√ Cara Daftar Google News dan Tips Mudah Diterima

Kayeols

Cara Daftar Google News dan Tips Mudah Diterima – Google News merupakan layanan google yang berisikan kumpulan berita rekomendasi dari google.

Entah berita apapun, termasuk hal-hal yang populer pada saat itu. Banyak website yang bergabung di google news tersebut karena memang banyak manfaatnya.

Seperti mendapatkan posisi bagus di pencarian google tanpa teknik SEO, karena itu benar benar sudah dipercaya google. Meningkatkan visitor organik secara drasti, hingga meningkatkan pendapatan iklan. Namun sayangnya untuk bisa diterima di google news tidaklah mudah.

Namun anda jangan khawatir, pada artikel ini akan saya terangkan tutorial daftar google news dan tips mudah untuk diterima. Simak artikelnya sampai selesai ya!.

A. Cara Daftar Google News

  • Siapkan situs yang ingin anda daftarkan, usahakan situs berita.
  • Masuk ke situs google news di news.google.com.
  • Kemudian lakukan verifikasi kepemilikan website. Perlu anda ketahui, karena Google News memiliki mesin crawler sendiri, pastikan Anda menambahkan xml sitemap blog berita Anda juga di google webmaster. Hal ini bertujuan untuk membuat Google News selalu update pada perubahan yang terjadi di blog Anda.
  • Masuk ke Google News Publisher Center, maka Anda akan melihat tampilan seperti di bawah ini google news
  • Berikutnya tambahkan blog Anda pada pilihan Want to suggest a website for Google News? Click here. pendaftaran google news
  • Anda akan melihat halaman permintaan pendaftaran ke Google New.
  • Maka akan ada form, isi informasi sesuai permintaan.
    • About your news site: isi detail informasi tentang blog berita yang Anda daftarkan
    • Source URL: Alamat blog Anda.
    • Source Name: Nama blog Anda.
    • Site Language: bahasa yang digunakan pada blog dan konten berita Anda. Ingat, Google News tidak memperkenankan penggunaan lebih dari satu bahasa.
    • City, State/Province dan Region: Alamat lengkap Anda.
    • Opinion content: jika publikasi Anda tentang konten opini
    • User generated content: jika konten buatan pengguna telah melalui proses editing di situs Anda
    • Blog: centang opsi ini
    • Press release: jika Anda juga menerbitkan siaran pers
    • Satire: jika website Anda bertema satire
    • URL: Nama domain maupun beberapa subdomain yang ingin Anda tambahkan
    • Labels: kategori berita yang Anda tampilkan
  • Pastikan semauanya benar, setelah itu klik Submit.
  • Menunggu Review Google
  • Proses selanjutnya yakni tim Google News akan melakukan review selama satu-tiga minggu. Diterima atau tidak, anda akan mendapatkan balasan email.
Baca Juga:  √ Cara Riset Kata Kunci Blog Paling Baik dan Efektif

B. Tips Daftar

1. Wajib Konten Bersifat Berita

Konten website anda sudah pasti wajib konten berita. Karena dari namanya Google News, kita sudah mengetahui bahwa yang dominan mendapatkan persetujuan adalah konten berita.

Baca Juga:  Cara Memasang Komentar Disqus di Blogspot & Wordpress

2. Menggunakan Domain TLD

Tentu saja domain website wajib menggunakan domain top level seperti .com, .net, .id. Jika blog anda menggunakan domain dengan embel-embel blogspot.com maka ubah menjadi custom domain terlebih dahulu.

3. Tampilan Web yang Responsif

Utamakan menggunakan template blog yang seo responfif, loading cepat, dan tidak mengandung banyak widget. Karena pengunjung datang untuk menikmati artikel blog dan tidak datang untuk yang lainnya.

Tampilan ini hanya dibutuhkan untuk menopang artikel. Ada beberapa juga orang yang betah berlama-lama di sebuah website karena tampilannya yang bagus.

4. Navigasi Blog Lengkap

Usahakan sebelum daftar google news, lengkapi navigasi blog anda seperti arsip, kategori, dan beberapa laman yang penting.

Baca Juga:  8 Tips Menjadi Blogger Profesional Yang Baik dan Benar

Buatlah beberapa halaman seperti contact us, privacy policy, disclaimer, terms of services dan lainnya yang penting. Anda bisa mendapatkan tutorial membuat laman penting tersebut di blog dewailmu ini.

5. Anda Wajib Mempunyai Banyak Penulis (Opsional)

Dengan banyaknya penulis maka peluang menerbitkan artikel perharinya semakin besar, anda bisa merekrut beberapa teman dan penulis profesional untuk menulis di blog anda. Usahakan setiap penulis selalu update artikel setiap hari saat anda mendaftarkan blog ke google news.

Namun jika anda sudah diterima, maka anda bisa mengurangi kuantitas postingan perhari dari yang awalnya misalkan 3 artikel bisa menjadi 2 artikel.

6. Blog Sudah Harus Berumur

Jika anda mendaftarkan blog ke google news, minimal blog anda mempunyai reputasi dan telah berumur. Minimal 6 bulan jika menurut saya, dan jangan sekali kali anda mendaftar ke google news dengan umur blog yang masih mingguan atau satu dua bulan karena cenderung akan mendapatkan penolakan.

7. Konten Pastinya Harus Aktual dan Tidak ada Unsur Hoax

Meskipun artikel berita mempunyai sedikit kata-kata namun kualitas artikel harus baik dan tidak boleh dilupakan Tidak direkomendasikan membuat berita lama yang kemudian di ulang kembali. Anda juga tidak boleh menulis berita tentang hoax.

Nah, jadi itulah cara daftar google news lengkap dengan tips diterima dengan mudah. Semoga dengan menerapkan tutorial di atas, anda mendapatkan persetujuan dari google news.

Demikian artikel ini, terima kasih atas kunjungannya.

Bagikan:

Tags

Kayeols

Usaha dan Berdoa itu Sangat Penting, Berjuanglah Sekuat Tenaga, Niscaya Perjuanganmu akan membuahkan Hasil Yang Manis.

21 pemikiran pada “√ Cara Daftar Google News dan Tips Mudah Diterima”

  1. pengen banget gan sebenarnya daftar google news, tapi sayangnya blog ane bukan niche berita

  2. Sayang sekali blog saya belum menggunakan domain TLD, kalau sudah mungkin mau di daftari.

  3. Ane udah coba daftar beberaoa kali dan dtolak beberapa kali, padahal udah berita, siedoo,com

  4. meskipun bukan niche kalo buat optimasi seo ini ngfek gak yah?

  5. Tidak bisa, karena yg diterima cenderung blog mengenai berita.

  6. Jangan Daftarkan Artikel yg copy paste dari web berita lain atau dari copy paste dari hasil press release, pasti ditolak oleh Google News, Kontennya harus orisinil,authentic, kalaupun sumber artikel dari web lain inget diedit ya guys

Tinggalkan komentar