8 Aplikasi Pembuat CV Agar Terkesan Lebih Profesional Dan Menarik

8 Aplikasi Pembuat CV Agar Terkesan Lebih Profesional Dan Menarik – Hal pertama yang akan diperhatikan oleh HRD perusahaan ketika Anda melamar kerja adalah CV (Curiculum Vitae). CV atau yang biasa disebut daftar riwayat hidup menjadi syarat utama dalam melamar pekerjaan.

CV atau Curriculum Vitae merupakan syarat wajib bagi siapa saja yang ingin melamar pekerjaan. Oleh sebab itu CV harus dibuat dengan baik dan tepat agar terkesan lebih profesional bagi HRD. Beberapa orang memilih membuat CV dengan cara tulis tangan.

Namun jika Anda ingin menampilkan kesan yang berbeda tidak ada salahnya mencoba membuatnya dengan bantuan aplikasi pembuat CV yang tersedia dan mudah diunduh. Beberapa aplikasi pembuat CV yang bisa Anda pilih diantaranya yaitu.

Aplikasi Pembuat CV

1. Canva

Bagi Anda yang gemar dengan dunia desain grafis tentu sudah tahu aplikasi satu ini. Canva merupakan aplikasi desain yang banyak digunakan untuk berkreasi membuat aneka konten visual baik untuk blog, web, atau bahkan untuk keperluan marketing via online. Selain fungsi-fungsi tersebut canva juga bisa digunakan untuk membuat CV.

Ada banyak template yang disediakan untuk membuat CV. Dengan berbagai macam template yang tersedia memudahkan Anda untuk mendesain CV tanpa perlu memikirkan layout. Setelah memilih template maka selanjutnya Anda hanya perlu mengisi daftar isian yang dibutuhkan mulai dari nama, tempat tanggal lahir, alamat hingga riwayat pendidikan. Aplikasi ini juga ramah bagi pengguna iOS maupun Android.

2. Easy Resume Builder App

Easy Resume Builder App

Aplikasi pembuat CV selanjutnya yaitu Easy Resume Builder App. Sama seperti Canva aplikasi ini juga banyak digunakan orang-orang untuk membuat CV agar terlihat lebih profesional. Easy Resume Builder atau ERB juga sangat cocok bagi Anda yang pertama kali membuat CV.

Salah satu keunggulan dari aplikasi ini yaitu memiliki fitur interface yang user-friendly sehingga sangat mudah diperasikan bagi pengguna baru. Aplikasi ini juga menyediakan berbagai template yang menarik dan profesional.

3. Aplikasi Pembuat CV – CV Engineer

Selain menggunakan dua aplikasi pembuat CV diatas, Anda juga bisa menggunakan CV Engineer. Berbeda dengan Canva dan Easu Resume Builder, CV Engineer menawarkan pengalaman membuat CV yang berbeda dengan aplikasi lainnya.

Jika pada umumnya aplikasi pembuat CV mengharuskan penggunanya memilih template terlebih dahulu, aplikasi CV Engineer justru sebaliknya. CV Engineer memungkinkan penggunanya untuk mengisi data diri seperti nama, tempat tanggal lahir, pendidikan dan lain-lain lalu kemudian Anda bisa memilih layout yang diinginkan.

4. Aplikasi Pembuat CV Job CV Maker

job cv maker

Job CV Maker merupakan salah satu software yang bisa Anda gunakan untuk membuat CV dengan lebih menarik dan mengesankan. Anda bisa membuat CV step by step dengan mudah melalui aplikasi ini. Berbagai template juga bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan dan selera. Anda juga bisa menyimpannya dalam format PDF bahkan bisa membagikan melalui bluetooth maupun platform media sosial lainnya.

Selain 4 aplikasi di atas, berikut aplikasi cv lainnya yang bisa anda gunakan :

  • Resume builder free CV.
  • Pathsource Resume.
  • Resume Star.
  • CV & Resume creator.

Baca Juga : Pekerjaan Di Era Digital Yang Menjanjikan Untuk Anda Semua.

Tips Membuat CV Agar Terlihat Lebih Profesional

tips membuat cv yang baik

1. Kenali Isi CV Secara Menyeluruh

Mengenali dan memahami isi CV menjadi hal utama yang harus diperhatikan sebelum membuat CV. Semakin banyak mencari tahu dan melihat referensi berbagai CV maka Anda dapat dengan mudah merangkai dan mendesain sendiri apa saja yang perlu Anda cantumkan dalam daftar riwayat hidup Anda.

Dengan memahami isi CV secara menyeluruh menjadi penting karena dapat menggambarkan secara menyeluruh data diri Anda. Sebelum data diri Anda dibaca oleh HRD pastikan semua yang tercantum dalam CV adalah benar dan tersusun secara rapi dan profesioanal.

2. Perhatikan Konten Dalam CV

Dalam mengenali CV secara menyeluruh, Anda juga tidak bisa melupakan konten-konten yang wajib ada di dalam CV. Beberapa diantaranya seperti identitas diri (nama, tanggal lahir, alamat, dll), pendidikan, keterampilan, gambaran karakter diri hingga keterampilan yang Anda miliki. Dalam membuat atau mengisi CV pada bagian ini harus dibuat dengan benar karena pada bagian ini adalah menggambarkan kualitas diri Anda.

3. Gunakan Template Yang Sederhana Namun Elegan

Dalam membuat CV tentu saja Anda bukan sedang membuat iklan yang akan di pasang di pinggir jalan. Beberapa orang membuat CV dengan pilihan template yang lebih ramai dan berwarna dengan tujuan agar menarik perhatian. Namun dalam beberapa kasus template yang terlalu mencolok justru memberikan kesan berlebihan.

Oleh sbab itu gunakan template yang sederhana namun tetap elegan. Plihlah desain yang tidak begitu rumit, memiliki bagian atau space yang mudah dibaca. Jangan lupa untuk mencantumkan foto yang terkesan formal agar CV yang Anda buat terlihat lebih menarik.

4. Jelaskan Personalitas Anda Dengan Padat Dan Jelas

Di dalam CV terdapat kolom yang harus diisi mengenai personalitas Anda. Pada bagian ini Anda harus menjelaskan dnegan singkat, pada dan jelas. Jelaskan skill, penghargaan, pencapaian yang Anda raih sesuai dengan bidang yang Anda lamar. Uraikan secara singkat mengapa Anda tertarik melamar pekerjaan yang Anda lamar berdasarkan dengan kemampuan dan personalitas diri Anda.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan ketika membuat CV atau daftar riwayat hidup. Dengan bantuan aplikasi pembuat CV di atas semoga dapat membantu Anda dalam agar dapat membuat CV yang terlihat profesional dan lebih menarik.

Selain merangkum dengan baik data diri Anda dalam CV, hal yang tak bisa dilupakan ketika melamar kerja adalah personalitas diri Anda sendiri dalam dunia nyata. Semestinya yang tercantum di dalam CV memang benar adanya seperti personalitas diri Anda di dunia nyata. Semoga informasi ini membantu dan selamat mencoba.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *