10 Cara Optimasi SEO Youtube Agar Masuk Halaman Pertama

Cara Optimasi SEO Youtube Agar Masuk Halaman Pertama – Bagi para youtubers pasti ingin agar video hasil uploadnya masuk pada halaman pertama pencarian agar dilihat banyak orang. Hal ini diinginkan semua youtubers, baik senior maupun pemula.

Banyak manfaat yang bisa pemilik channel dapatkan. Yakni videonya bisa menjadi viral dan menjadi ladang uang bagi para youtubers yang sudah memonetisasi channelnya, mendapatkan endorse, dan penawaran iklan lainnya.

Memang tidak jauh berbeda dari blogger, konten baru sebuah blog tidak bergitu saja bisa bersaing dengan konten yang memiliki topik sama dari blog lain. Terdapat patokan yang google buat dalam meranking hasil pencarian.

Jika di website ada, di youtube juga ada optimasinya. Berikut beberapa optimasi yang baik dan benar untuk video youtube agar bisa masuk di pencarian teratas.

Cara Optimasi SEO Youtube

1. Konten Yang Berkualitas (Original & High Definition/HD)

konten adalah raja

Memang moto Content is the king bukan hanya omong kosong belaka. Sekarang google terus meningkatkan dan memperbarui algoritmanya secara bertahap.

Ratusan hingga ratusan ribu konten dengan topik yang sama diterbitkan di internet setiap harinya, namun hanya beberapa konten terbaik saja yang masuk di halaman pertama pencarian, itu karena google selalu memilih konten mana yang berkualitas terbaik.

Maka dari itu, untuk kalian para youtubers buatlah video sebaik mungkin yang berisi dan memiliki kualita video yang tinggi/HD. Tidak harus berdurasi panjang, usahakan video tersebut original.

2. Judul yang Menarik

Menurut saya, pemberian judul juga harus diperhatikan agar terkesan bagus di mana pengunjung. Buat judul yang dapat mengundang dan memberi rasa penasaran kepada pengunjung. Ini juga merupakan cara riset keyword youtube agar videomu bisa menang saat bersaing di halaman teratas

Contoh : Jika kamu memberi judul seperti “orang di bakar hidup-hidup di bekasi” mungkin kurang menarik, coba beri judul seperti ini “Detik-detik orang dibakar hidup-hidup sampai mati, Astagfirullah”. Mungkin diantara 2 judul tersebut, nomor 2 lah yang akan lebih sering mendapatkan kunjungan.

3. Thumbnail yang Membuat Penasaran

Buat custom thumbnail dengan memberikan gambar thumbnail semenarik mungkin. Tapi jangan sampai merujuk ke hoax ya.

Apabila thumbnail kamu adalah thumbnail yang umumnya banyak orang gunakan, bisa saja itu akan dianggap spam.

Kamu bisa membuat thumbnail sendiri di corel draw atau photoshop. Edit semenarik mungkin lalu pasang di thumbnail youtube.

4. Penempatan Kata Kunci Pada Judul

Selain diwajibkan membuat judul semenarik mungkin, tambahkan juga kata kunci ke judul. Karena kata kunci yang tepat sasaran juga termasuk faktor video kamu dapat muncul di halaman pertama.

Contoh : Jika kamu ingin membuat judul dengan kata kunci cara root android, maka kamu bisa membuat judul cara root android paling mudah dengan pc dan tanpa pc. Pokoknya jangan lupakan kata kunci pada setiap video unggahanmu.

Untuk tutorial tentang kata kunci, berikut tutorial riset kata kunci lengkap.

5. Deskripsi Video yang Mengandung Kata Kunci

kata kunci

Hal ini juga tidak bisa dianggap sebelah mata, karena deskripsi yang bagus menentukan baik tidaknya video tersebut. Usahakan membuat deskripsi dengan menambahkan kata kunci di dalamnya.

Contoh : Kamu membidik kata kunci cara root android. Pada deskripsinya bisa kamu tulis bagi kalian yang belum tahu tentang tutorial root android, berikut cara root android dengan pc dan tanpa pc lengkap.

6. Tag Video dan Kategori

Jika kamu upload video baru di youtube, pada bagian bawah pasti ada tulisan tag, nah isi tag tersebut dengan kata kunci misalnya, atau dengan kata lain yang menurut kamu ada hubungannya dengan video kamu tersebut. Usahakan mengisi tag tersebut dan jangan sampai kosong.

7. Bagikan ke Berbagai Media Sosial, Komunitas, dan Forum

Cara optimasi seo youtube yang satu ini juga merupakan cara yang mujarab untuk menarik visitor atau viewers sebanyak mungkin. Apalagi jika video yang disebarkan merupakan video baru.

Dengan cara ini, videomu berpeluang akan dibagikan oleh pengguna lain jika video itu memiliki kualitas bagus dan bisa membuat viral. Bahkan jika ada orang yang tertarik, mereka tidak hanya membagikan video tersebut, namun bisa juga berpeluang mensubscribe channel youtube kamu.

Keuntungan yang pemilik channel dapatkan dari membagikan konten di media sosial, komunitas, dan forum memang benar-benar banyak sekali.

8. Tambahkan Profil Sosial

Untuk menambah rasa percaya para viewers kepada channel youtubemu, mungkin bisa dengan menambahkan akun sosial seperti Akun Google Plus, facebook, twitter, instagram dan lain-lainnya.

Mungkin para viewers akan berpikir “wah, video dan channel youtube ini bagus dan menarik, siapa ya yang punya ?, mungkin saya bisa belajar dari dia”.

Dengan adanya profil sosial, kamu bisa meraup lebih banyak viewers, dan bisa memberikan rasa percaya untuk para viewers.

9. Sambungkan Video Pada Situs Web (Opsional)

Apabila kamu memiliki situs website, tidak salah jika menghubungkannya. Caranya yakni pada deskripsi youtube, tambahkan link yang merujuk ke website kamu. Dan sebaliknya, pada website, tambahkan embed video youtube ke artikel kalian yang mempunyai topik serupa.

Selain dapat mendongkrak popularitas video kamu, trik seo youtube ini juga dapat mendongkrak popularitas blog kamu.

10. Konsisten

Konsisten ini sangat penting, seperti konsisten upload video juga merupakan, konsisten memunculkan ide-ide baru dan pastinya jangan lupa berdoa.

Jika memang semua sudah kamu lakukan, yang terakhir adalah menunggu. Mungkin bisa lama, tapi jika kamu rutin melakukannya dengan baik dan benar, maka keberhasilan tidak akan berpaling dari kamu.

Sekian artikel tentang cara optimasi seo youtube yang baik dan benar agar videomu bisa bersaing di halaman teratas pencarian. Semoga bermanfaat, terima kasih!.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

30 komentar

  1. Wah mantap gan, walaupun saya bukan anak YouTube tapi bisa jadi preferensi manakala ingin buat..

  2. Mantapp gan ijin terapin gan optimasi seo nya semoga channel ane bisa page one hehe

  3. ternyata ada banyak cara ya huat optimasi seo, bermanfaat bgt nih gan.. ijin bookmark ya?

  4. Kalo ane yang susah bikin videonya sih ๐Ÿ˜€ soal masuk page one urusan belakang kalo menurut ane mah

  5. Terima kasih untuk ulasannya. Saat ini saya tengah membangun sebuah channel Youtube. Artikel di atas sangat bermanfaat sekali bagi saya untuk optimasi seo. Salam sukses

  6. Sangat bermanfaat gan…. sukses terus ya,,, terima kasih banyak atas ilmunya…

    Kalaulah agan berkenan kita saling support yu ini channel saya