7 Software Mastering Audio Terbaik Yang Bisa Anda Coba

Software Mastering Audio Terbaik Yang Bisa Anda Coba – Banyak pemula yang bermain di dunia musik masih bingung sekali dengan dua istilah, mulai dari mixing dan mastering. Padahal kedua istilah tersebut benar benar beda, namun banyak yang menganggapnya sama saja. Perlu anda ketahui bahwa mixing sendiri adalah suatu proses menggabungkan setiap track agar lebih balance, pada saat record sendiri pastinya berbagai suara ataupun track campur aduk jadi satu.

Sedangkan mastering sendiri merupakan pemolesan hasil mixing agar dimana nantinya biar lebih bagus lagi. Ibaratnya kalau ada kayu disemprot dan dipoles dulu biar hasilnya lebih bagus dan lebih kinclong lagi. Nah, demikian juga dengan lagu ataupun track, dipoles dan dirapikan dulu biar lagu ataupun album buatan anda enggak kaleng-kaleng.

Berbicara mengenai mastering audio tentu saja kita perlu membutuhkan sebuah software untuk membantu mastering audio. Ibaratnya memoles kayu itu harus menggunakan alat bantu seperti sikat dan sebagainya, maka demikian pula dengan lagu ataupun track yang harus dipoles dengan menggunakan software.

Namun untuk menjalankan software, kalian juga memerlukan peralatan yang memadai agar lancar dan tidak lag ataupun sebagainya. Bagi anda yang belum tahu apa saja sih software yang bisa digunakan untuk mastering audio, kalian tidak perlu khawatir. Karena di bawah ini saya memberi tahu anda beberapa rekomendasi software editing audio terbaik yang wajib anda coba agar hasil rekaman anda semakin mantul.

Software Mastering Audio Terbaik Rekomended

1. Adobe Audition

Software pertama yang bisa membantu dalam mempoles lagu anda biar lebih fresh dan yummy yakni anda bisa menggunakan adobe audition. Tentu saja produk dari adobe ini sudah tidak kaleng-kaleng lagi, kita bisa lihat kegunaan dari sisi lain produk adobe.

Seperti adobe photoshop, dan sebagainya di mana sudah terbukti kualitasnya. Demikian juga adobe audition yang memiliki berbagai macam fitur untuk membantu mengembangkan lagu anda.

Dalam hal mastering tentu saja juga akan berfungsi dengan maksimal, dan terdapat juga satu fitur yang benar benar memiliki manfaat yang besar. Fitur tersebut bernama Auto Ducking, ini berfungsi untuk mencari dimana kamu ingin menaikkan ataupun menurunkan suara latar belakang. Ini tentu saja dibekali teknologi AI yang bernama Adobe Sensei.

2. Audacity

audacity software

Ini merupakan salah satu software audio mastering terbaik yang wajib anda coba. Di software ini sendiri memiliki berbagai macam efek lagu yang cukup lengkap. Mulai dari bass, treble, distorsi, dan masih banyak lagi. Walaupun fiturnya begitu lengkap, akan tetapi semua hal tersebut disediakan secara gratis. Wow sangat mantep bukan?.

Selain itu, audacity support berbagai macam format lagu, so kalian tidak perlu khawatir. Banyak para pemain-pemain yang sudah menggunakan aplikasi ini.

3. Presonus Studio One

Berikutnya ada presonus studio one yang dimana membantu anda dalam memoles ataupun mastering audio kalian ataupun musik kalian agar lebih mantep lagi. Namun sayangnya untuk pemula jangan menggunakan software ini karena lumayan susah, kecuali memang anda sudah niat belajar siang malam.

Bagi kalian yang tidak sabaran, bisa gunakan software di atas. Terdapat hal yang menarik seperti adanya dukungan untuk trek, bahkan sampai chord track studio one. Dalam hal tersebut tentu saja memiliki fitur seperti modulasi kunci, substitusi akor, dan protoyping lebih gampang.

4. Reaper

reaper audio mastering

Selanjutnya yakni Reaper, software editing audio yang kaya fitur. Reaper hadir dengan dukungan untuk banyak trek, dan memiliki dukungan multichannel yang bagus dengan 64 saluran di setiap trek.

Reaper juga memiliki kemampuan untuk live record audio ke file audio mono, stereo, atau bahkan multichannel. Selain itu, software ini memiliki kemampuan untuk merekam ke beberapa disk secara bersamaan .

Dengan Reaper, Anda dapat menerapkan banyak efek yang anda butuhkan. Reaper juga mendukung sebagian besar format musik populer bersama dengan beberapa format file musik yang tidak terlalu populer di luar sana. Seperti ACID, AIFF, AVI, BWF, CDDA, EDL, FLAC, KAR, MIDI, MOGG, MOV, MP3, MPEG, OGG VORBIS, OGG OPUS, QT, RADAR, REX2, SYX, W64, WAV, WAVPACK, WMV dan masih banyak lagi.

Baca Juga :

5. Ableton Live

Software ini mendukung audio dan trek MIDI tanpa batas sehingga anda bisa memasukkan sebanyak apapun lapisan trek ke dalam proyekmu. Selain itu, ada juga dukungan MIDI capture, 256 mono input channels dan 256 mono output channels.

Dibalik kelebihannya, Ableton Live tidak dilengkapi dengan beberapa fitur yang umum ada di sebagian besar software editing audio lain. Kekurangan terbesar yakni tidak ada koreksi nada, dan menambahkan efek audio seperti memudar.

Ableton mendukung hampir semua format file musik di luar sana termasuk WAV, AIFF, AIFF-C, FLAC, OGG Vorbis, RIFF, PCM, MP3 dll. Namun, software ini berbayar ya teman teman, hehehe.

6. Cubase

cubase mastering audio

Cubase merupakan software editing audio di daftar berikutnya. DAW ini hadir dengan fitur yang cukup banyak. Ada equalizer frekuensi yang memungkinkan Anda melakukan pengeditan frekuensi yang sangat rumit ke trek Anda, fitur Pan Otomatis yang memungkinkan Anda bermain-main dengan trek.

Selain itu terdapat Plugin cubase sentinel didalamya. Yakni, setelah and menginstal software ini, ketika anda menyalakan laptop anda, Plugin Cubase Sentinel akan secara otomatis memindai file musik untuk memastikan bahwa file file tersebut valid dan tidak akan membahayakan sistem Anda.

Tidak ketinggalan, ada juga fitur yang disebut Audio-in, yang memungkinkan Anda menggunakan filter dan efek secara terpisah. Cubase menawarkan uji coba gratis sehingga Anda dapat memeriksanya sebelum memutuskan apakah Anda ingin membelinya atau tidak. Karena harganya yang cukup mahal ya untuk pemula, yakni sekitar 1.6 juta rupiah.

7. Ardour

Rekomendasi terakhir untuk mastering audio dengan fitur terbaik ada ardour. Ini bisa digunakan pada windows, macOS, dan bahkan linux sekaligus. Dilengkapi juga berbagai macam fitur mulai dari pemotongan, crossfades, dan transposisi sekaligus. Pokoknya dijamin ini bisa mempermudah anda dalam mastering audio, bahkan ada juga fitur undo dan redo yang bisa membuatmu semakin leluasa dalam editing.

Jadi itulah beberapa software mastering audio terbaik yang bisa anda coba baik secara gratis maupun berbayar. Saya sarankan, jika anda pemula, lebih baik anda menggunakan yang gratisan saja, dan jika anda sudah expert dan kebutuhan anda sudah banyak, anda bisa menggunakan yang versi berbayar. Oke, sekian artikel ini, semoga bermanfaat, terima kasih.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *