Apa itu Metaverse? Generasi Muda Wajib Paham, Simak!

Apa itu Metaverse? Generasi Muda Wajib Paham, Simak! – Belakangan ini viral yang namanya Metaverse, namun masih sedikit orang yang paham.

Hal ini bermula ketika salah satu platform media sosial terbesar di internet, Facebook, telah melakukan rebranding untuk memberi sinyal dan merangkul beberapa ide masa depan dengan mengangkat istilah metaverse.

Hal ini sulit untuk dijelaskan karena belum tentu akan ada. Namun, mengingat pengguna Facebook yang sangat besar, ini bisa menjadi perubahan besar terhadap kehidupan umat manusia.

Konsepnya memang sangat layak dipelajari, langsung saja berikut penjelasan lengkapnya!.

A. Apa itu Metaverse

Metaverse adalah konsep online 3D, ruang virtual yang menghubungkan pengguna di semua aspek kehidupan mereka. Hal ini akan menghubungkan beberapa platform, mirip dengan internet yang berisi situs web berbeda yang dapat diakses melalui satu browser.

Konsep ini awalnya dikembangkan dalam novel fiksi ilmiah Snow Crash oleh Neal Stephenson. Namun, sementara ide ini awalnya adalah fiksi, sekarang kemungkinan bisa menjadi kenyataan.

Teknologi ini akan didorong oleh augmented reality, dengan setiap pengguna mengendalikan karakter atau avatar. Di dalam metaverse, anda dapat melakukan pertemuan realitas dengan headset Oculus VR di kantor virtual Anda, menyelesaikan pekerjaan berbasis blockchain, mengelola portofolio kripto, dan masih banyak lagi.

Teknologi ini akan menggabungkan ekonomi, identitas digital, dan bahkan lebih dari itu. Semua fitur ini memberikan potensi blockchain untuk mendukung teknologi masa depan.

Baca Juga :

B. Bagaimana Posisi Cryptocurrency dalam Metaverse?

konsep dunia virtual

Crypto dapat menawarkan bagian penting lainnya yang diperlukan, seperti bukti kepemilikan digital, transfer nilai, tata kelola, dan aksesibilitas.

Artinya, Jika di masa depan, kita bekerja, bersosialisasi, dan membeli barang virtual di dalamnya, kita membutuhkan cara yang aman untuk menunjukkan kepemilikan. Kita juga perlu merasa aman untuk mentransfer barang-barang ini dan uang di sekitar metaverse.

Banyak pengembang menggunakan crypto dan blockchain sebagai pilihan yang lebih baik dalam dunia metaverse. Sekarang ini, pengembang Blockchain juga memiliki pengaruh besar di dunia video game.

Tampaknya akan ada banyak kesamaan di dunia game dan metaverse, sehingga di masa depan hal tersebut bisa saling melengkapi. Aspek kunci dari blockchain yang cocok untuk meta verse yakni:

  • Bukti kepemilikan digital:
    • Dengan memiliki akses ke kunci pribadi Anda, Anda dapat langsung membuktikan kepemilikan aset crypto anda, baik mata uang kripto maupun NFT.
  • Kolektibilitas digital:
    • Sama seperti kita dapat menentukan siapa yang memiliki sesuatu, kita juga dapat menunjukkan bahwa suatu barang itu asli dan unik. Blockchain juga dapat mewakili kepemilikan barang fisik.
  • Transfer nilai:
    • Sebuah metaverse akan membutuhkan cara untuk mentransfer nilai dengan aman yang dipercayai pengguna.

C. Contoh

Banyak sekali contoh metaverse, seperti beberapa game kripto sekarang ini, yakni Axie Infinity, Sandbox, hingga Decentraland.

Dengan beberapa contoh tersebut, tidak bisa kita pungkiri bahwa kehidupan virtual semakin menjanjikan dan mungkin, baik untuk sekarang, dan masa depan.

Jadi, Itulah beberapa penjelasan apa itu metaverse. Semoga artikel ini bermanfaat, dan kita semua paham akan dunia virtual di masa depan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.