5 Cara Mengatasi Tidak Bisa Kirim SMS Di Android

5 Cara Mengatasi Tidak Bisa Kirim SMS Di Android – Tidak semua orang menggunakan sosial media untuk berkomunikasi, terkadang masih banyak juga yang menggunakan sms untuk komunikasi. Namun sayangnya sering kali masalah muncul pada ponsel yakni tidak bisa mengirim pesan. Jadi tiba tiba ketika kita ingin mengirimkan sebuah pesan akan tetapi tiba tiba malah tidak mau terkirim dan gagal begitu saja.

Hal ini bisa terjadi di semua merk hp mulai dari Oppo, Xiaomi, Lenovo, Nokia, Samsung, LG, Vivo, Realme, dan lainnya. Permasalahan seperti ini sering banyak yang tidak tahu cara mengatasinya, akan tetapi kalian tidak perlu khawatir karena di bawah ini akan dijelaskan cara mengatasinya.

Namun alangkah baiknya kalian juga perlu mengetahui beberapa penyebab yang membuat kita tidak bisa mengirim pesan ataupun sms ke teman kita. Mulai dari kesalahan konfigurasi pada smsc serta kartu yang bermasalah. Jika dilihat-lihat banyak juga loh yang mengalami hal ini dan menganggap bahwa hp nya yang rusak.

Padahal jika diperhatikan secara rinci lagi bisa saja dikarenakan kartu yang sedang bermasalah ataupun servernya sedang down. Biar lebih jelas lagi dan tidak miskomunikasi anda mengetahui cara mengatasi tidak bisa kirim sms di hp android.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Kirim SMS Di Android

1. Cek Pulsa Terlebih Dahulu

Cara pertama untuk mengatasinya yakni silahkan cek terlebih dahulu pulsa milik anda. Jadi pokoknya cek dulu kira kira pulsa masih bisa dibuat sms atau tidak, jika habis maka itu wajar, akan tetapi jika pulsa masih namun tidak mau mengirim maka itu baru problemnya.

2. Cek Apakah Baru Down Atau Tidak Operator Yang Anda Gunakan

server down

Berikutnya untuk mengatasi permasalahan tidak bisa kirim sms yakni silahkan kalian cek apakah operator ataupun provider yang kalian gunakan sedang down ataupun maintance atau tidak. Jika sedang maintance ataupun down maka itu wajar.

Untuk mengeceknya sendiri anda bisa bertanya ke teman kalian sesama pengguna kartu operator yang anda gunakan. Misalnya saja anda menggunakan kartu three, anda bisa bertanya saudara ataupun teman anda yang menggunakan kartu three juga.

3. Cek Masa Tenggang Kartu Provider/Operator Anda

Untuk mengecek masa tenggang kartu pun juga sangat penting. Walaupun anda memiliki pulsa banyak akan tetapi sudah memasuki masa tenggang maka tak bisa dipungkiri lagi apabila anda tidak dapat mengirim sebuah pesan ataupun sms ke teman ataupun pacar anda.

Jadi pastikan kartu yang kalian gunakan tersebut tidak berada di masa tenggang ya. Kalian bisa memperpanjang dengan mudah kok, tinggal isi pulsa maka secara otomatis bisa langsung perpanjang untuk beberapa kartu provider.

Baca Juga :

4. Cek SMSC

smsc

Perlu anda ketahui biasanya kesalahan setting ataupun konfigurasi smsc ini sering terjadi pada hp keluaran lama. Untuk hp-hp jaman now sih sudah jarang banget masalahnya muncul karena hal tersebut. Maka dari itu bagi kalian yang menggunakan hp jaman old, tak bisa dipungkiri lagi untuk mengecek smsc. Caranya pun juga gampang kok untuk mengeceknya, tinggal masuk ke pesan setelah itu klik titik tiga pada pojok kanan.

Berikutnya tinggal seperti ini Pengaturan Pesan Teks > Pusat Pesan / SMS Center , dan cek serta atur konfigurasi sesuai provider ataupun operator yang kalian gunakan. Di bawah ini terdapat beberapa kode yang perlu kalian sesuaikan.

Telkomsel+6281100000
XL+62818445009 atau +628184450095 (coba satu-satu)
Indosat+628216124 (Ooredoo) atau +628550000 (IM3)
AXIS+628315000032
Smartfren+628811223344
Tri (3)+6289644000001

5. Pastikan Di Tempat Anda Ada Sinyal

Jika memang tidak bisa sms karena sinyal naik turun antara ada sinyal dan hanya panggilan darurat, saya sarankan jangan mengirim sms terlebih dahulu. Karena sinyalnya tidak stabil, bisa saja sms anda pending, dan pulsa anda justru habis tersedot.

6. Cek Slot SIM Hp

slot sim rusak

 

Itu biasanya bisa juga terjadi karena slot SIM hp yang error/rusak. Apabila anda bimbang antara yang rusak slot simnya atau hpnya yang rusak, maka silahkan kalian bawa saja ke konter ataupun tempat service agar masalah yang anda alami langsung kelar dan normal kembali. Walaupun membayar, yang penting bisa sms lagi ataupun kirim pesan lagi.

7. Cek Kondisi Fisik SIM

Jika kondisi handphone baik-baik saja, begitupun dengan slot simnya, fix yang bermasalah itu kartu SIMnya. Buka handphone anda dan cek kartu simnya, apakah ada kerusakan di kuningannya, sepert tergores, retak halus, dan semacamnya. Jika iya, silahkan perbaiki/perbarui kartu SIM di galeri operator terdekat di kota anda.

Dengan beberapa cara di atas, saya rasa kartu SIM anda bisa normal kembali. Sekian tips di atas, semoga dapat membantu anda semua dan bermanfaat. Sekian, dan terima kasih.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *