7 Situs Download Custom ROM Android Terbaik dan Gratis

Situs Download Custom ROM Android Terbaik dan Gratis – Android merupakan sistem operasi Open-Source, yang mana siapa saja dapat membuat, mendistribusikan, memodifikasi kode sumber aslinya.

Hal ini dimanfaatkan oleh banyak pengembang dengan membuat custom ROM yang mungkin memiliki fitur tambahan hingga tampilan yang lebih bagus daripada ROM aslinya.

Untuk mendapatkan custom ROM tersebut sangatlah mudah dan gratis, caranya adalah dengan mengunjungi situs-situs penyedia custom ROM. Selain custom ROM, ada juga yang menyediakan ROM asli bawaan ponsel. Langsung saja berikut situs-situsnya!.

Situs Download Custom ROM Android Terbaik dan Lengkap

1. Theunlockr.com

Yang pertama ada situs the unlockr yang menyediakan ribuan ROM android baik asli maupun custom. Bermacam jenis ROM merk ponsel tersedia di situs ini.

Selain itu, terdapat banyak tutorial teknologi, How to, dan online shop yang menyediakan spare part ponsel. Ketika artikel ini dibuat, di toko onlinenya hanya ada spare part iPhone, namun mungkin ke depannya juga menyediakan spare part untuk Android.

2. Lineageos.org

LineageOS.org adalah situs organisasi yang menyediakan banyak sekali custom ROM untuk smartphone android. Sedangkan LinegaeOS sendiri adalah sistem operasi dengan sumber terbuka dan bebas untuk smartphone Android. OS ini merupakan suksesor dari CyanogenMod yang telah dihentikan pada Desember 2016.

Anda bisa mendapatkan ROM nya di halaman download.lineageos.org. Selain itu, pada situs lineage.org juga tersedia blog yang mengulas tutorial teknologi secara lengkap, bahkan juga terdapat komunitasnya, salah satunya adalah di discord.

3. Sammobile.com

sammobile

Situs ini merupakan situs penyedia firmware Samsung yang sudah cukup lama eksis. Hampir semua ROM ponsel samsung ada di situs ini. Jadi, bagi anda pengguna samsung yang ingin mengganti ROM, ini adalah situs paling rekomended.

Untuk mengunduh firmware disini, terdapat 2 pilihan, yakni download biasa, dan join to download, yang mana, anda bisa mengunduh file lebih cepat dengan bergabung terlebih dahulu, kemudian melakukan download. Jika bergabung, anda harus membayar terlebih dahulu di situs ini.

Bahkan, anda bisa membeli ponsel samsung pada situs ini. Selain itu, banyak informasi dan tutorial mengenai samsung yang terdapat pada sammobile.com. Intinya, semua mengenai samsung ada pada situs ini.

Baca Juga :

4. Cyanogenmods.org

Meskipun sudah dihentikan dan diteruskan oleh LineageOS, Cyanogenmods juga merupakan salah satu Custom ROM terbaik saat ini pada ponsel android.

Pada situs resminya, memang sudah tidak tersedia Custom ROM Cyanogenmods, namun masih ada fitur lainnya seperti mod apk, dan apk downloader.

Untuk ROM Cyanogenmods, mungkin anda bisa mendapatkan di situs situs lain yang masih menyediakan.

5. Leakite.com

Tampilan leakite.com terbilang sederhana, mumgkin situs ini menggunakan platform wordpress. Tidak kalah dengan situs lainnya, leakite ini juga menyediakan firmware/rom berbagai merk ponsel android.

Bagi anda yang ingin menyampaikan pesan dan kesan, terdapat forum dalam situs ini, anda bisa mengakses forumnya pada link forum.leakite.com.

6. Omnirom.org

Selanjutnya ada Omnirom, yang menyediakan berbagai custom rom dan rom asli untuk ponsel android. Untuk mengunduh file pada situs ini, anda tidak perlu mendaftar. Cukup klik firmaware ponsel yang anda inginkan kemudian download.

Tersedia juga artikel tutorial seputar teknologi dan ROM ponsel.

7. Aospextended.com

aosp extended

Rekomendasi terakhir ada AOSP Extended yang juga menyediakan banyak firmware yang bisa diunduh secara gratis.

Uniknya, situs ini juga terhubung dengan salah satu forum teknologi terbesar di dunia, XDA Developers.com, anda bisa membuat akun dan beropini mengenai keluhan pada gadget anda.

Jadi itulah beberapa rekomendasi situs custom rom android yang bisa anda kunjungi untuk download rom custom dan rom asli untuk ponsel android. Semoga bermanfaat ya, jangan lupa berkunjung kembali!.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 komentar