6 Cara Merawat Earphone Agar Tidak Cepat Rusak

Kayeols

6 Cara Merawat Earphone Agar Tidak Cepat Rusak – Earphone adalah barang elektronik yang fungsinya untuk mendengarkan lagu biar lebih enak dan mantep lagi. Jadinya ketika menggunakan earphone kita bisa mendengarkan sebuah musik ataupun lagu tanpa terganggu dengan suara bising di luar dan sebagainya.

Selain tidak terganggu, terkadang ketika kita memutar sebuah musik di hp dengan menggunakan earphone maka tidak mengganggu orang lain juga. Earphone juga bisa disebut sebagai speaker mini kecil yang terkadang memiliki bentuk unik juga yang didesain agar bisa masuk ke lubang telinga.

Model earphone pun terbilang bermacam-macam, ada yang model bluetooth, jadi hanya menggunakan bluetooth anda bisa menggunakan earphone. Dan bluetooth tadi anda tidak memerlukan kabel jadi lebih enak dan leluasa. Lalu ada juga yang harus menggunakan kabel, dan perbedaannya dari segi harga dari bluetooth ataupun kabel. Beberapa smartphone android sendiri terkadang memberikan earphone bawaan dan itu adalah sebagai bonus juga.

Akan tetapi jika dilihat-lihat saat ini sudah mulai jarang ada smartphone yang memberikan bonus berupa earphone. Maka dari itu kita harus membeli sendiri yang mungkin jika diperhatikan harganya juga lumayan mahal.

Baca Juga:  10 Cara Mengatur Keuangan Pribadi dengan Gaji Kecil

Yang namanya barang elektronik pasti semua ada masa kadaluarsa ataupun masa rusaknya, begitu pula dengan earphone. Earphone sendiri merupakan barang elektronik kecil yang kemungkinan besarnya juga mudah rusak. Akan tetapi anda perlu mengetahui bahwa ada cara merawat earphone agar tidak cepat rusak. Ingin tahu caranya?, simak di bawah ini saja sob.

Cara Merawat Earphone Agar Awet

1. Gulung Apabila Sudah Selesai Digunakan

menggulung earphone

Cara pertama agar earphone anda tetap awet dan tidak rusak silahkan gulung kabel apabila anda menggunakan earphone kabel. Hal ini mencegah kabel bundet ataupun melilit-lilit sehingga membuat kabel bagian dalam rusak. Maka dari itu apabila anda sudah selesai menggunakan gulung yang rapi dan jangan sampai bundet kabelnya.

Baca Juga:  5 Tips Dan Cara Belajar Bahasa Pemrograman C++ Dengan Praktis

2. Simpan Di Box ataupun Wadah Khusus

Agar terhindari dari lilitan barang lainnya ataupun kabel lainnya maka anda harus menyiapkan sebuah box ataupun kotak khusus untuk menyimpan earphone. Selain membuat jadi lebih rapi, hal ini sangat berpengaruh dalam merawat earphone agar tetap awet dan tidak mudah rusak.

3. Cara Merawat Earphone Dengan Jangan Menggunakan Earphone Terlalu Keras

mendengarkan earphone terlalu keras

Cara berikutnya agar earphone anda tetap awet tahan lama serta tidak mudah rusak yakni silahkan jangan gunakan earphone terlalu keras. Seperti kita ketahui bahwa sering kali pengguna earphone mengeraskan suara ataupun volumenya untuk beberapa lagu favorit karena bisa mengasyikkan sekali untuk didengarkan.

Selain tidak baik juga untuk kesehatan pendengaran telinga anda, ini juga tidak baik untuk earphone anda. Sama halnya dengan speaker aktif yang terlalu keras, maka gampang rusak dan jebol. Begitu juga dengan earphone apabila terlalu keras maka akan cepat rusak.

Baca Juga :

Baca Juga:  2 Cara Mengatasi SMSC Update Error (Failed to Update) Terbaru

4. Jangan Sampai Terkena Air dan Minyak

Mungkin diantara anda sering kali menyimpan earphone di saku celana ataupun saku baju, dan terkadang kelupaan juga. Pada akhirnya malah kecuci ataupun terendam. Hal ini dapat menyebabkan earphone cepat rusak, walaupun pada intinya masih bisa diperbaiki dengan cara diangin-anginkan. Akan tetapi kualitas bisa menurun, maka dari itu jagalah jangan sampai terkena air ataupun minyak. Kalau air sih masih mending, kalau minyak, bisa langsung rusak tuh.

5. Jangan Sampai Terkena Panas

suhu panas

Yang namanya barang elektronik, pastinya tidak tahan dengan panas yang terpapar langsung. Entah itu panas dari sumber barang elektronik lainya seperti magic com, setrika, oven, microwave dan sebagainya. Dan ada entah itu juga panas dari paparan sinar matahari langsung pun juga tidak baik apabila dibiarkan terus menerus. Karena dapat merusak komponen dalam pada earphone.

6. Cara Merawat Earphone Dengan Membersihkan Dari Debu

Memang sih yang namanya debu pasti ukurannya agak kecil dan bahkan sampai tidak terlihat juga. Walaupun demikian anda juga perlu membersihkannya. Apabila sampai menumpuk banyak dan kotor, malah speakernya pun bisa rusak. Anda bisa gunakan tisu ataupun kain kecil untuk membersihkan debu yang menempel.

Jadi itulah mengenai cara merawat earphone, semoga earphone anda awet dalam jangka waktu yang lama. Sekian, semoga bermanfaat untuk anda semua dan terima kasih.

Bagikan:

Tags

Kayeols

Usaha dan Berdoa itu Sangat Penting, Berjuanglah Sekuat Tenaga, Niscaya Perjuanganmu akan membuahkan Hasil Yang Manis.

Tinggalkan komentar