oleh

4 Cara Memilih Laptop Yang Baik Untuk Mahasiswa Dan Pelajar

4 Cara Memilih Laptop Yang Baik Untuk Mahasiswa Dan Pelajar – Memilih laptop adalah hal yang perlu dilakukan oleh semua orang ketika ingin membeli laptop. Oh ya, laptop sendiri merupakan alat elektronik yang diperuntukkan mempermudah kegiatan seseorang. Walaupun ada berbagai macam alat elektronik seperti ponsel pintar, tv dan lainnya. Namun setiap perangkat elektronik memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Untuk era modern ini, kelihatannya laptop menjadi salah satu perangkat elektronik yang sering digunakan dalam berbagai pekerjaan. Hal ini bisa dilihat dari berbagai pengguna dari mulai pelajar, mahasiswa dan pekerja kantoran. Penggunaan laptop akan sering dilakukan ketika masa kuliah atau menjadi seorang mahasiswa. Banyak tugas yang tidak bisa meninggalkan laptop, bahkan presentasi memerlukan sebuah laptop.

Cara Memilih Laptop Yang Baik Untuk Mahasiswa & Pelajar

Nah, bagi anda yang kini dalam masa kuliah atau menjadi seorang mahasiswa tentunya anda memerlukan sebuah laptop untuk menunjang pendidikan yang tengah anda jalani. Untuk itu anda harus membeli sebuah laptop di toko perangkat elektronik. Tapi tunggu dulu, sebab anda perlu memilih laptop yang baik untuk banyak kegiatan. Berikut ini beberapa tips memilih laptop yang wajib anda ketahui.

1. Membeli Sesuai Biaya Yang Dimiliki

Langkah awal yang perlu diperhatikan ketika anda ingin membeli laptop adalah budget. Ini menjadi faktor penting, di mana anda perlu memperhatikan prioritas utama dengan sekunder. Apabila anda hanya memiliki biaya yang minim, jangan harap bisa membeli laptop yang mahal.

Nah, untuk seorang mahasiswa ada baiknya membeli laptop dengan harga yang rendah sekitar 3-4 jutaan. Dengan laptop seharga itu, anda sudah bisa mengerjakan berbagai tugas kuliah seperti membuat presentasi, artikel, dan lainnya. Mungkin jika untuk bermain game, game-game seperti pes dan game kecil lainnya.

2. Melihat Spesifikasi Dari Segi Jurusan/Bidang Studi Anda

bidang studi kuliah

Ok, anda seorang mahasiswa dengan beragam jenis jurusan. Setiap jurusan memiliki tugas yang berbeda-beda. Karena hal tersebut juga, anda pun memiliki kebutuhan laptop dengan spesifikasi yang berbeda. Jadi ketika anda ingin membeli laptop, lihat dulu jurusan kuliah yang anda miliki. Bagi anda yang jurusannya tidak berhubungan dengan multimedia, menggunakan laptop dengan spesifikasi biasa saja sudah cukup.

Namun beda halnya dengan mahasiswa dengan jurusan multimedia. Biasanya mereka akan membutuhkan spesifikasi laptop yang lebih tinggi. Mengingat tugas kuliah yang didapatkan mengharuskannya memakai laptop dengan spesifikasi tinggi. Misalkan saja laptop dengan spesifikasi prosesor intel dengan ram 4 GB dengan VGA NVIDIA. Hal ini menjadi keharusan yang harus dimiliki oleh mahasiswa multimedia.

3. Prioritaskan Laptop Multitasking

Cara memilih laptop yang baik untuk mahasiswa selanjutnya adalah pilih laptop multitasking. Multitasking disini yaitu laptop yang memiliki kemampuan untuk mengerjakan banyak hal. Tentu apabila laptop yang tidak memiliki hal tersebut dan dipaksa untuk mengerjakan berbagai tugas, maka akan terjadi kesalahan pada laptop tersebut.

Jadi anda bisa memilih laptop yang bisa digunakan untuk mengerjakan berbagai tugas dalam waktu bersamaan. Namun, laptop dengan spesifikasi yang tinggi cenderung bisa melakukan banyak hal, karena hardware yang mendukung untuk menginstal banyak software demi membantu penggunanya.

Baca juga : Cara Mengatasi Laptop Tidak Merespon Karena Berbagai Sebab, Terutama Spesifikasinya.

4. Pilih Laptop Yang Bergaransi

warranty

Hal yang perlu anda perhatikan dalam memilih laptop adalah belilah laptop yang bergaransi. Dengan demikian anda tidak perlu risau apabila laptop yang anda miliki mengalami kerusakan selama masa garansi masih tersedia. Jika mengalami masalah, anda bisa membawa laptop tersebut  kepada toko sewaktu anda membelinya dulu. Tenang saja, untuk sekarang hampir semua toko memberikan garansi terhadap produknya.

Sebenarnya masih banyak poin yang wajib diperhatikan untuk memilih laptop yang bagus dan berkualitas, namun hal yang paling penting adalah budget anda. Jangan memaksakan jika anda tidak memiliki budget. Dengan memperhatikan poin-poin di atas, diharapkan kepada anda agar dapat memecahkan masalah kebimbangan tentang pembelian laptop.

Jangan lupa ketika anda membeli, baca spesifikasi yang ada dibrosur atau pun bertanya melalui pelayannya. Hal ini bisa membantu anda mengetahui info dari laptop yang akan anda beli. Sekian artikel mengenai cara memilih laptop yang baik untuk mahasiswa dan pelajar, semoga bermanfaat. Sekian dan terima kasih.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *