Apa itu Android System Webview? Simak Penjelasannya!

Apa itu Android System Webview? Simak Penjelasannya! – Pasti anda sering mendengar android system webview. Mungkin ada dari kalian yang tahu dan ada yang tidak tahu.

Android System Webview atau TampilanWeb Sistem Android ini sering muncul pada notifikasi dan kita harus mengupdatenya di playstore, meskipun di bagian manajemen aplikasi tidak ada.

Lalu sebenarnya apa TampilanWeb Sistem Android ini?. Nah, pada artikel ini akan saya ulas penjelasannya secara lengkap, simak ya!.

A. Apa itu Android System Webview? Simak Penjelasannya!

Android System Webview adalah sistem komponen dari Chrome yang memungkinkan aplikasi Android dapat menampilkan konten web. Komponen ini pre-installed pada perangkat anda dan selalu up to date agar memiliki keamanan terbaru serta perbaikan bug lainnya.

Singkatnya, sistem ini pertama kali hadir di Android 4.4 (KitKat) yang awalnya menggunakan basis open source dari Google Chrome.

Dan sejak di Android 5.0 (Lolipop), sistem ini dijadikan sebuah aplikasi terpisah sehingga dapat terus diperbarui di Playstore tanpa memerlukan update firmware terbaru.

B. Fungsi dan Manfaat

tampilan web sistem

  • Menampilkan konten web secara langsung dari aplikasi pihak ke-3 yang menggunakan komponen Chrome tanpa harus membuka aplikasi browser terlebih dahulu. Implementasi yang dapat anda lihat seperti aplikasi yang ada di playstore termasuk Facebook, Line, BBM dan lainnya yang mana jika ada link yang memuat konten web nantinya akan tampil pada In-App tanpa harus ke browser.

Baca Juga :

C. Apakah Aplikasi ini Penting?

Bisa dibilang, ini merupakan salah satu sistem penting dalam ponsel android, karena jika sistem ini tidak kita update, akan terdapat web konten dari aplikasi favorit kita yang halamannya menjadi blank putih, walaupun koneksi internet stabil.

Jika ingin mencopot sistem ini pada ponsel android anda, sebenarnya anda hanya dapat menghapus pembaruannya saja, tidak aplikasi aslinya.

Dan itu juga hanya bisa dilakukan jika hp android kita memiliki versi OS di bawah Nougat. Karena setelah OS android Nougat ke atas, Google sudah menggabungkan aplikasi TampilanWeb Sistem Android ke dalam Chrome sebagai aplikasi Webview.

Untuk menghapusnya pembaruannya, anda hanya perlu membuka Play Store > tap pada ikon tiga garis di pojok kiri atas > tap pada Aplikasi & Game Saya > Pergi ke tab menu Terinstal. Cari aplikasi Android System Webview kemudian tap tombol uninstall.

Nah, jadi itulah pengertian lengkap tentang apa itu TampilanWeb Sistem Android. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk semuanya. Jika ada pertanyaan seputar artikel ini, tulis di kolom komentar ya!.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.