5 Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Laptop Dalam 2 Menit

5 Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Laptop Dalam 2 Menit – Saya dan anda semua tentunya pernah menghapus sebuah file seperti musik, video, gambar, atau file lainnya entah disengaja maupun tidak. Biasanya file yang dihapus/terhapus adalah file penting dan tidak penting di laptop/komputer masing-masing.

Terkadang saat kita mencoba mengecek apakah di laptop kita ada virus menggunakan antivirus seperti AVG dan Avira, ada sebuah file yang terbaca sebagai virus, padahal ternyata file tersebut bukanlah virus. Dan saat kita ingin membersihkannya file tersebut juga ikut terhapus.

Namun apa mau dikata jika suatu saat anda membutuhkan file tersebut dan ternyata file tersebut sudah terhapus secara permanen. Mungkin anda harus download file baru yang sama persis dengan file lama. Memang download file baru dapat menyelesaikan permasalahan anda, namun itu juga akan menghabiskan kuota anda.

Perlu diketahui bahwa file yang sudah terhapus dari komputer atau laptop kita tidak akan menghilang begitu saja karena ada sebuah sistem yang bertugas menyimpan file tersebut selama beberapa waktu sebelum file tersebut terhapus secara permanen. Namun terkadang kita tidak tahu adanya fitur tersebut.

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Laptop

1. Menggunakan Software PC Inspector File Recovery

  • Download aplikasi pc inspector file recovery terlebih dahulu di pc inspector file recovery official site.
  • Setelah terdownload kemudian jalankan software nya.
  • Pada dashboard Pc Inspector File Recovery, anda diberikan 3 pilihan yakni Recover deleted files, find lost data dan find lost drive. Pilih yang recover deleted files seperti gambar berikut pc inspector file recovery
  • Pada menu recover deleted files klik lagi Select Logical Drive. Nanti anda akan diarahkan ke daftar drive laptop, kemudian pilih disk dimana file anda hilang kemudian klik centang hijau untuk melakukan scanning seperti pada gambar recover deleted files
  • Tunggu proses scanning drive anda, cepat atau lambatnya tergantung seberapa banyak file yang tersimpan di disk anda, selain itu lihat status file, jika status nya Good berarti file yang terhapus masih aman-aman saja dan 100% bisa dikembalikan seperti pada gambar berikut status file
  • Terakhir klik kanan pada file tersebut dan klik lagi Save to. Pilih lokasi file penyimpanan kemudian klik ok.
  • Tunggu proses restore berlangsung, lama atau tidaknya proses restoring tergantung seberapa besar kecil nya ukuran file tersebut.
  • Selesai.

2. Memanfaatkan Fitur Previous Version

  • Ingat terlebih dahulu folder dimana anda menghapus file tersebut.
  • Jika sudah ingat, masuk ke folder tersebut kemudian klik kanan dan klik pada Previous Version.
  • Perintah ini seperti mengembalikan folder ke versi terdahulu sebelum file terhapus dari laptop anda.

3. Cek Recycle Bin

  • Saya yakin semua laptop, pc, atau komputer anda memiliki tool ini. Bisa saya simpulkan recycle bin merupakan tool bawaan laptop, karena dulu sewaktu saya membeli laptop tool ini sudah ada.
  • Buka Recycle Bin, jika anda tidak mengerti recycle bin seperti inilah icon nya recycle bin
  • Setelah terbuka, nanti anda akan menemui file yang dulunya anda hapus. Klik kanan pada file tersebut kemudian kemudian klik Restore restore recycle bin
  • Maka file tersebut akan kembali ke drive penyimpanan laptop anda.
  • Itulah cara mengembalikan file yang terhapus dari recycle bin.

4. Menggunakan Backup File Menggunakan Cloud Storage

Sekarang ini sudah ada sebuah fitur penyimpanan baru yakni cloud storage. Cloud storage ini merupakan suatu fitur penyimpanan yang selalu online 24 jam dan bisa diambil sewaktu waktu anda membutuhkan. Cloud storage ada yang gratis dan ada yang berbayar, untuk yang gratis anda bisa mencoba google drive dan dropbox.

Fitur ini dapat anda gunakan dan juga bisa tidak, jika anda merupakan orang yang rajin merawat laptop seperti melakukan back up teratur pada penyimpanan laptop, mungkin saja suatu saat file backup tersebut akan bermanfaat pada saat seperti ini.

Jika file anda hilang seperti pada permasalahan ini maka anda bisa menggunakan backup an milik anda dan mengembalikan back up tersebut ke laptop anda. Namun jika anda tidak memiliki backup an sebelumnya maka anda bisa menggunakan tutorial lainnya.

5. Menggunakan Software File Recovery

Sama dengan fitur previous version pada nomor 3, menggunakan software recovery pun ada bagusnya untuk mengatasi permasalahan file hilang seperti ini, anda bisa mencoba beberapa software recovery gratis seperti easus dan software recovery nya di internet.

Baca juga cara menyembunyikan file pribadi di laptop/komputer.

Sebagaimana yang sudah saya jelaskan, diatas merupakan beberapa cara mengembalikan file yang terhapus di pc yang bisa anda coba untuk mengembalikan file yang terhapus di pc anda. Selain 5 cara diatas, sebenarnya masih banyak lagi cara mengembalikan data yang hilang menggunakan software khusus seperti minitool partition.

Namun saya sarankan kepada anda agar lebih jeli memilah dan memilih file yang mana yang akan dihapus dan file mana yang tidak ingin dihapus. Simpan file penting di folder tertentu jika anda tidak ingin bingung, sekian artikel ini dan terima kasih atas kunjungan anda.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

18 komentar

  1. artikel yang sangat membantu dan bisa di aplikasikan, semoga bisa teralisasi pada laptop saya.
    Terima kasih banyak atas ilmunya.

  2. Wah, terima kasih? saya sudah tegang sekali file di laptop saya banyak yang terhapus dengan tidak sengaja. Tapi disini menjelaskan dan saya mencoba alhamdulillah kembali lagi. Tenang deh saya sekarang☺️

      1. thanks mas atas bantuannya..
        sudah 2 malam bedagang akhirnya trik ini berhasil sekali lagi trims masss

  3. Saya udah cba tpi gk bisa. Drakor saya smuanya ttp gk bisa balik. Solanya filenya gk muncul di tmpt backup. Katanya gk ada file yg di hpus

  4. mohon informasinya,data file word,excel,semuanya tidak bisa dibuka sebaiknya apa yang dilakaukan mohon sarannya ,sebab banyak data penting