7 Cara Membedakan Aplikasi Asli Dan Palsu Di Google Play Store

Cara Membedakan Aplikasi Asli Dan Palsu Di Google Play Store – Google play store merupakan aplikasi induk yang menyediakan banyak aplikasi di handhone android. Seperti mulai dari aplikasi sosial media, game, aplikasi, dan masih banyak lagi. Banyak aplikasi-aplikasi ternama yang ada di google play store. Untuk bisa menginstall aplikasi terkadang tidak hanya lewat play store, melainkan lewat akses yang lain.

Berbicara mengenai aplikasi yang ditemukan selain di play store, sering kita menjumpai juga aplikasi palsu. Aplikasi palsu adalah aplikasi yang meniru aplikasi resmi yang memiliki jutaan pengguna, secara detail dan fiturnya yang hampir menyerupai. Akan tetapi tujuan mereka pastinya hanya untuk mendapatkan keuntungan. Bahkan ada juga yang memiliki misi untuk mendapatkan data-data para pengguna. Seperti kita ketahui bahwa data pribadi sangatlah penting.

Lalu bagaimana cara agar terhindar dari hal tersebut, bagaimana cara agar kita bisa membedakan antara aplikasi yang asli dengan yang palsu? bukanlah membedakan kedua hal tersebut adalah hal yang sulit?, eits jangan salah. Sebenarnya gampang banget untuk mengetahui yang mana aplikasi asli dan palsu. Ingin tahu bagaimana cara membedakannya?, simak uraian berikut.

Cara Membedakan Aplikasi Asli Dan Palsu

1. Lihat Pada Nama Aplikasi

Cara pertama untuk mengetahui perbedaan antara aplikasi yang asli dengan yang palsu cukup perhatikan pada bagian nama. Mulai dari nama logo, dan tampilan awal ketika masuk pada suatu aplikasi. Itu sangat perlu diperhatikan, pastinya jika sebelumnya pernah menggunakan aplikasi tersebut. Harusnya update lebih bagus apabila ada perubahan, jadi perhatikan nama lalu cek tampilan aplikasinya beserta logonya juga.

2. Coba Cek Pada Bagian Informasi Pada Info APK

Untuk cara yang kedua ini kalian bisa mengeceknya setelah kalian berhasil menginstallnya. Jadi kalian nantinya bisa melihat mulai versi apk, sumber instalasi, waktu instal, dan sumber pembaruan. Untuk mengeceknya silahkan kalian ikuti cara cara di bawah ini :

  • Masuk ke Pengaturan
  • Pilih Kelola Aplikasi
  • Jika sudah, dilanjut mencari aplikasi yang ingin anda cari tahu informasinya.
  • Setelah itu dilanjut klik pada pojok kanan atas atau pada logo i
  • Nah disitu kalian akan melihat beberapa info penting dari aplikasi tersebut

Silahkan kalian perhatikan apakah ada hal yang janggal atau tidak. Jika semuanya normal dan terlihat asli serta tidak ada yang mencurigakan maka itu asli. Terutama dari sumber dan versinya jelas.

3. Cek Nama Developernya

Apabila kalian download di google play store, maka ini lebih mudah untuk mengecek tingkat keaslian pada suatu aplikasi. Jadi kalian tinggal cek saja nama developernya, lalu silakan hafal nama developernya setelah itu coba cek di google.

Kalian bisa membandingkannya dengan cara mendownload aplikasi mod di beberapa situs download, bedakan, apakaha developernya sama. Jika sama, maka aplikasi itu asli, dan jika tidak sama, maka hapus saja aplikasi mod tersebut.

Baca Juga :

4. Cek Rating Dan Komentar

Aplikasi asli cenderung memiliki rating dan komentar yang bagus, kecuali memang baru ada error maka tak jarang juga ada yang komplain dan mengeluh. Di sini saya pernah menemukan komentar aplikasi palsu yang di mana banyak yang berkomentar seperti ini. “Aplikasi apa ini, isinya cuma iklan dan tidak berfungsi apa-apa”. Nah seperti itu salah satu cirinya, tapi di sini saya gak mau nunjukkin aplikasi apa. Yang jelas di google play store ada.

5. Cek Jumlah Download

whatsapp real

Anda jugs bisa membedakan antara aplikasi asli dan palsu dengan melihat jumlah downloadnya. Jika jumlah downloadnya banyak, maka bisa dipastikan aplikasi tersebut asli. Dan jika ada aplikasi serupa yang jumlah downloadnya sedikit, anda bisa memastikan bahwa aplikasi tersebut palsu.

6. Screenshoot

Berbeda dengan aplikasi asli, aplikasi palsu biasanya menggunakan screenshoot aplikasi yang sedikit berbeda dengan yang asli. Pengembang aplikasi palsu tahu bahwa mengambil screenshoot asli dari aplikasi asli merupakan tindakan hak cipta dan wajib dihindari.

7. Jangan Download Di Lain Sumber Kecuali Play Store Kalau Bisa

Sebenarnya ini tips biar kalian aman dalam menggunakan aplikasi, sebahaya-bahayanya aplikasi di play store paling cuma iklan saja. Tapi kalau di google lewat situs-situs nah itu kemungkinan ada yang berbahaya, seperti aplikasi phising. Maka dari itu harus benar benar teliti dan jangan sampai anda kemalingan data pribadi maupun info penting lainnya.

Itulah beberapa cara membedakan aplikasi asli dan palsu dengan mudah dan cepat. Saya sarankan jangan sesekali mendownload aplikasi di luar play store. Jika anda memang tidak ingin mendownload lewat play store, anda bisa mendownload aplikasi tersebut melalui situs resminya, jangan download melalui situs aplikasi mod.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *