5 Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Kompatibel Di Google Play Store

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Kompatibel Di Google Play Store – Diantara anda ada yang mengalami masalah ketika ingin download suatu aplikasi di google play store, tiba-tiba tidak bisa memasang aplikasi dikarenakan ada tulisan aplikasi tidak kompatibel.

Dengan demikian aplikasi tidak mau terunduh dan terpasang di perangkat maupun ponsel. Tentu saja ini bakalan sangat menyebalkan, belum lagi jika aplikasi yang tidak kompatibel merupakan aplikasi sosial media seperti instagram, whatsapp, maupun facebook.

Mengenai aplikasi tidak kompatibel terdapat beberapa penyebab kenapa aplikasinya bisa seperti itu. Mulai dari belum tersedia di negara kita, CPU/GPU tidak mampu menjalankan aplikasi, OS smartphone yang belum diupdate, aplikasi tidak mendukung perangkat atau tidak support, dan mungkin aplikasi memilih spek khusus pada suatu smartphone.

Pasti banyak diantara kalian yang merasa kecewa, karena apabila tidak kompatibel maka tidak akan terinstall. Tenang jangan kecewa dulu, berikut di bawah ini saya akan memberikan sebuah cara untuk mengatasi aplikasi yang tidak kompatibel di google play store. Sehingga aplikasi yang kalian inginkan tersebut bisa terinstal di perangkat kalian dan tidak terlalu mempermasalahlkan lagi mengenai kompatibel dan sebagainya. Untuk caranya, silahkan kalian simak saja di bawah ini dengan seksama.

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Kompatibel Di Google Play Store

1. Download APK Mentahan Di Situs Lain

Cara yang pertama kalian bisa menggunakan metode lain untuk download aplikasi sesuai keinginan anda. Jadi pada umumnya memang downloadnya di google play store, mungkin demi keamanan dan permintaan developer aplikasi, maka smartphone kalian tidak bisa mengakses aplikasi dan dibuat tidak kompatibel.

Kalian bisa mengakalinya dengan cara download aplikasinya di situs download. Seperti 9apps, uptodown, apk4fun, dan apkmirror.

Pertlu kalian ketahui juga bahwa cara ini terkadang bisa dilakukan, dan terkadang ada juga yang tidak bisa melakukan cara ini. Itu semua tergantung aplikasi dan smartphone kalian, akan tetapi tidak ada salahnya untuk mencoba.

2. Menggunakan VPN

vpn

Cara yang kedua untuk mengatasi aplikasi yang tidak kompatibel dengan mudah sehingga kita bisa langsung menjalankan aplikasi tersebut, kita akan memanfaatkan aplikasi VPN. Jadi silahkan pertama kalian mengunduh VPN, bebas mau vpn apa saja terserah.

Misalnya kalian install turbo vpn, lalu silahkan jalankan VPN, dan coba unduh lewat play store aplikasi yang tidak kompatibel tersebut. Jadi usahakan kalian ketika download dan buka aplikasi yang tidak kompatibel tersebut harus kondisi VPN menyala.

3. Update OS Android

Berikutnya mengupdate OS di android merupakan langkah yang ampuh dan penting juga. Karena setiap aplikasi pastinya terdapat fitur-fitur yang di mana kemungkinan besar fiturnya hanya dapat digunakan pada sistem operasi android tertentu. Dengan demikian apabila sistem operasi tidak kompatibel, silahkan kalian update operasi sistem. Untuk caranya sendiri sangat bervariasi, karena setiap ponsel memiliki cara yang berbeda-beda.

Baca Juga :

4. Gunakan Aplikasi Market Helper (Rooted)

market helper

Cara yang terakhir ini pastikan kalian sudah root hp kalian. Apabila sudah root maka saatnya menjalankan caranya. Jadi pertama silahkan kalian download aplikasi market helper di google. Apabila sudah download silahkan jangan lupa juga untuk diinstal. Berikutnya ikuti cara di bawah ini:

  • Isikan data yang diminta di aplikasi tersebut, mulai dari device phone, operator, dan account email kalian. Isikan sesuai dengan kepunyaan kalian
  • Berikutnya silahkan klik activate
  • Biasanya akan muncul sebuah perizinan, dan silahkan klik izinkan ataupun authorize.
  • Silahkan tunggu proses aktivasi selesai, dan apabila selesai akan muncul notifkasinya.
  • Selesai, selamat coba lagi untuk mengunduh ataupun membuka aplikasi yang tidak kompatibel tersebut.

5. Gunakan Custom ROM (Opsional)

Ada beberapa kasus di mana handphone android tidak bisa menginstal aplikasi dikarenakan sistem handphone tersebut tidak bisa menerimanya. Nah, untuk mengakali hal tersebut, anda bisa menggunakan custom ROM yang lainnya, dengan arti, menggunakan software lain untuk bisa menginstal aplikasi tersebut.

Cara ini beberapa diantaranya sudah berhasil dilakukan, dan ada juga yang tidak berhasil melakukannya. Namun saya sarankan kepada anda agar jangan melakukan cara ini kecuali dalam keadaan terdesak. Karena beberapa handphone tidak bisa menggunakannya dan malah handphone tersebut bisa bootloop bahkan mati total.

Jadi itulah beberapa cara mengatasi aplikasi tidak kompatibel di google play store yang bisa kalian coba langsung untuk mengakali permasalan mengenai aplikasi yang tidak kompatibel di google play store. Jika ada tambahan, masukkan saja pendapat anda di kolom komentar.

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *