Blog vs Youtube, Mana yang Lebih Baik? Ini Jawabannya! 

Kayeols

Blog vs Youtube, Mana yang Lebih Baik? Ini Jawabannya! – Jika ada pertanyaan lebih baik mana antara blog dan youtube, sebenarnya mana yang lebih bagus?. Mungkin kita banyak yang bingung.

Setiap platform memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing. Perlu kita ketahui, blog merupakan tempat menerbitkan konten, yang cenderung berbentuk huruf/tulisan. Meskipu ada juga situs seperti download game dan ebook.

Sedangkan youtube adalah merupakan situs web berbasis streaming video milik google yang memiliki banyak genre, mulai dari video edukasi, hiburan, bisnis, dan masih banyak lagi.

A. Blog vs Youtube, Bagusan Mana?

Sebelum melangkah ke pertanyaan utama, perlu anda ketahui kelebihan dan kekurangan setiap platform yang ada. Yakni sebagai berikut :

1. Blog/Website

Kelebihan :

  • Lebih terlihat profesional, karena memiliki situs web resmi. Biasanya perusahaan terkemuka cenderung memiliki situs web.
  • Lebih mudah menerima berbagai jenis iklan, seperti video, artikel, ebook, file download, dan masih banyak lagi.
  • Mudah mengiklankannya, seperti melalui google ads, facebook ads, dan lainnya.
  • Bisa mengedit konten jika terjadi kesalahan.
Baca Juga:  10 Cara Menambah Subscriber Youtube Dengan Aman

Kekurangan :

  • Belakangan ini terlihat kurang menarik karena sudah banyak orang yang beralih ke konten dengan format video.
  • Memiliki banyak pengaturan, SEO, hingga coding.
  • Beberapa platform seperti wordpress, joomla, memerlukan hosting dan domain pribadi yang harus kita sewa setiap tahunnya dengan membayar sejumlah uang.

2. Youtube

Kelebihan :

  • Dinilai lebih menarik daripada segala jenis konten.
  • Mudah dalam pengaturannya.
  • Tidak perlu membayar hosting dan domain.

Kekurangan :

  • Tidak bisa melakukan editing pada konten yang sudah dipublikasikan. Bisa, tapi hanya pada judul, thumbnail, dan aksesoris pendukung saja.
  • Hanya iklan dalam bentuk video saja yang bisa pemilik channel terima.
  • Sering terkena teguran, bahkan penghapusan channel jika melanggar aturan google.

Nah, sudah paham kan tentang kelebihan dan kekurangan masing-masing platform?. Jika sudah paham, untuk pertanyaan youtube vs blog bagus mana?, berikut penjelasannya.

Baca Juga:  Cara Membuat Daftar Isi Blog Berdasarkan Label (Blogspot)

B. Perbedaan

  • Pada youtube, membuat channel membutuhkan waktu sekitar 1 menit, sedangkan pada blog butuh waktu beberapa menit untuk membuatnya, apalagi blog wordpress harus membeli domain dengan hosting pribadi.
  • SEO pada website lebih sulit, sedangkan SEO pada youtube tidak perlu tinggi.
  • Pada blog terkadang artikel copy paste bisa terindeks oleh mesin pencari dan menduduki peringkat yang bagus, sedangkan pada youtube apabila video yang diupload adalah persis milik orang lain persis maka video bisa kena teguran dan dihapus.
  • Untuk membuat konten blog berupa artikel teks hanya dibutuhkan sedikit data internet, sedangkan pada youtube, untuk mengupload sebuah video dibutuhkan kuota yang besar dan kecepatan internet yang tinggi.

blog vs youtube

  • Konten blog sekarang ini kurang diminati, dan banyak yang beralih ke youtube.
  • Mudah tidaknya dalam persaingan, untuk website, cenderung website besar milik instansi yang cenderung menguasai pencarian. Sedangkan untuk youtube, semuanya bisa bersaing, baik instansi maupun perorangan tidak ada bedanya, namun kesulitannya hanya terletak pada pamor. Channel youtube seorang artis cenderung lebih cepat besar, dibandingkan channel youtube orang yang bukan artis.
  • Untuk pendaftaran adsense, persyaratan youtube lebih susah.
  • Jika telah diterima adsense, blog lebih tahan banting. Namun pada youtube, jika anda tidak mengupload video dalam beberapa waktu, mungkin akun adsense anda akan kena suspend atau dihentikan sementara.
  • Untuk mencari informasi, blog bisa memenuhi pencarian dengan lebih spesifik. Sedangkan youtube tidak bisa.
Baca Juga:  √ Cara Menghilangkan Diberdayakan Oleh Blogger

Jadi bagus mana, menurut saya berimbang, karena setiap platform memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tergantung anda sendiri ingin menggunakannya untuk kepentingan apa.

Menurut saya, lebih baik anda memiliki channel youtube sekaligus dengan websitenya. Artinya, anda juga bisa menawarkan jasa anda dalam bentuk artikel, ebook, dan lainnya di website, dan menawarkan iklan video di youtube.

Demikian pembahasan singkat tentang blog vs youtube, semoga bermanfaat ya!.

Bagikan:

Tags

Kayeols

Usaha dan Berdoa itu Sangat Penting, Berjuanglah Sekuat Tenaga, Niscaya Perjuanganmu akan membuahkan Hasil Yang Manis.

31 pemikiran pada “Blog vs Youtube, Mana yang Lebih Baik? Ini Jawabannya! ”

  1. Kadang gue juga suka berpikir sih gan, bagusan mana antara blog dan youtube. Tapi yh udah suka ngeblog dan mungkin bakal buat chanel youtube juga nih nantinya

  2. iya juga sih..blog butuh kesabaran yang tinggi utk menghasilkan uang…ada niat juga mau beralih ke youtube..hehee thanks infonya gan

  3. Kalo menurut saya pribadi, lebih pilih blog. Karena saya lebih senang menulis, tidak pandai membuat video. 🙁

  4. kalau saya secara pribadi adalah blogger dan youtuber. Jadi kalau dibilang yang mana lebih untung sih…. menurut saya sama saja. Karena itu bergantung orangnya, mau berusaha atau tidak. Tapi, makasih mas atas artikelnya bisa tambah wawasan mengenai hal ini.

  5. Mantap gan memang untuk hal kemudahan memang youtube jauh lebih mudah dan hemat biaya, beda dengan blog namun tetap semua memiliki kelebihan dan kekurangannya masing masing dan tergantung pada apa yang kita sukai

  6. sama deh gan,cuma di era sekarang orang lebih suka lihat video youtube,daripada baca artikle di blog…ngikut trend soalnya

  7. Kalo saya sih enakkan blog soalnya disitu kita bisa berbagi ilmu lewat sebuah tulisan yang diketik. Terus juga gak ngehabisin banyak kuota ?

  8. saya juga sempet binggung pilih youtube apa blog, memang butuh kesabaran k2nya untuk mendapatkan hasil

  9. Memang lebih menjanjikan YouTube sih, tapi ya gimana baru bisa bikin video reupload modifikasi 😀

  10. Gan saya mau nanya, apakah blog jika kita update terus pasti menghasilkan uang. . .

  11. Gak peduli youtube atau blog, yang penting kita kerjakan yang menurut hati bisa di kerjakan. Saya sudah mencoba di youtube sekitar 1 tahun lebih tapi tidak berhasil dan sekarang saya beralih ke blog, baru 8 bulan alhamdulilah sudah ada penghasilan dari blog. Jika kita kreatif dan tidak malas menciptakan sesuatu yang baru, maka yang kita bangun akan berhasil.

  12. Blog lama mas gajianya, oh iya mas, saya mau nawarin kerja sama tukeran link mau gak? Btw nama blog saya medolsapedia, bisa stalking dulu untuk pertimbangan?

  13. Sepertinya zaman sekarang lebih bagus youtube mas ketimbang blog karena memang minat youtube lebih banyak dari pada blog ya, thanks udah menginspirasi mas

Tinggalkan komentar