6 Tips Membeli Printer Bekas Berkualitas Bagus Dan Awet

Tips Membeli Printer Bekas Berkualitas Bagus – Bagi kalian seorang mahasiswa ataupun pekerja kantoran, printer merupakan alat elektronik yang sangatlah penting. Dikarenakan kemungkinan tugas setiap harinya selalu print data ataupun dokumen yang telah selesai kita ketik dan kita buat. Namun sayangnya harga printer lumayan tinggi. Akan tetapi wajar saja, karena begitu besar manfaatnya dan hasilnya menolong berbagai macam kebutuhan.

Biasanya jika sudah seperti itu banyak yang lebih memilih untuk membeli printer bekas daripada printer yang masih baru. Sekali lagi alasan yang cukup kuat untuk membeli printer bekas dikarenakan harga yang lumayan murah, namun anda jangan asal membeli printer bekas, agar anda tidak menyesal di kemudian hari.

Salah satu tempat yang sering digunakan untuk jual beli barang elektronik seperti printer yakni olx dan facebook. Karena biasanya lebih mudah digunakan dan tiap-tiap daerah ada grubnya. Mereka menjualnya entah itu dikarenakan sedang butuh uang ataupun sudah lulus kuliah jadi printer tidak terlalu dibutuhkan.

Tapi anda wajib hati-hati ya, karena tidak semua aman. Lalu bagaimana sih cara memilih printer bekas yang bagus dan masih berkualitas?, berikut di bawah ini akan dijelaskan dan dipaparkan sebuah tips memilih printer bekas yang bagus dan berkualitas.

Tips Membeli Printer Bekas Berkualitas Bagus

1. Cek Kelengkapan Printer

Banyak yang asal beli printer, yang penting bisa di print. Eits memang sih juga sudah seperti itu sudah dipastikan normal, akan tetapi lebih bagus lagi kalian mengecek kelengkapan printer lainnya. Mulai dari kabel printer power, usb, cd driver, kardus printer, dan manual book. Pastikan semuanya dalam kondisi prima, jika tidak ada kardus ataupun manual book sih gak masalah. Yang penting kabel power, usb, dan cd drivernya harus ada.

2. Coba Nyakakan Printer dan Cek Kondisinya

menyalakan printer

Selanjutnya silahkan kalian coba untuk menyalakan printernya, sebelum ini pastikan kalian sudah menghubungkan semua kabelnya. Lalu jika sudah silahkan tekan tombol powernya, setelah itu perhatikan baik-baik ketika printer baru saja dinyalakan.

Apakah ada suara yang bunyi ataupun berdecit?, jika ada biasanya itu ada masalah pada part printer kondisinya sudah aus ataupun karatan. Namun tenang bisa diperbaiki kok, akan tetapi ini adalah kesempatan anda untuk menawar harganya lebih rendah lagi. Mengingat ada kekurangan tersebut.

3. Cek Tes Print

Tips berikutnya silahkan kalian coba ngetes untuk ngeprint, siapkan 30 kertas hvs untuk diprint. Memang sih agak repot, maka sebelum melakukan cara ini, pastikan kalian sudah benar benar yakin dan fiks memilih ataupun memantau salah satu printer yang hendak kalian beli.

Jadi silahkan taruh kertas di tray printer, lalu perhatikan proses print outnya, apakah berjalan dengan mulus atau tidak. Hal ini sebenarnya untuk mengecek kondisi sensor yang terdapat di printer.

4. Cek Harga Bekas Di Beberapa Situs

bukalapak shopee

Biasanya, untuk membeli sebuah barang, warga indonesia juga memperkirakan harganya. Jadi, harga ini pending sekali, meskipun menurut saya kualitas lebih penting. Jadi ambil patokan harga bekas di beberapa situs jual beli, jika memang terlalu mahal, anda bisa mencari yang lainnya. Namun jika sesuai harga, anda bisa mengambil barang tersebut atau menawarnya lagi, hehehe.

Baca Juga :

5. Beli Di Situs Marketplace Besar Jika Anda Ingin Membeli Online

Jika anda ingin membeli printer online tanpa harus mengeceknya, anda bisa membeli printer di situs situs besar seperti bukalapak, shopee, dan situs marketplace besar lainnya. Sudah pasti jika anda membeli di situs-situs pastinya barang terjamin bagus. Dan jika tidak bagus, anda bisa mengembalikannya kembali.

6. Cek Print Dengan Berbagai Variasi

cartridge printer

Tips yang terakhir ini agak rumit, karena ini untuk mengecek kondisi kualitas pada catridge, head print, timing belt, ataupun encorder disknya. Jadi silahkan kalian print teks biasa, tabel, gais, dan buat 4 blok warna biru merah kuning dan abu-abu.

Setelah itu kalian juga cetak garis garis , cek tabelnya lurus ataupun tidak lurus, lalu untuk teks nya blur atau tidak. Jika garisnya tidak lurus kemungkinan ada masalah pada part printer. So kalian tawar aja, biar lebih murah lagi.

Namun menurut saya, jika ingin digunakan untuk jangka waktu yang lama, anda bisa membeli printer baru saja, karena sudah terbukti barang baru pasti bagus. Oke, itulah tips memilih printer bekas, semoga bermanfaat untuk anda semuanya terutama para mahasiswa ataupun pekerja kantoran yang benar benar budget baru minim akan tetapi perlu banget membeli printer.

Oh iya ada satu tips lagi, pastikan harganya wajar misalnya dari aslinya 3 juta, dijual 2 juta. Kalau dijual cuma 1 juta, sedangkan kondisi normal, pasti ada sesuatunya nih. Semoga saja bukan barang malingan. Jika ada masukan dan tambahan, masukkan di kolom komentar, sekian dan terima kasih.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *