8 Cara Mendapatkan Sitelink Dari Google untuk Blog

Cara Mendapatkan Sitelink Dari Google untuk Blog – Banyak blogger ingin mendapatkan sitelink dari google, tapi untuk mendapatkannya sangat susah.

Ada blog yang baru sebentar, sudah mendapatkan sitelink. Dan ada juga blog yang sudah lama eksis namun tidak memperoleh sitelink, banyak contoh nya tapi saya tidak akan menyebutkan namanya.

Dengan adanya sitelink, website akan menjadi lebih bagus dan terstruktur. Bagi anda yang ingin mendapatkannya, berikut beberapa tutorial yang bisa anda lakukan!.

Apa itu Sitelink?

sitelink

Sitelink merupakan hasil pencarian dari suatu situs web/blog yang mempunyai karakteristik berbeda ( kebanyakan nama blog). Berbeda disini bisa dibilang pada hasil pencarian akan muncul beberapa sub menu seperti kategori, tag, atau artikel terpopuler yang dimiliki blog.

Banyak dijumpai pada blog besar seperti blog berita seperti detik, tribunnews, kompas, dan sederet blog besar lainnya.

Biasanya sitelink sebuah situs web terdiri dari beberapa kolom. Ada yang terdiri mulai dari 2 baris, 4 baris, 6 baris bahkan ada yang lebih dari itu. Sejauh ini saya sendiri tidak tahu bagaimana google memberikan sitelink kepada blog kita.

Bisa saja google memberikan sitelink kepada blog kita karena umur dan reputasi blog kita, bisa juga karena kualitas artikel yang lumayan bagus, atau bisa juga karena hal lainnya.

Seberapa Penting Sitelink untuk Blog?

Menurut saya bisa dibilang penting, bisa dibilang tidak. Dlam urusan visitor,blog yang memiliki sitelink biasanya akan lebih memiliki daya tarik daripadag blog yang masih baru. Pengunjung berpikir mungkin blog yang mempunyai blog baru merupakan blog besar. Bisa juga seperti itu.

Dari sisi yang tidak penting, sitelink biasanya hanya menampilkan beberapa kategori, tag, atau artikel terpopuler saja.

Cara Mendapatkan Sitelink Blog

Berikut ini cara mendapatkan sitelink blog secara alami yang dulu saya lakukan untuk mendapatkannya dan berhasil.

1. Sering Update Artikel, Minimal Satu Artikel Perhari

Hal ini dulu yang saya lakukan pertama kali, tapi dulu niatnya tidak untuk dapat sitelink. Niatnya cuma untuk membesarkan blog dan bersaing dengan blog lainnya.

Persisnya saya kurang tau kok bagaimana saya sendiri bisa mendapatkan sitelink, tau tau sudah ada banyak sitelink di blog saya.

Manfaat sering update artikel sebetulnya selain bisa mendapatkan sitelink, juga dapat menaikkan trafik blog dan juga bisa mendongkrak popularitas blog.

2. Usahakan Menulis Konten di atas 500 Kata

Menurut saya semakin panjang konten /artikel, maka persaingan untuk mendapatkan tempat paling atas semakin mudah. Mengapa konten panjang cenderung berada di halaman pertama pencarian?, karena panjang cenderung lengkap.

Ingat ya, Cenderung bukan berarti pasti. Kebanyakan konten panjang berada di halaman pertama karena konten itu memiliki isi yang lebih lengkap.

Seperti blog panduanim yang memiliki konten sangat panjang, pasti akan mudah bersaing di pencarian. Maka dari itu usahakan menulis konten yang panjang, kalau tidak bisa 1000 kata ya minimal 500 kata. Ini bisa mendongkrak posisi artikel di serp dan tentunya  akan lebih mudah mendapatkan sitelink.

3. Gunakan TLD / Top Level Domain

Dibanding blog yang memiliki embel-embel dot blogspot dan dot wordpress, top level domain lebih bagus dan memiliki nilai plus di mata search engine.

Bukan karena berbayar, nilai plus dari domain tingkat atas ini mungkin dinilai google jika blog tersebut lebih serius dibandingkan blog yang menggunakan embel-embel.

Selain lebih serius, blog dengan domain tingkat atas dinilai lebih professional sehingga mendapatkan perhatian yang baik dari mesin pencari.

Bukan berarti blog yang mempunyai embel-embel seperti dot blogspot dan dot wordpress tidak bisa mendapatkan sitelink dan perhatian lebih.

Baca Juga :

4. Perbaiki Struktur Template Mulai Dari Widget Hingga Navigasi

Cara mendapatkan sitelink berikutnya yakni dengan memperbaiki struktur template blog. Ini juga merupakan hal sangat penting karena pengunjung menyukai blog yang simpel dan tidak terlalu banyak widget.

Gunakan template yang SEO friendly dan menu navigasi mudah dan jelas agar blog mudah mendapatkan visitor. Selain itu struktur blog yang bagus juga berpeluang untuk mendapatkan sitelink oleh mbah google.

5. Buang Link Sampah

Nih buat para blogger yang suka tukar link, harus benar-benar dapat memilih kualitas backlink. Jangan asal memasang backlink yang kurang berkualitas karena itu sama saja dengan menspam blog anda sendiri.

Selain itu, kualitas blog anda akan menurun di mata pencarian google. Jika anda berniat memasang backlink, pasang backlink yang benar-benar berkualitas dalam arti backlink anda dapat dari situs besar yang sudah lama online.

6. Hindari Penggunaan Traffic Exchange

traffic exchange

Apa itu traffic exchange?, traffic exchange adalah pertukarang trafik/pengunjung dari satu blog dengan blog lain. Kurangi dan hindari hal ini karena google tidak menyukai hal ini. Lebih baik anda mendapatkan trafik alami dari pencarian daripada anda harus melakukan pertukaran trafik.

Untuk anda yang ingin menjaring visitor sebanyak mungkin terutama blog baru, lebih baik anda memanfaatkan media sosial seperti facebook, twitter, instagram, komunitas google plus serta forum forum yang beredar di internet.

7. Daftarkan Sitemap Blog Anda

Bagi anda yang mempunyai blog baru alangkah baiknya mendaftarkan sitemap atau peta situs blog ke webmaster atau search console.

Ini berfungsi agar google bisa merayapi artikel artikel anda, selain itu dengan mendaftarkan peta situs secara rutin dapat mengembangkan dan membuat blog lebih populer di mata mesin pencari.

Sitemap merupakan suatu daftar isi atau kumpulan dari banyak link konten website anda yang dirangkum menjadi satu dalam format dot xml. Contoh sitemap bisa seperti atom dot xml, sitemap.xml, post-sitemap.xml dan masih banyak lagi.

8. Usahakan Membuat Konten Dengan Satu Niche

Ini kesalahan saya dulu kenapa kok tidak membuat blog ini dengan satu niche saja. Untuk kamu yang ingin mendapatkan sitelink blog secara mudah dan cepat, usahakan membuat blog dengan satu niche.

Selain lebih mempunyai nilai jual di mata pencarian, blog dengan satu niche biasanya akan lebih cepat populer daripada blog gado-gado.

Sebenarnya masih ada banyak cara untuk mendapatkan sitelink blog, bisa juga dengan menggunakan webmaster tools sitelinks.

Namun kebanyakan cara diluar sana tidak relevan dan menggunakan tools. Sebaiknya saya sarankan gunakan cara yang natural, karena mesin pencari semacam google, yahoo, bing, yandex dan lain sebagainya lebih menyukai hal tersebut.

Oke, sekian dulu tutorial ini. Semoga bermanfaat untuk sesama blogger. Terima kasih atas kunjungannya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

57 komentar

  1. tahapan nya memang banyak buat dapet sitelink, tapi ane sebulan udah dapet dulu..hoki juga mungkin ya

  2. Semoga ilmu yg diberikan agan bisa berhasil buat saya untuk membuat sitelink di blog baru saya

  3. Menurut saya sih Domain Tidak ada pengaruh nya gan harus TLD dulu, soalnya udah banyak yg domain Blogspot Bisa kok ada sitelinknya. Makasih Info nya gan

  4. Setuju gan, sitelink itu agar di dapatkan secara natural saja, karena jika google sudah memberikan sitelink berarti menandakan blog kita memang layak menurut google.

  5. Thanks gan tutorialnya, namun disini saya mau bertanya dan minta bantuannya gan tentang poin 7 di atas gimana cara menampilkan site map di laman soalnya saya udah mencoba banyak script yang saya dapat di internet namun gak tampil juga, blog saya pakai custom domain gan mohon pencerahannya gan.

  6. berkat baca post ini dan ngikutin step by step akhirnya ane dapat juga gan… taks banget maaf komen lagi nih

  7. Mantab infonya.. blog saya masih baru, mungkin masih butuh waktu biar ada sitelink

  8. Oh jadi gitu,, ternyata harus bersusah payah dulu biar dapet sitelink harus banyak2 update artikel nih. makasih banget min ilmunya

  9. Saya sih sering update artikel, umur blog juga sudah 6 bulan, tapi belum dapat sitelink juga

  10. sekarang gak ada menu sitelink di webmaster mas
    saya bingung buatnya saya pakai kode saya tets gak ada sturktur
    coba cek mas
    https//jasa-gbpointblank,com:
    mohon bantuanya mas

  11. No 8 ini, menurut saya paling cepat untuk mendapatkan sitelink.

    Soalnya dulu pernah buat blog dengan 1 niche dalam 2 minggu sudah dapet, eh sekarang buat blof dengan niche campuran dan sudah beberapa bulan masih belum dapat sitelink.

  12. alhamdulilah blog saya sudah mendapat sitelink dr google
    blog baru 2 bln sejak saya baca info ini

    saya jadi tau sitelink itu apa si

    trm ksh mimin

  13. Mantap kang, saya sering search tentang panduan blogging. Entah kenapa selalu blog ini yang muncul di halaman pertama, selain situs panduanim dan klikmania.

  14. Sebagai blogger pemula blog yang dimiliki bisa menampilkan sitelink menjadi hal yang luar biasa. Cuman pertanyaan saya nih gan, Mungkinkah blog yang berektensi .my.id suatu saat bisa memperoleh sitelink?