√ Cara Kirim Paket Lewat Kantor Pos Indonesia Bagi Pemula

Cara Kirim Paket Lewat Kantor Pos Indonesia Bagi Pemula – Kantor POS sudah terkenal sejak dulu menjadi tempat untuk mengirim surat menyurat dari satu daerah ke daerah lainnya.

Semakin majunya zaman, banyaknya saingan, dan adanya bisnis jual beli online, kantor pos sekarang juga menangani pengiriman paket ke seluruh Indonesia agar tidak tertinggal dengan saingannya.

Untuk melakukan pengiriman barang/paket melalui kantor pos, tentu saja ada langkah-langkah yang harus dilakukan. Berikut beberapa langkah yang harus kita lakukan!.

Cara Kirim Paket Lewat Kantor Pos Indonesia

1. Kemas Barang yang Ingin Dikirim

Pertama, siapkan barang yang ingin anda kirim kemudian lakukan pengemasan. Di bawah ini tips packing barang yang baik dan benar menurut Pos Indonesia :

  • Lapisi barang dengan buble wrap, pastikan barang yang ingin anda kirim terlindungi.
  • Gunakan box berbahaan styrofoam/gabus agar dan letakkan kiriman di tengah-tengah.
  • Setelah itu beri lakban keliling dan bungkus dengan baik.

Selain cara di atas, anda juga bisa menggunakan bahan lain yang menurut anda lebih bagus untuk membungkus kiriman.

2. Tulis Alamat Pengirim dan Penerima

Siapkan kertas dan tuliskan nama anda sebagai pengirim, alamat, dan nomor telepon anda. Tuliskan juga nama penerima, alamat penerima, dan nomor handphone penerima. Kemudian rekatkan kertas tersebut pada paket.

3. Datang Ke Kantor POS

pos indonesia

Langkah berikutnya adalah datang ke kantor pos untuk melalukan pengiriman anda. Sekarang untuk mencari kantor pos tidaklah sudah, di setiap kota pasti ada cabang kantor pos.

Ketika sudah sampai, kemudian bilang ke pegawai jika anda ingin mengirim paket/barang.

Baca Juga :

4. Berikan Barang untuk Dikirim dan Pilih Paket Pengiriman

Setelah itu, barang anda akan ditimbang dan anda disuruh memilih paket pengiriman pos jenis apa. Berikut jenis-jenis pengiriman melalui kantor POS :

  • Layanan Pengiriman Pos Express : Adalah layanan Premium milik Pos Indonesia untuk pengiriman cepat dan aman dengan estimasi barang sampai 1 hari sejak barang diposkan.
  • Pengiriman Pos Kilat Khusus : Merupakan layanan milik Pos Indonesia untuk pengiriman aman dan cepat dengan jangkauan luas. Layanan ini dapat menjadi pilihan tepat dan terpercaya untuk mengirimkan paket, dokumen, surat serta barang dagangan online dengan harga yang lebih murah.
  • Layanan Pengiriman Pos Jumbo Ekonomi : Layanan Pos Jumbo Ekonomi merupakan layanan Pos Indonesia dengan tarif tingkat berat pertama dimulai dari 3 kg dan setiap satu Kilogram berikutnya sampai dengan tingkat berat 30 Kg.
  • Pengiriman Kurir Reguler : Merupakan layanan pengiriman dokumen dan barang domestik standar milik Pos Indonesia dengan jaringan luas.
  • Layanan Pengiriman QComm : Layanan milik Pos Indonesia yang memudahkan pebisnis online untuk mengirimkan barang dagangannya secara tepat waktu. Layanan QComm tersebar di seluruh area pulau Jawa dengan maksimal waktu 2 hari sampai tujuan. Berat maksimal barang yang bisa dikirim sebesar 5 Kg.
  • Pengiriman Q9 (Kyu Nain) Sameday Service :  Layanan milik Pos Indonesia yang mampu mendukung kelancaran usaha pembisnis online dan pelaku UKM. Q9 Sameday Service adalah layanan khusus Pulau Jawa, dan Ibu kota Propinsi untuk kota-kota di luar Pulau Jawa.

Setelah memilih paket pengiriman, berikan barang untuk dikirim. Selanjutnya anda akan diberikan resi untuk mengecek status pengiriman.

5. Cek Status Pengiriman

Untuk melakukan pengecekan khusus paket Pos Indonesia, simak tutorialnya di bawah ini :

  • Buka browser dan masuk ke https://www.posindonesia.co.id/id/tracking.
  • Masukkan nomor resi yang anda dapat sebelumnya.
  • Kemudian klik Cari.cek resi pos indonesia
  • Nanti terdapat informasi pengiriman paket sudah sampai mana.

6. Barang Sampai di Tujuan

Jika barang sudah sampai pada tujuan, biasanya pihak penerima akan menghubungi pihak pengirim. Atau jika penerima tidak menghubungi, anda bisa melakukan pengecekan resi seperti tutorial pada poin 5.

Jadi itulah cara kirim paket lewat kantor pos dari awal barang packing hingga barang sampai di tempat tujuan. Sudah bisa kan?, jika belum, bagian mana yang anda bingung, tuliskan di bawah ya!.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *