Cara Membuat Table Of Content Di WordPress Dengan Mudah & Praktis

Kayeols

Cara Membuat Table Of Content Di WordPress Dengan Mudah & Praktis – Mungkin diantara anda adalah pemilik website yang berplatform WordPress?, serta seringkali menulis tulisan yang panjang?, dan ingin sekali membuat daftar isi di dalam pos tersebut akan tetapi tidak tahu cara membuat daftar isi artikel di wordpress?.

Jangan khawatir, karena di bawah ini akan diberikan cara membuat daftar isi di wordpress. Namun sebelum menginjak ke tahap tutorial, anda perlu mengetahui apa itu daftar isi atau biasa disebut dengan Table Of Content (TOC).

Cara Membuat Table of Content Di WordPress

A. Apa itu Table Of Content?

Table of content atau biasa disebut dengan TOC, merupakan sebuah daftar isi yang terdapat pada sebuah pos atau tulisan anda, entah itu di platform blogger ataupun wordpress. Dimana table of content ini memberikan kemudahan sekali untuk para pembaca, agar bisa menemukan poin-poin dari setiap artikel.

Baca Juga:  3 Cara Memasang Anti Copas di Blog Dengan Mudah

Selain poin-poin artikel, bisa juga mendapatkan intisari sebuah artikel dimana bisa diketahui dengan mudah, karena cara kerja TOC sendiri akan mengarah ke poin pada setiap artikel.

B. Apa Manfaat Dari Table Of Content?

Sebenarnya mengenai manfaat sudah dijelaskan pada poin di atas, pada intinya memberikan kemudahan untuk para pembaca agar menemukan inti artikel. Selain itu banyak yang beranggapan juga bahwa daftar isi ini dapat membuat meningkatkan SEO pada suatu blog.

Setelah mengetahui beberapa penjelasan di atas mengenai apa itu daftar isi atau toc dan mengenai manfaatnya, mungkin anda tertarik ingin membuat table of content di wordpress? silahkan simak ulasan di bawah ini untuk cara bikinnya.

C. Cara Membuat Table Of Content Di WordPress

Untuk membuat daftar isi di postingan blog sebenarnya sangat mudah sekali untuk platform wordpress. Tidak seperti platform blogger, karena untuk platform blogger sendiri harus paham setting code html. Akan tetapi berbeda dengan wordpress, di wordpress kita tinggal install saja dan klik, setting maka secara otomatis sudah jadi daftar isinya.

Baca Juga:  5 Situs Penyedia Gambar Gratis Berkualitas Tinggi Untuk Artikel Web

1. Langkah pertama untuk membuat table of content yaitu masuklah ke dashboard wordpress website anda masing-masing. Jika sudah masuk, maka tinggal cari dan klik Plugin, selanjutnya tinggal klik Tambah Baru. Jika anda bingung, silahkan perhatikan gambar di bawah ini. Selanjutnya dilanjut ketikan kata kunci Easy Table Of Content.

2. Berikutnya nanti akan muncul tampilan seperti gambar di atas, lalu pilih lah seperti yang sudah ditunjukan di atas. Setelah itu klik Install, maka secara otomatis akan loading beberapa saat dan jika sudah selesai, maka kata install menjadi kata aktifkan. Maka jika sudah seperti itu, anda silahkan klik aktifkan, otomatis table of content atau daftar isi pun akan aktif dengan sendirinya. Selesai! jadi seperti itulah mengenai cara membuat daftar isi artikel di blog.

Namun jika sudah selesai seperti itu, masih terdapat hal yang harus anda lakukan yaitu menyetting table of content pada blog anda. Pada umumnya jika anda hanya menginstall saja tanpa setting, maka table tersebut belum tentu muncul pada postingan anda. Maka dari itu, setting daftar isi sangatlah penting sekali. Namun jika anda tidak tahu cara settingnya, jangan khawatir! karena di bawah ini akan dijelaskan juga.

Baca Juga:  Cara Membuat Privacy Policy Situs Web Dengan Mudah

Baca Juga : Cara Meningkatkan Pengunjung Blog Yang Sepi Hingga 50%.

D. Cara Setting Table Of Content Di WordPress

1. Langkah pertama silahkan masuk ke dashboard wordpress, jika sudah masuk, maka cari dan klik Pengaturan.

2. Selanjutnya anda cari dan pilih Table of Contents, jika anda masih bingung juga silahkan perhatikan gambar di bawah ini.

Berikutnya anda akan disuguhkan mengenai Enable Support dan Auto Insert. Silahkan atur sesuai selera anda, atau anda bisa ceklist pada bagian pos dan laman, pada kedua bagian tersebut. Jika anda scroll ke bawah, maka nanti anda akan menemukan kata Show When, artinya anda akan memunculkan toc di H1 ataupun seterusnya.

Untuk Header Label , anda bisa ubah namanya. Misalnya saja “Daftar Isi” dan sebagainya. Untuk opsi lain silahkan default saja atau sudah bawaan dari toc nya, jika sudah silahkan klik Save Changes.

Jadi seperti itulah mengenai cara membuat daftar isi di wordpress, untuk cara menggunakannya pada saat menulis, maka buat kalimat atau teks tersebut menjadi Penakjukan. Semoga bermanfaat sekian dan terima kasih.

Bagikan:

Tags

Kayeols

Usaha dan Berdoa itu Sangat Penting, Berjuanglah Sekuat Tenaga, Niscaya Perjuanganmu akan membuahkan Hasil Yang Manis.

Tinggalkan komentar