2 Cara Menggabungkan File Rar yang Terpisah Menjadi Satu

Kayeols

2 Cara Menggabungkan File Rar yang Terpisah Menjadi Satu – Tentunya jika membahas yang namanya file winrar, kita biasanya memperolehnya ketika mengunduh file software, game, dan lainya yang berukuran besar.

Winrar merupakan software yang dapat mengkompres/memperkecil ukuran file, ukuran file yang dikompress bisa menjadi lebih kecil 10% dari ukuran semula. Selain dapat kita gunakan untuk mengkompres data atau file, winrar juga dapat kita gunakan untuk mengarsipkan file/data.

Namun terdapat satu keadaan dimana 1 file terbagi menjadi 2 atau 3 bagian rar, dan hal ini sangat membingungkan untuk pemula. Bagaimana cara mengatasi hal ini?, kita bisa menggabungkan beberapa file rar tersebut menjadi satu, berikut caranya!.

Cara Menggabungkan File Rar yang Terpisah

Sebelum membahas caranya, berikut pengertian software winrar secara umum.

Apa Itu WinRar?

WinRar adalah sebuah perangkat lunak (software) yang dapat digunakan untuk pengarsipan dan kompresi yang dibuat oleh Eugene Roshal. WinRar dapat mengarsipkan berkas-berkas dalam format RAR, ZIP, Pocket RAR. Biasanya winrar dapat ditemui pada pc, komputer, atau laptop.

Baca Juga:  10 Tips Membeli Dan Memilih Modem Router Terbaik (UPDATED)

Winrar juga dapat kita gunakan untuk membagi data/file menjadi beberapa bagian atau yang biasa disebut Part. Nah, file yang sudah di part biasanya akan berfungsi jika kita menggabungkan file tersebut kembali menjadi satu. Untuk menggabungkan file tersebut, berikut penjelasannya.

1. Menggunakan Cara Manual (Ekstrak File)

  • Yang anda butuhkan adalah software WinRar. Jika anda tidak mempunyai software tersebut, maka anda tidak akan bisa melakukan langkah selanjutnya. Download software winrar terlebih dahulu.
  • Selanjutnya siapkan data/file yang ingin anda gabungkan. File yang ingin anda satukan wajib memiliki nama yang sama atau berurutan. Ini sangat penting, karena apabila berbeda satu huruf saja, file winrar tersebut tidak akan bisa kita gabungkan.
  • Selain nama yang sama, pastikan file tersebut sudah kita tempatkan pada satu folder yang sama. Ini bertujuan agar proses penggabungan dapat kita lakukan tanpa adanya gangguan.
  • Jika syarat di atas sudah anda lakukan, selanjutnya blok semua file dari part 1 hingga part terakhir seperti pada gambar di bawah. ekstrak
  • Jika sudah kemudian klik kanan dan pilih ekstrak to nama filecara menggabungkan file rar proses ekstrak
  • Namun biasanya terdapat kendala yakni adanya password yang terdapat file rar tersebut, artinya anda harus memasukkan password file yang terdapat pada website file tersebut untuk membukanya.file ekstrak
  • Jika password sudah dimasukkan kemudian klik OK. Tunggu file berhasil di ekstrak hingga 100%. Jika proses ekstrak sudah selesai maka file akan menjadi satu. Biasanya file besar yang terbagi menjadi beberapa bagian adalah game pc.
  • Selesai.
Baca Juga:  3 Cara Menambahkan Lokasi Di Google Maps Dengan Mudah (Terbaru)

2. Menggunakan Software (Hjsplit)

  • Download software yang bernama Hjsplit terlebih dahulu di Hjsplit official site. Software ini berfungsi untuk menggabungkan atau memisahkan file.
  • Jika sudah anda download kemudian buka softwarenya, berikut tampilan antarmuka hjsplit hjsplit
  • Untuk memulai penggabungan file klik Join. Setelah itu cari file yang ingin anda gabungkan.
  • Catatan : File yang digabungkan wajib berekstensi 001 dan seterusnya, urut, dan terletak pada satu folder yang sama. Berikut contohnya join file
  • Klik input file untuk mencari file yang ingin digabungkan, klik output file untuk menentukan lokasi penyimpanan file hasil penggabungan. Jika sudah kemudian klik Start untuk memulai proses penggabungan cara menggabungkan file rar dengan join hjsplit
  • Tunggu proses penggabungan selesai, jika sudah nanti akan muncul notifikasi Join Complete.
  • Sekian, file anda sudah berhasil digabungkan.
Baca Juga:  7 Cara Memperbaiki Speaker Laptop Yang Rusak Dengan Mudah

Baca Juga :

Manfaat Membagi File Rar Menjadi Beberapa Bagian

  • Kita akan lebih mudah berbagi data kepada teman, terutama jika memori penyimpanan terbatas.
  • Akan mudah mengunduh/download file tersebut Ini akan memudahkan kita jika pada waktu tersebut sedang mengalami koneksi internet yang tidak stabil. Kita bisa mendownload file dengan santai.
  • Lebih mudah jika mengunggah file yang sudah terbagi ke situs seperti mediafire, userscloud, daily uploads, dan lainnya yang memiliki kapasitas penyimpanan terbatas jika kita menggunakan akun versi gratis.
  • Dan masih banyak lagi manfaat yang bisa kita ambil dari membagi file winrar menjadi beberapa bagian. Selain mempermudah proses download, juga bermanfaat untuk menyingkat waktu.

Itulah manfaat dari membagi file winrar. Banyak orang menganggap jika menggabungkan atau membagi file winrar menjadi beberapa bagian itu susah, namun nyatanya itu semua sangatlah mudah.

Sekian artikel mengenai cara menggabungkan file rar menjadi satu. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih atas kunjungannya, jika anda bingung dengan cara yang saya jelaskan maka anda bisa menuliskan komentar anda di akhir postingan ini.

Bagikan:

Tags

Kayeols

Usaha dan Berdoa itu Sangat Penting, Berjuanglah Sekuat Tenaga, Niscaya Perjuanganmu akan membuahkan Hasil Yang Manis.

4 pemikiran pada “2 Cara Menggabungkan File Rar yang Terpisah Menjadi Satu”

Tinggalkan komentar