√ Apa Itu Dongle? Dan Bagaimana Cara Kerjanya?, Yuk Simak!!!

Apa Itu Dongle? Dan Bagaimana Cara Kerjanya?, Yuk Simak!!! – Mungkin banyak orang awam yang kurang melek di bidang teknologi apabila diberi pertanyaan apa itu dongle, dijamin banyak yang belum tahu. Berikut pembahasan mengenai dongle lengkap beserta cara kerjanya

Apa Itu Dongle?

Yaps wajar saja karena ini barang juga jarang banget disebutkan di pelajaran TIK waktu di SMA maupun SMP. Kecuali SMK ya, pastinya sudah tidak asing bagi yang jurusan multimedia. Dongle sendiri sebenarnya sebuah perangkat keras, dimana ini memiliki bentuk seperti USB.

Berikutnya untuk fungsinya sendiri pastinya banyak juga yang belum tahu kan? fungsi dari dongle ini sebagai alat untuk membuat enksripsi. Selain itu ini juga bisa berfungsi sebagai alat pelindung hak cipta bahkan lisensi yang terdapat pada suatu software yang digunakan pada perangkat apapun itu.

Perlu anda ketahui bahwa Dongle sendiri ditemukan pada tahun 1980 an, wow sudah sangat lama ya?, mungkin banyak diantara anda ada yang belum lahir. Dahulu orang terkaya di dunia yakni Bill Gates juga sempat khawatir pada saat berusia genap 21 tahun. Dimana penggunaan komputer pun semakin populer, dan terdapat beberapa hal yang sangat dikhawatirkan.

Melihat bahwa pada tahun 1992 an banyak yang menyatakan perang menentang pembajakan software, karena pada era tersebut banyak sekali software bajakan. Bahkan jika dipikir-pikir saat ini pun banyak yang bajakan, seperti salah satunya yakni anda pengguna windows bajakan. Atau dengan kata lain cuma download di situs, itu adalah bajakan ya sob.

Setelah mengetahui mengenai apa itu dongle dan sebagian fungsinya, pastinya anda juga bertanya-tanya bagaimana sih cara kerja dari dongle tersebut?, tidak perlu khawatir. Berikut di bawah ini saya akan menjelaskan cara kerja dongle.

Baca Juga :

Cara Kerja Dongle

dongle

Memang jika dilihat dari segi fisiknya Dongle sangat mirip dengan flashdisk. Mungkin jika orang awam yang melihat, akan mengiranya dengan flashdisk. Apabila kita mundur di beberapa era, dongle ini berwujud seperti port, akan tetapi seiring berjalannya waktu mengalami perkembangan dan perubahan dan kini pun bisa berbentuk layaknya seperti flashdisk. Walaupun mengalami perubahan bentuk, namun fungsinya tetap sama dan bahkan ada juga yang mengalami pengembangan fungsi.

Oke kita mulai dimana Dongle tersebut mampu menyimpan dengan aman informasi mengenai lisensi dalam bentuk hardware. Berikutnya informasi yang telah disimpan juga akan dibaca oleh software dilanjut secara otomatis software juga akan mengotentifikasi. Jadinya apabila seseorang tidak mempunyai lisensinya maka secara otomatis dongle tidak dapat beroperasi dengan semestinya bahkan seperti tidak mau menanggapi sama sekali.

Bagaimana, cukup simple bukan mengenai cara kerja dongle tersebut?. Dongle ini sendiri sering digunakan berbagai macam software dan perannya sangat penting. Seperti saat ini jika dilihat-lihat banyak sekali software bajakan yang dilakukan oleh orang yang tidak bertanggungjawab.

Tidak melihat kerugian yang didapatkan atas bajakan yang dilakukannya. Dengan adanya alat dongle tersebut biasanya para hacker ataupun para pembajak akan kesulitan dalam menghack ataupun membajak software yang diincarnya, karena dongle bisa melisensi suatu produk.

Walaupun bisa masuk, mungkin tidak dapat memodifikasi, mengcopy data, menyalin , dan masih banyak lagi, karena Dongle ini benar benar sangat bermanfaat dalam hal hal tersebut. Apalagi jika ada lisensi maka akan sangat susah sekali.

Coba bayangkan jika anda adalah pembuat software dan software yang anda buat dengan susah payah, eh malah kena bajak ataupun kena hack, pasti bakal kesal dan marah?. Maka dari itu dongle melindungi kita dari hal tersebut.

Jadi sudah paham kan apa itu dongle, fungsi dongle, dan cara kerja dongle. Bagaimana, semoga anda memahaminya ya? untuk orang biasa mungkin tidak perlu menggunakan alat ini. Akan tetapi bagi sebagian orang yang membuat suatu program atau aplikasi, saya sarankan gunakan alat ini. Oke, sekian artikel ini, semoga bermanfaat, apabila ada kesalahan saya mohon maaf, terima kasih.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *