Apa itu Youtube Vanced? Pengertian, Kelebihan, Kekurangan

Apa itu Youtube Vanced? Pengertian, Kelebihan, Kekurangan – Untuk menonton video secara online, kita biasanya menggunakan aplikasi youtube. Untuk ponsel android, youtube merupakan aplikasi bawaan.

Namun beberapa waktu belakangan ini ada aplikasi bernama Youtube Vanced yang cukup populer. Aplikasi ini digadang gadang memiliki fitur yang lebih banyak daripada aplikasi youtube asli.

Lalu apa sebenarnya youtube vanced ini?, apakah aman atau tidak untuk digunakan?, serta apa saja kelebihan dan kelemahannya?, simak penjelasannya di bawah ini ya!.

A. Apa itu Youtube Vanced

vanced youtube

YouTube Vanced merupakan aplikasi non official yang telah dimodifikasi sedemikian rupa dengan penambahan beberapa fitur yang tidak dimiliki oleh aplikasi youtube resmi.

Jadi bisa kita simpulkan bahwa YouTube Vanced termasuk aplikasi Mod atau seperti lakanya Youtube premium versi tidak resminya.

Meskipun gratis untuk kita gunakan, YouTube Vanced memiliki beberapa celah keamanan yang bisa membahayakan penggunanya, misalnya saja seperti akun terblokir.

B. Cara Instal

Sebelumnya, saya tidak menyarankan anda untuk menginstal aplikasi ini, karena bukan aplikasi resmi dan resikonya sangat tinggi. Namun bagi anda yang ingin menginstalnya, silahkan saja.

Untuk menginstalnya, langsung saja menuju situs vancedapp.com, kemudian download aplikasinya kemudian instal aplikasi seperti biasanya.

Baca Juga :

C. Kelebihan

1. Adblocker

adblocker vanced

Bagi anda yang tidak suka dengan iklan saat menonton youtube, di youtube vanced terdapat fitur untuk memblokir iklan. Jadi anda bisa puas nonton youtube dan tidak akan terganggu oleh iklan.

2. Dark/light mode

Sama seperti aplikasi youtube resmi, untuk youtube vanced sendiri juga memiliki fitur dark mode yang berfungsi untuk membuat mata menjadi lebih nyaman saat nonton video streaming.

3. Picture in Picture

Maksudnya, dengan youtube vanced, kita bisa memutar video di latar belakang saat kita membuka aplikasi lain pada ponsel android. Berbeda dengan aplikasi youtube asli yang tidak bisa dimainkan jika kita membuka aplikasi lainnya pada android.

4. Multi Account

Sama seperti aplikasi youtube resmi, youtube vanced juga memiliki fitur multi account, yang artinya pengguna dapat menggunakan lebih dari 1 akun tanpa harus log out terlebih dahulu. Setiap akun tentunya juga memiliki video kesukaan yang berbeda-beda

5. Multi Cast

Jika anda bosan dengan tampilan youtube pada ponsel android yang begitu begitu saja, dengan youtube vanced anda bisa menggunakan berbagai media untuk menonton seperti monitor dan TV LCD.

6. Pinch to Zoom

Artinya, anda bisa melakukan zoom in maupun zoom out pada video yang anda tonton. Hal ini juga bertujuan untuk melihat kualitas baik atau buruknya sebuah video.

D. Kekurangan

1. Resiko Banned oleh Google

Youtube adalah aplikasi milik google, jadi tentu saja resiko banned tetap ada karena yang anda gunakan adalah aplikasi tidak resmi dari google.

Karena google tentu tidak akan membiarkan anda menggunakan akunnya pada aplikasi lain yang bukan resmi dari mereka.

2. Data Privasi TidakAaman

Ketika melakukan login di aplikasi ini, kita akan login menggunakan email dan password dari gmail, hal ini sangat beresiko karena youtube vanced bukan aplikasi resmi dari google.

Bisa saja mereka mengambil data-data pribadi di dalam akun google anda, jadi pikirkan kembali jika anda ingin menggunakan aplikasi ini.

3. Update Manual

Karena aplikasi ini tidak ada di play store, jadi untuk mengupdatenya anda harus masuk ke situsnya dan mendownload versi terbaru secara manual.

Cara ini menurut saya sangat rumit dan membutuhkan proses sedikit lebih lama daripada aplikasi youtube asli yang mendapatkan update langsung dari google play store.

4. Tidak Ada Proteksi Keamanan

Untuk aplikasi yang ada di play store, terima aplikasi buatan google tentu saja memiliki sistem keamanan bernama google play protect. Fitur ini dapat mencegah adanya malware maupun spyware.

Jika anda mendownloas aplikasi di luar play store, anda tidak akan mendapatkan perlindungan play protect, dan hal ini sangat beresiko bagi ponsel android anda.

5. Menurunkan Pendapatan Youtubers

Salah satu kelebihan aplikasi ini adalah tidak adanya iklan karena ada fitur adblocker, namun hal ini adalah kerugian bagi para youtubers.

Dengan tidak adanya iklan di video-video yang ditonton, maka peluang mendapatkan penghasilan lebih besar akan sirna. Pasti anda youtubers menolak penggunakan aplikasi ini.

Melihat penjelasan tentang apa itu youtube vanced, kelebihan, dan kekurangannya, bisa kita simpulkan bersama jika aplikasi ini sebenarnya bagus, namun juga sangat berbahaya untuk diinstal. Saya sarankan kepada anda semua untuk tidak menginstal aplikasi ini.

Kekurangan dari youtube vanced lebih mengerikan daripada melihat dari sisi kelebihannya. Jika anda ingin menonton video youtube tanpa iklan, anda bisa menggunakan youtube premium saja. Oke, sekian ulasan ini, semoga menambah wawasan kita semua.

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *