?, kalau saya lebih suka gule dan sate gays, semoga aja sama, hehehe. Sekian artikel ini, semoga bermanfaat untuk anda semua, sekian dan terima kasih.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *