oleh

Cara Membuat Meta Description Di WordPress Dengan Plugin Yoast SEO

Cara Membuat Meta Description Di WordPress Dengan Plugin – WordPress merupakan platform blog yang menurut saya terbaik di dunia saat ini, banyak blog besar menggunakan wordpress. Alasan mereka menggunakan wordpress karena wordpress lebih SEO friendly atau ramah terhadap mesin pencari, selain itu banyak sekali fitur yang mendukung wordpress agar menang di persaingan mesin pencari.

WordPress memang lebih SEO friendly dibandingkan dengan blogspot, namun itu juga tergantung dengan penggunanya/pemiliknya. Apabila blog wordpress dioptimasi dengan baik pasti akan mendapatkan posisi yang tinggi di mesin pencari. Nah salah satu cara mengoptimasinya yakni dengan menambahkan meta description dan meta keyword.

Mengapa hal ini diperlukan?. Karena dengan menambahkan kata kunci dan deskripsi maka pencarian terhadap blog bisa lebih spesifik. Dengan menambahkan kata kunci pada blog terutama pada homepage maka itu akan menambah nilai plus bagi blog anda.

Jika pada blogspot meta deskripsi dan meta kata kunci diletakkan pada HTML dengan cara edit html, pada wordpress ini lebih istimewa karena anda bisa meletakkan kata kunci dan deskripsi tanpa melalui edit html. Disini anda hanya membutuhkan bantuan plugin, plugin tersebut berguna sekali dalam SEO dan nama pluginnya yakni Yoast SEO dan All In One SEO.

Pentingkah Meta Deskripsi Dan Meta Keyword?

Dibilang penting ya penting, dibilang tidak penting ya bisa saja tidak. Namun bagi saya disini penggunaan deskripsi dan kata kunci cukup penting karena melihat persaingan yang tinggi pada mesin pencari, dengan menambahkan deskripsi dan kata kunci maka pencarian bisa lebih tertarget.

Namun beberapa ahli SEO mengatakan bahwa penggunaan meta khususnya meta keyword di mesin pencari google sudah tidak dipergunakan lagi, dan setelah saya cek memang benar dan bisa di cek di smartseotools dot com bahwa meta keyword sudah tidak dipergunakan lagi. Lihat gambar di bawah meta keyword

Nah disini bisa dilihat bahwa pada tanda panah biru meta keywords tidak digunakan lagi pada google. Namun tidak ada salahnya mencoba menambahka meta pada blog, siapa tau aja masih work dikit-dikit. Hehehe

Lantas Bagaimana Cara Membuat Meta Description Di WordPress Dengan Plugin?

Tenang saja, untuk caranya ikuti petunjuk-petunjuk yang saya berikan. Disini akan saya terangkan cara membuat meta description dengan plugin yoast seo.

Membuat Meta Tag Dengan Plugin Yoast SEO

Plugin yoast seo ini merupakan plugin seo terbaik gratis yang bisa membantu meningkatkan optimasi pada mesin pencari agar lebih optimal. Selain bisa digunakan dalam versi gratis, plugin yoast seo ini juga tersedia dalam versi premium/berbayar yang tentu saja memiliki fitur yang lebih lengkap daripada fitur gratis.

Langsung saja cara menambahkan meta dengan plugin yoast seo :

  1. Instal dan aktifkan plugin yoast seo apabila belum punya.
  2. Kemudian buka menu SEO > Dashboard > Features seperti pada gambar advanced-pages yoast seo
  3. Geser pilihan ke Enabled, kemudian setelah itu simpan perubahan.
  4. Setelah itu buka menu SEO > Title & Metas dan klik pada menu Other yoast seo meta
  5. Pada tab “Use meta keywords tag” aktifkan pilihan pada enabled. Setelah itu klik save changes/simpan perubahan.
  6. Selamat, anda telah mengaktifkan fitur meta description dan keyword pada blog anda dengan plugin yoast SEO.
  7. Belum selesai sampai disini ya guys, yuk ikuti langkah selanjutnya.

Cara Menambahakan Meta Keyword Dan Meta Description

  1. Masuk ke menu SEO > Title & Metas kemudian klik pada Submenu Homepage.
  2. Akan ada kolom yang harus diisi yakni Title Template, Meta Description Template dan Meta Keywords Template. Isi dengan deskripsi dan kata kunci sesuai keinginan anda. homepage title metas
  3. Terakhir klik save changes untuk menyimpan perubahan.

Menambahkan Deskripsi Dan Kata Kunci Pada Postingan/Konten

Untuk membuat meta deskripsi dan kata kunci pada postingan/konten artikel, bisa ditambahkan saat anda membuat artikel. Cara membuat meta description di wordpress content yakni :

  1. Tentukan judul artikel yang anda inginkan.
  2. Kemudian gulir ke bawah artikel sampai anda menemukan fitur yoast seo on article seperti pada gambar meta keyword content
  3. Nah, disitu ada kolom deskripsi meta dan focus keyword, masukkan deskripsi dan kata kunci yang anda inginkan.
  4. Untuk menambahkan lebih dari satu kata kunci, pisahkan dengan tanda koma. Saya sarankan jangan menggunakan lebih dari 10 kata kunci, cukup gunakan satu kata kunci agar kekuatan kata kunci terfokus pada satu kata kunci tersebut.
  5. Untuk deskripsi blog, klik dulu pada edit snippet, nanti akan keluar menu meta description, nah disitu masukkan deskripsi sesuai dengan judul artikel dan jangan masukkan deskripsi terlalu banyak. Cukup masukkan deskripsi sampai warna bar menjadi hijau.
  6. Jika custom deskripsi sudah anda masukkan kemudian klik “Close snippet editor”. Dan selamat, anda berhasil menambahkan deskripsi dan kata kunci pada artikel.

Itulah Artikel singkat mengenai cara membuat meta description di wordpress serta kata kuncinya, namun ini tergantung dengan pilihan anda hendak menggunakannya atau tidak. Saya sarankan agar anda menggunakan fitur deskripsi dan keyword ini agar dapat membantu mendongkrak posisi di mesin pencari terutama google.

Selain dengan menambahkan meta description dan keyword untuk mendongkrak seo, anda juga bisa mendongkrak skor seo dengan cara optimasi seo off page/mencari backlink dan membangun popularitas.

Sekian, semoga bermanfaat bagi anda para blogger wordpress sekalian, terima kasih atas kunjugannya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

7 comments