5 Perbedaan Link Dofollow dan Nofollow Paling Lengkap

Kayeols

Perbedaan Link Dofollow dan Nofollow Paling Lengkap – Link adalah hal yang tidak luput dari sebuah blog, entah itu link dalam maupun link dari luar website.

Untuk link dari luar, atau sering disebut backlink, terdapat 2 jenis. Yakni link nofollow dan link dofollow. Bagi anda yang tidak tahu apa itu link nofollow, berikut penjelasannya lengkap.

A. Perbedaan Link Dofollow dan Nofollow

Sebelum menuju perbedaan antara kedua link, anda wajib mengetahui pengertiannya terlebih dahulu. Berikut pengertiannya lengkap.

1. Dofollow Link

Berasal dari bahasa inggris yang terdiri dari 2 kata, yaitu do dan follow. Do disini berarti melakukan sesuatu, dan follow mempunyai arti ikuti. Jadi istilahnya melakukan sesuatu dengan ikuti, dan lebih mudahnya lagi artinya mengikuti.

Baca Juga:  Apa itu Breadcrumbs, Cara Membuat, dan Manfaat untuk SEO

Jika ada link yang tertaut di dalam postingan ke situs lain/link keluar secara dofollow, artinya blog tersebut mengijinkan bot crawler untuk menghitung/mengikuti link tersebut.

Jenis link inilah yang banyak bloggers cari, dengan tujuan blog mereka bisa mendapatkan kepercayaan dari google, bahwa blog mereka benar-benar bagus, sampai mendapatkan rekomendasi dari situs lain.

2. Nofollow Link

Nofollow terdiri dari dua suku kata yakni no dan follow. No berarti tidak, dan follow berarti ikuti. Dan jika digabungkan maka menjadi tidak mengikuti. Jika link di dalam postingan dipasang secara nofollow, maka saat Google melakukan crawl, tidak akan diindex sama sekali.

Baca Juga:  10 Plugin Google Adsense Wordpress Terbaik, Updated

B. Perbedaan

dofollow vs nofollow

  • Dilihat dari pengertiannya, Dofollow berarti link yang nantinya akan mendapatkan poin ketika dirayapi oleh google bot, sedangkan link nofollow tidak akan memiliki poin saat google bot merayapinya.
  • Link dofollow adalah link default yang dimiliki sebuah blog. Yang artinya saat kita mencantumkan atau membuat sebuah artikel, artikel itu akan otomatis menjadi dofollow. Sedangkan pada link nofollow kita harus menambahkan atribut rel=”nofoll0w”.
  • Contoh link dofollow yakni <a href=’example.com’>contoh link</a>.
  • Contoh link nofollow yakni <a href=’example.com’ rel=”nofollow”>contoh link</a>.
  • Link nofollow dapat mengurangi banyak spam, sedangkan dofollow bisa memperbanyak spam.

Jika sudah tau perbedaan dari masing-masing link, lalu bagaimana cara mengetahui backlink dofollow atau nofollow?. Simak poin berikutnya!.

C. Cara Mengetahui Sebuah Link Dofollow atau Nofollow

1. Memasang Add On Mozila Firefox – NoDofollow

Dengan memasang add on ini anda bisa melacak sebuah backlink dofollow atau nofollow dengan cara yang sangat mudah yakni klik kanan dan pilih nodofollow.

Baca Juga:  10 Cara Meningkatkan Traffic Website Secara Cepat dan Efektif

nodofollow add on

Link yang bergambar biru berarti dofollow, dan yang merah yakni nofollow.

2. Cara Kedua Yakni Dengan Inspect Elemen

Inspect elemen, selain dapat memperbaiki tampilan blog, cara ini juga dapat mengecek apakah sebuah link merupakan backlink dofollow atau kebalikannya.

Caranya yakni klik kanan dan pilih inspect elemen pada link yang ingin anda cek. Nanti apabila terdapat atribut nofollow pada link berarti itu adalah link nofollow, dan apabila tidak ada maka itu adalah dofollow.

D. Rekomendasi Link yang Baik untuk Website

  • Jika anda ingin mendapatkan backlink, saya sarankan dapatkan backlink link dofollow. Untuk link nofollow sebenarnya bagus, namun kurang mendapatkan perhatian dari google.
  • Dapatkan link secara murni, dan jangan lakukan spam.
  • Hindari backlink dari situs-situs ilegal, seperti situs judi maupun situs dewasa.
  • Usahakan jangan mlakukan pertukaran link.
  • Dan masih banyak lagi.

Nah, jadi itulah beberapa perbedaan link dofollow dan nofollow lengkap dengan pengertian, hingga cara mengetahuinya.

Demikian artikel ini, semoga bermanfaat untuk para blogger.

 

Bagikan:

Tags

Kayeols

Usaha dan Berdoa itu Sangat Penting, Berjuanglah Sekuat Tenaga, Niscaya Perjuanganmu akan membuahkan Hasil Yang Manis.

25 pemikiran pada “5 Perbedaan Link Dofollow dan Nofollow Paling Lengkap”

  1. Jelas dan rinci banget gan, jadi ngerti ane mengwnai perbedaan link dofollow dan nofollow

  2. Tapi katanya algoritma baru google sekarang mulai mengabaikan hal tersebut, mau itu dofollow atau pun nofollow tetap akan mendapatkan penilaian dari google…

  3. Wah saya kok baru tau yach.. Thanks Bang jadi nambah pengetahuan saya yang masih pemula..

  4. waah baru tahu saya perbedaannya, kirain sama ternyata memiliki perbedaan. Terima kasih infonya gan

  5. penjelasannya rinci banget, gampang di mengerti, mau coba pasang add ons firefox nya biar tau blognya no follow apa do follow

  6. Kata teman” keduanya penting buat beck link kita, karena google lebih menyukai yg alami.

  7. Aku nangkepnya yang penting backlink itu bagus buat blog, bener gak mas? Hehehe

  8. Mas, Saya mau menanyakan ini di luar topik pembahasan. Apakah mas menerima jasa content placement .jika iya boleh tau simulasi harga nya. Tapi apakah blog saya yg masih baru dan aman atau boleh memakai jasa content placement ini? Mhn pencerahan dan estimasi biaya. Mksih mas

Tinggalkan komentar