Apa itu Minting NFT dalam Dunia Kripto? Yuk Simak!

Apa itu Minting NFT dalam Dunia Kripto? Yuk Simak! – NFT atau karya seni yang tidak tergantikan, dan meskipun tidak tergantikan, ternyata NFT bisa diperjual belikan loh.

Uniknya, sebuah NFT ini tidak bisa kita duplikat karena memiliki smart contractnya masing-masing. Namun, NFT ini dapat kita Mint.

Apa itu Mint NFT? bagaimana cara melakukannya?, bagi anda yang belum paham, yuk simak penjelasannya di bawah ini!.

Apa itu Minting NFT dalam Dunia Kripto

Minted NFT adalah proses pembuatan atau pencetakan NFT. Sama seperti proses pembuatan kripto yang dilakukan dengan proses pencetakan, minting crypto artinya proses mengubah seni digital dan menambahkan NFT ke blockchain.

Menurut Andrey Sergenkov dari Coinmarketcap, minted NFT adalah proses yang dapat dilakukan oleh setiap orang yang memiliki keterampilan komputer dasar, pemahaman akan teknologi, dan memiliki alat yang tepat.

Baca Juga :

Tutorial Mint NFT

Terdapat beberapa cara untuk mint NFT, salah satunya adalah dengan menggunakan Web3.js. Mekanisme minting NFT dengan Web3.js relatif cukup kompleks, sehingga cenderung tidak cocok untuk dilakukan pemula.

Mereka yang melakukan minted NFT dengan Web3.js wajib menginstal Web3 terlebih dulu, kemudian membuat file pemrograman Mint-NFT.js untuk mendapatkan kontrak ABI (Application Binary Interface).

Lalu mereka akan melakukan konfigurasi metadata NFT dengan protokol IPFS (Interplanetary File System) yang berfungsi menyimpan dan membagikan data seperti nama, gambar, atribut, dan deskripsi NFT ke dalam jaringan terdesentralisasi. Terakhir, developer akan membuat kode kontrak dan menandatangani transaksi.

Selain itu, anda juga bisa melakukan mint nft dengan mudah di OpenSea, caranya anda cukup menyiapkan file yang ingin anda gunakan sebagai NFT, beli gas fee dalam bentuk ethereum maupun Polygon.

Setelah itu upload file seperti biasa dan bayar gas fee yang sudah sistem tentukan, selesai!.

Tips dan Trik

gas fee eth

Bagi anda yang ingin melakukan mint NFT, berikut terdapat beberapa tips dan trik yang wajib anda perhatian.

  • Pastikan biayanya terlebih dahulu. pilih blockchain yang mendukung transfer NFT dan penjualan NFT di blockchain yang hemat biaya pencetakan. Anda bisa menghindari blockchain yang mahal seperti Ethereum, dan menggunakan blockchain yang murah seperti Polygon.
  • Pilih blockchain NFT yang populer, seperti Ethereum dan Binance Smart Chain. Karena platform ini memberikan fitur serta layanan yang mudah diikuti oleh pemula.
  • Sebisanya, anda memanfaatkan Marketplace yang menyediakan Mint NFT gratis, contohnya seperti Mintable dan beberapa yang lainnya.
  • Fokus pada 1 kategori.
  • Pastikan pilih Marketplace NFT yang terkenal, seperti OpenSea, Rarible, Binance NFT, Mintable.

Nah, jadi itulah artikel singkat mengenai Apa itu minting NFT, cara, tips, dan triknya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.

Sekian, terima kasih atas kunjungannya!.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.