6 Cara Agar Streaming Video Lancar Tanpa Buffering

Cara Agar Streaming Video Lancar Tanpa Buffering – Saat ini kaum muda suka sekali dengan yang namanya rebahan, karena memang nyaman sekali. Rebahan biasanya juga ditemani aktivitas lain yakni streaming video. Entah itu menonton video drama korea, kartun, anime, film bioskop, dan serial film menarik lainnya. Tentu saja saat melakukan streaming video terkadang tidak selalu lancar, pasti ada bufferingnya.

Kecuali jika sudah didownload maka kemungkinan lancarnya 100%, sedangkan jika streaming maka masih ada kemungkinan untuk buffering dan sebagainya. Salah satu faktor yang begitu mempengaruhi dalam tingkat kelancaran streaming seperti smartphone yang digunakan, sinyal kartu, dan kuota.

Namun perlu kalian ketahui terdapat beberapa faktor lain juga yang mampu mempengaruhi tingkat kecepatan dan kestabilan pada saat streaming nonton video. Mungkin diantara kalian ada yang ingin tahu kira kira bagaimana sih cara streaming video lancar tanpa buffering di hp android maupun di pc?.

Jangan khawatir sob, karena di bawah ini dijelaskan cara streaming video online lancar. Langsung saja simak tipsnya di bawah ini.

Cara Agar Streaming Video Lancar Di Android Dan PC

1. Bersihkan Cache Yang Menumpuk

Cache sendiri merupakan secuplik aktivitas anda dalam menggunakan berbagai macam aplikasi yang sudah anda jalankan di hp android. Misalnya baru saja buka game, dan sudah menutup kembali maka ada beberapa cache yang tersisa dan menumpuk di hp kalian.

Semakin anda sering membuka apk, maka secara otomatis file cache pun juga semakin banyak. Dengan kata lain ini mempengaruhi tingkat performa dalam koneksi internet ataupun kelancaran memproses suatu aplikasi atau browser yang dijalankan untuk menonton film.

Jika di komputer anda cukup tutup aplikasi ataupun software yang berjalan saja sudah beres.Atau anda bisa restart pc atau komputer, lalu coba untuk streaming seperti biasanya. Cache ini sering juga disebut file sampah, anda bisa menghapusnya secara keseluruhan di hp android dengan masuk ke Pengaturan > Penyimpanan > Cache > klik cache, kemudian hapus. Atau anda bisa menggunakan aplikasi pembersih seperti Clean Master.

2. Gunakan Software Mempercepat Koneksi (Khusus PC/Laptop)

software mempercepat internet

Berikutnya khusus pc nih, karena untuk android beberapa aplikasi terkadang tidak berfungsi jadi hanya sama saja, akan tetapi di pc mimin menemukan software yang pas dan cocok banget dijalankan untuk mempercepat koneksi. Namanya softwarenya flashspeed dan bywifi Video, akan tetapi ada syaratnya agar anda bisa nonton streaming lancar. Uakni kalian paling tidak harus memiliki koneksi minimal 153kb/s, jika kurang maka tidak bisa.

3. Uninstall Aplikasi Dan Buang Widget Yang Tidak Berguna

Cara berikutnya agar kalian bisa menikmati streaming lancar tanpa ngelag sama sekali ataupun buffering yakni silahkan copot saja aplikasi dan widget yang gak berguna yang terdapat di pc ataupun handphone. Karena ini benar benar sangat mempengaruhi sekali.

Koneksi lamban biasanya dikarenakan saking banyaknya pembagian bandwith sehingga jadi lemot. Maka dari itu semakin sedikit aplikasi ataupun software yang menggunakan bandwithnya maka anda akan semakin lancar dalam streamingnya.

4. Cara Agar Streaming Video Lancar Menggunakan Internet Cepat Seperti Wifi Id

wifi

Jika memang anda ingin streaming video dengan lancar, gunakan sambungan internet yang cepat juga. Seperti wifi id, dan sambungan wifi di atas 10Mbps. Karena dengan menggunakan wifi, kemungkinan streaming lelet tidak akan terjadi, hehehe.

Baca Juga :

5. Turunkan Kualitas Video

Seperti di youtube dan situs streaming lainnya, jika memang kecepatan internet anda lelet, maka turunkan kualitas video. Misal yang tadinya berkualitas 1080p, turunkan menjadi 720p.  Atau jika untuk musik, maka turunkan ke yang paling rendah, karena yang dibutuhkan disini hanya suaranya, bukan gambarnya, anda bisa menurunkan dari 1080p ke 144p.

6. Update Flash Player

flash player

Flash player merupakan salah satu plugin yang memang benar benar harus terpasang di suatu browser karena ini membantu memuat video yang ada di internet. Maka dari itu terkadang ketika kita tidak menginstall plugin ini sering kali kita tidak bisa mengakses suatu video.

Dalam hal ini posisi flash player sangatlah penting, walaupun ukuran terbilang kecil, akan tetapi manfaatnya begitu besar. Agar streaming anda juga berjalan dengan lancar maka anda juga perlu selalu update karena jika menggunakan flash player lama bisa bisa mudah lag dan buffering.

Jadi itulah keempat cara agar streaming video online tanpa buffering entah itu di komputer dan android. Jangan lupa juga untuk menggunakan koneksi ataupun jaringan yang lancar agar tidak ngelag, karena itu juga berperan penting. Semoga bermanfaat untuk anda semuanya, sekian, dan terima kasih.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *