10 Cara Mengatur Keuangan Pribadi Dengan Gaji Kecil Semua Kalangan

10 Cara Mengatur Keuangan Pribadi Dengan Gaji Kecil Semua Kalangan – Bagi kalangan menengah ke atas, mungkin mencari uang sangatlah mudah, karena mereka cenderung memiliki bisnis besar yang bisa menghasilkan pendapatan luar biasa.

Namun, bagaimana jika merupakan kalangan menengah ke bawah yang mempunyai penghasilan pas-pas an bahkan tidak cukup?. Apalagi jika anda sudah berumah tangga dan memiliki keluarga sendiri. Mengatur pengeluaran sangatlah dibutuhkan untuk hal tersebut.

Sebenarnya banyak cara mengelola keuangan dalam rumah tangga, tergantung bagaimana pola dan gaya hidupnya. Selain untuk seseorang yang sudah berkeluarga, mengatur keuangan sejak dini sangat diperlukan. Hal ini dibutuhkan untuk masa depan orang itu sendiri.

Berbicara mengenai bagaimana caranya mengatur keuangan pribadi, banyak sekali ya teman-teman. Disini saya hanya menuliskan beberapa cara pokok yang wajib anda lakukan jika anda ingin sukses. Langsung saja berikut beberapa cara mengatur keuangan dengan mudah.

Cara Mengatur Keuangan Pribadi Dengan Gaji Kecil

1. Mengukur Pengeluaran Dari Pendapatan

Jika anda adalah seseorang yang sudah mendapatkan penghasilan sendiri, mengatur keuangan adalah hal yang wajib. Jadi, anda harus bisa mengatur pengeluaran dari gaji/pemasukan anda. Usahakan pengeluaran anda harus lebih sedikit dari pemasukan anda. Jangan malah sebaliknya.

Banyak anak muda sekarang yang hanya menikmati kesenangan semata dan uang digunakan untuk foya-foya dan tidak digunakan untuk masa depan. Jadi, pada akhirnya mereka tidak mendapatkan apa-apa dikarenakan hal tersebut.

2. Merencanakan Masa Depan

Sejak dini, anda pasti pernah ditanya kalau besar mau jadi apa. Ya, saya pun juga demikian. Ini adalah hal yang penting. Jadi, sejak kecil anda sudah diajarkan untuk merencanakan masa depan, dan jika anda sudah menentukan masa depan, pastinya anda akan fokus bagaimana anda bisa menggapainya.

3. Konsisten Untuk Sukses

konsisten sukses

Sukses, semua orang pastinya ingin sukses. Tapi hanya ada beberapa orang saja yang benar-benar sukses. Mengapa demikian?, karena mereka yang sukses memang benar-benar konsisten mengerjakan apa yang mereka anggap bisa membuat sukses. Artinya, mereka percaya dan pantang menyerah.

Sedangkan bagi mereka yang berpikir sukses, kemudian gagal. Itu adalah mereka yang berhenti di tengah jalan. Jalan menuju sukses sangatlah banyak, salah satunya mengatur keuangan untuk menunjang sesuatu yang bisa membuat anda sukses.

4. Menyusun Rencana Jangka Panjang

Nah, orang yang cerdas adalah mereka yang mempunyai rencana jangka panjang. Misalnya anda sudah mempunyai target sejak kecil ingin menjadi dokter, umur 25 menikah, umur 30 mempunyai bisnis besar, dan sebagainya. Nah, itulah yang dinamakan rencana jangka panjang, dan anda semua wajib memiliki hal ini.

5. Melakukan Investasi

Untuk investasi, mungkin sebagian dari anda sudah mengerti, dan ada pula yang belum mengerti. Investasi adalah penanaman modal pada suatu perusahaan atau organisasi yang ditujukan untuk mendapatkan keuntungan di kemudian hari. Banyak sekali bentuk investasi.

Anda bisa melakukan investasi di beberapa perusahaan yang anda minati. Jangan sesekali berinvestasi kepada perusahaan, organisasi, atau kelompok yang belum memiliki kepercayaan dan nama. Karena bisa saja uang anda hilang, bukannya bertambah.

6. Jauhi Sifat Konsumtif

perilaku konsumtif

Sifat konsumtif adalah suatu kegiatan/sifat yang bertujuan mengurangi atau menghabiskan daya/materi guna suatu benda, baik berupa barang maupun jasa, untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan secara langsung dan tidak memikirkan dampaknya.

Dampak negatif dari hal ini adalah anda bisa saja menghabiskan semua uang anda saat itu juga hanya untuk kesenangan semata. Jadi, kurangi dan hilangkan sifat ini, karena sifat ini sangat merugikan dan saya rasa ini adalah cara mengatur keuangan pribadi dengan gaji kecil yang paling penting.

7. Membeli Barang Yang Sama Dengan Harga Yang Murah

Salah satu cara mudah mengatur keuangan pribadi adalah dengan membeli barang yang sama tetapi dengan harga yang lebih murah. Bukannya pelit, ini adalah beberapa cara berhemat. Jadi, anda bisa menyimpan/menggunakan uang tersebut untuk hal yang lebih penting.

8. Usahakan Tidak Berhutang

Salah satu prinsip orang cina adalah jangan sampai berhutang. Maka dari itu, dibandingkan dengan orang indonesia, orang cina cenderung maju dalam hal bisnis. Karena mereka sangat menjauhi yang namanya berhutang, mereka tahu bahwa berhutang memiliki dampak yang buruk untuk masa depan.

9. Membangun Bisnis Sampingan Di Sela-Sela Kegiatan/Pekerjaan Utama

memulai bisnis

Jika kita hanya mengandalkan satu pondasi saja untuk menanggung beban 1 ton, pastilah pondasi tersebut memiliki kemungkinan roboh, jadi, anda bisa memperbanyak pondasi untuk menopang beban tersebut. Karena semakin banyak pondasi, maka bebannya bisa dibagi-bagi.

Begitupun juga dengan usaha/bisnis. Jangan hanya mengandalkan uang/pendapatan hanya dari 1 cabang, anda wajib memiliki bisnis lain untuk berjaga-jaga agar jika pendapatan utama anda macet, anda bisa mendapatkan pemasukan dari cabang lainnya.

Baca juga bisnis franchise paling laris dengan modal kecil yang menjanjikan dan menguntungkan.

10. Menabung

Kenapa saya menempatkan hal ini pada poin terakhir?. Karena sebagian orang mengingat hal penting pada akhir cerita/artikel. Menabung ini sangatlah penting, dan harus anda lakukan sejak dini. Jika anda terbiasa menabung sejak kecil, nanti saat sudah dewasa, anda pastinya sudah terbiasa.

Nah, itulah beberapa cara mudah mengatur keuangan pribadi yang bisa anda lakukan sejak sekarang. Tidak ada yang namanya terlambat, lebih baik ya daripada tidak sama sekali. Memang menghemat uang dan menahan nafsu untuk tidak konsumtif itu sangatlah sulit. Tetapi semua pasti akan indah pada waktunya.

Hehehe, sekian artikel mengenai cara mengatur keuangan pribadi mahasiswa, pelajar, usaha, maupun lainnya. Semoga dengan membaca artikel ini, anda tersadar betapa pentingnya mengatur keuangan. Terima kasih atas kunjungan anda dan jangan lupa berkunjung kembali.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *