√ 7 Cara Mencegah Penipuan Online Dalam Transaksi Jual Beli

Cara Mencegah Penipuan Online Dalam Transaksi Jual Beli – Jika dulu kita membeli barang harus di pasar ataupun swalayan, dimana harus beli dengan uang ataupun barter dengan barang, kini sudah bisa melalui transaksi. Entah itu lewat bank, bahkan saat ini lewat dompet digital pun juga bisa. Namun disamping itu tak bisa dipungkiri juga mengenai bahaya transaksi jual beli.

Seperti banyaknya kasus penipuan, sudah bayar berjuta-juta akan tetapi produk yang sudah disepakati tak kunjung dikirim ataupun datang ke rumah. Tentu saja kalau sudah seperti akan merugikan sekali, belum lagi jika biaya yang sudah dikeluarkan sudah banyak.

Apalagi kalau uang tersebut merupakan hasil jerih payah kita menabung, dan pada akhirnya cuma kena tipu. Sebagai netizen yang cerdas kita pun harus cerdas juga dalam transaksi online dalam jual beli sesuatu. Ada beberapa pencegahan agar anda tidak terkena penipuan dalam transaksi jual beli.

Memang sih banyak orang yang sudah tahu, akan tetapi walaupun sudah tahu masih banyak juga yang menghiraukannya. Kemungkinan ada beberapa hal saja yang baru diketahui, karena yang namanya teknologi semakin canggih apa apa bisa diedit dan dimanipulasi.

Contohnya seperti struk transfer dari bank yang dimana saat ini mudah sekali untuk dipalsukan. Maka dari itu biar lebih sreg lagi dalam transaksi jual beli. Berikut silahkan simak cara mencegah penipuan dalam transaksi jual beli.

Cara Mencegah Penipuan Online Dalam Transaksi Jual Beli

1. Cek Profil Media Sosial

Pertama apabila kalian membeli suatu produk dari toko online atau perorangan, silahkan mengecek semua profil media sosialnya. Mulai dari facebook, instagram, dan masih banyak lainnya. Jika seorang penipu, biasanya banyak foto-foto palsu yang bukan si penjual.

Selain itu terkadang juga hanya ada sedikit foto serta dan akunnya kelihatan fake banget. Selain itu, umur akun yang masih sebentar, untuk mengetahuinya, anda bisa melihat postingan pertama pada akunnya.

2. Minta Pendapat Di Grup Terpercaya

grub terpercaya

Apabila anda memiliki suatu komunitas dan di situ benar benar terpercaya orang-orangnya, maka anda bisa memanfaatkan grup tersebut untuk mengetahui informasi yang real. Jadi kalian bisa minta pendapat, siapa tahu ada satu dua yang pernah beli. Lalu kalian bertanya apakah di situ toko onlinennya atau orang yang menjua terpercaya atau tidak. Lihat tanggapan apa yang mereka berikan.

3. Lakukan Rekber dengan Orang Terpercaya

Cara mencegah penipuan online dalam transaksi jual beli yang sering dilakukan saat ini yakni lakukan rekber dengan orang terpercaya. Rekber sendiri merupakan rekening bersama, dimana ada perantara orang, dimana kalian akan bertransaksi dengan jual beli.

Ibaratnya ada orang ketiga yang paling aman dan terpercaya. Disitu kalian gak bakal ketipu, karena sudah terbukti dan terpercaya. Salah satu rekber terpercaya menurut admin ada pak tri, atau anda juga bisa melakukan rekber melalui saya. Silahkan cek aja di google sudah banyak yang mengulas.

4. Jangan Pulber/Pulsa Bersama, Karena Kebanyakan Penipu

rekber

Selain REKBER sebernya ada Pulber atau pulsa bersama, akan tetapi banyak yang mengeluarkan keluhan bahwa pulber itu banyak sekali penipu ataupun rippernya. Maka dari itu saya wajibkan untuk hindari hal ini. Jika di awal mereka minta pulber, lebih baik anda hindari, sebisanya anda minta untuk rekber/rekening bersama.

Baca Juga :

5. Cek KTP Dan Nomer Rekening

Cara berikutnya silahkan cek ktp si penjual dan nomer rekening si penjual. Sebenarnya kalau kalian ahli dalam edit, jika kirim foto saja sudah cukup. Akan tetapi bagi kalian yang masih pemula banget dalam memantau foto itu editan atau tidak, maka anda bisa mengajak si penjual untuk video call, karena ini hanya untuk memastikan saja. Apabila tidak mau dan enggan selalu menghindar ini ada indikasi sebagai penipu.

6. Minta Testimoni

testimoni

Anda juga bisa meminta testimoni dari penjual, seperti minta chat testimoni pembeli, dan struk pembayaran. Hal ini wajib anda lakukan agar anda semakin percaya kepada penjual, bahwa ia bukan penipu. Jika penjual tidak ingin memberikan testimoni, mending lewati saja.

7. Jangan Sesekali Mengirimkan Uang Terlebih Dahulu

Untuk terakhir, jangan sesekali anda melepas uang anda jika memang anda belum pernah bertemu dengan orang itu atau orang itu tidak pernah muncul di grup. Karena biasanya sekarang ini orang-orang mudah sekali mengirimkan uang kepada orang tidak dikenal, dan orang tersebut kemudian menghilang.

Jadi itulah mengenai cara mencegah penipuan online dalam transaksi jual beli. Intinya sih jangan kirim uang dulu, sebelum anda melakukan semua cara di atas ini. Dulu saya pernah sih ketipu 150 ribu karena beli akun ig, karena dulu juga belum tahu banget semua hal di atas.

Maka dari itu agar anda semua gak ketipu dan gak rugi seperti saya, wajib melakukan cara-cara di atas. Sekian dan terima kasih. Jika ada masukan atau poin yang kurang, masukkan saja pada kolom komentar di bawah.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar

  1. saya juda dulu pernah ketipu ini min. gara2 pakai rekber abal2,dan testimoninya juga abal2, skarang udah berhati2 banget kalau lakukan transaksi,