Apa Itu Internet of Things (IoT) Dan Apa Kegunaanya, Lengkap

Apa Itu Internet Of Things (IoT) Dan Apa Kegunaanya, Lengkap – Mungkin banyak dari kalian yang sering sekali mendengar istilah Internet Of Thing. Banyak juga yang bertanya tanya apa kegunaanya, mungkin pada artikel kali ini terdapat jawaban dari pertanyaan yang sering kalian bayangkan ketika mendengar istilah Internet Of Things.

Nah, pada artikel ini mimin membahas mengenai internet of things secara lengkap beserta kegunaannya. Langsung simak yukk!u In

Apa Itu Internet of Things

A. Pengertian

Secara istilah, Internet Of Thing ini tidak memiliki definisi yang pasti, karena istilah tersebut bisa saja berubah kapan saja tergantung perkembangannya. Bisa juga diartikan sebagai suatu konsep dimana objek tertentu memiliki kemampuan untuk mentransfer data lewat jaringan tanpa memerlukan interaksi dari manusia ke manusia ataupun dari manusia ke perangkat komputer.

Internet Of Thing ini biasa disingkat IoT. Internet Of Thing ini punya kaitan erat dengan teknologi. IoT ini telah berkembang pesat mulai dari era micro-electromechanical systems (MEMS), dan juga Internet.

Mungkin definisi singkat di atas telah menjawab pertanyaan kalian tentang apa itu IoT. Beberapa sumber juga telah membahas panjang apa itu IoT, karena memang kalau diistilahkan IoT ini luas sekali dan juga tidak menentu untuk perihal istilah. Ada juga beberapa sumber yang menyebut bahwa IoT ini merupakan teknologi kecerdasan buatan, jadi bagaimana caranya kita mencerdaskan mesin agar bisa lebih memberikan manfaat.

Baca Juga :

B. Apa Kegunaan IoT

Kegunaan dari IoT ini banyak sekali, namun beberapa yang diulas di bawah ini merupakan kegunaan Iot yang paling mencolok di zaman sekarang.

1. Sebagai Optimalisasi Teknologi

sensor peralatan

Kegunaan yang pertama ini adalah sebagai optimalisasi teknologi, jadi IoT ini berperan untuk memperbaiki jika ada yang kurang pas, lalu meningkatkan suatu teknologi agar lebih berkualitas. Jadi, betapa pentingnya peran dan kegunaan dari IoT ini sebagai Optimalisasi Teknologi

2. Peningkat Kinerja Sebuah Mesin

Dengan adanya IoT, mesin yang semula hanya memberikan sebuah fitur biasa, namun dengan datangnya IoT akhirnya mampu meningkatkan kinerja bahkan dua kali lipat. Itulah fungsi yang sering dilihat dari segi keefektifan. Mungkin hampir sama dengan kegunaan yang pertama tadi, cuma perbedaannya hanya dari segi kategori.

3. Bisa Sebagai Sensor Peralatan

sensor peralatan

Untuk kegunaan ini lebih berfokus pada bidang pekerjaan yang membutuhkan alat berat. Misalnya saja di pertambangan, dan lain sebagainya. Dengan adanya IoT, mungkin kinerja dari sebuah alat akan lebih bisa dikatakan canggih karena internet yang sudah masuk pada bagian tersebut.

4. Berguna Bagi Bidang Kesehatan

Selain pekerjaan berat, IoT juga memiliki kegunaan yang dapat dirasakan pada pekerjaan di bidang kesehatan. Misalnya saja untuk memantau kondisi pasien, dengan adanya IoT pekerajaan dokter maupun perawat lebih dimudahkan lagi. Itu sebabnya banyak sekali dokter yang berkomentar tentang berguna nya IoT yang sudah merangsak masuk pada pekerjaan mereka.

5. Bermanfaat Bagi Pengelolaan Infrastruktur

infrastruktur

Nah, untuk kegunaan ini juga berdampak positif juga. Dengan adanya IoT, pengelolaan infrastruktur sebuah pekerjaan akan lebih mudah lagi. Sebelumnya harus ada setiap orang yang mengontrol infrastruktur, lalu dengan adanya IoT pengelolaan infrastruktur akan lebih simpel cara kerjanya.

Mungkin beberapa referensi di atas dapat membantu kalian dalam mencari informasi apa itu IoT. Dan apa saja kegunaan IoT pada pekerjaan apapun. Semoga bermanfaat. Terima kasih atas kunjungan anda dan jangan lupa share ke teman-teman anda agar lebih bermanfaat.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *