7 Cara Optimasi SEO Off Page yang Baik dan Benar

Cara Optimasi SEO Off Page yang Baik dan Benar – Tidak hanya SEO On Page yang kita butuhkan untuk menjadi yang terbaik di halaman pencarian. Kita juga membutuhkan SEO Off Page.

Jenis Off Page ini adalah SEO yang membutuhkan dukungan dari luar situs yang kita miliki untuk bisa mencapai posisi terbaik. Ya bisa dibilang banyak hubungannya dengan backlink, namun tidak seperti itu saja.

Bagi anda yang belum tahu cara optimasi terbaik untuk jenis SEO ini, saya akan menjelaskannya secara rinci, blogger pemula wajib nyimak ya!.

Cara Optimasi SEO Off Page

Apa itu SEO Off Page?

Adalah Optimisasi SEO yang dilakukan di luar website. Dalam membangunnya, ada dua jenis tindakan. Pertama WhiteHat berarti melakukan tindakan yang aman (Natural) terhadap peraturan yang Google keluarkan, dan kedua BlackHat berarti menjalankan tindakan dengan cara yang cukup berbahaya bagi website kita.

Resiko melakuakn Blackhat SEO Off Page ini dapat membuat website terkena pinalti oleh Google. Memang jenis SEO ini lebih berhubungan dengan backlink, namun selain itu, kita harus bisa membangun hubungan dengan audiens dan blogger lainnya.

Memang untuk melakukan perankingan, Google menilai suatu website berdasarkan tautan yang dimiliki. Semakin banyak link berkualitas bagus dari sebuah website, maka website tersebut akan mendapatkan tempat yang lebih baik daripada sebuah website yang tidak memiliki tautan.

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa poin SEO Off Page yang bisa anda lakukan untuk membuat website anda lebih berkualitas.

1. Sosial Bookmark

Sosial Bookmark adalah situs yang bisa kita manfaatkan untuk tujuan bookmark artikel dari website kita. Jenis situs ini juga memiliki lalu lintas pengunjung yang tinggi, dengan melakukan sosial bookmaring, diharapan website kita akan mendapatkan traffic selain dari hasil pencarian mesin pencari.

Selain itu, hal ini juga membangun seo dalam hal mendapatkan backlink. Namun untuk melakukan hal ini, anda juga harus memilih situs sosial bookmarking yang berkualitas.

Ada banyak sekali situs-situs semacam ini, jadi kita harus berhati-hati. Usahakan pilih situs sosial bookmarking dengan Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA) yang tinggi. Untuk mengetahui sebuah situs memiliki DA PA yang tinggi, anda bisa mencari situs DA PA Checker di pencarian google.

2. Membangun Koneksi dengan Blogger Lainnya

Anda juga wajib membangun koneksi dengan blogger lainnya agar website anda juga mereka kenal. Meskipun website yang anda miliki tidak mendapatkan backlink, setidaknya mereka mengenal website anda, itu saja sudah bagus.

3. Memanfaatkan Forum Diskusi

forum online

Banyak sekali forum-forum diskusi yang bisa kita manfaatkan sebagai blogger. Misalnya saja kaskus, ads.id, dan masih banyak lagi.

Anda bisa menjawab beberapa pertanyaan yang ada di dalam forum dan memperkenalkan website anda di forum tersebut, hal ini memang banyak blogger lupakan, tapi ini sebenarnya salah satu peluang yang bagus.

Dengan melakukan hal ini, selain bisa mempekenalkan situs anda ke banyak orang, anda juga tentunya bisa mendapatkan backlink.

4. Sosial Media

Menggunakan media sosial merupakan peluang yang bagus untuk memperkenalkan website ke banyak orang. Apalagi jika media sosial yang anda miliki mempunyai banyak followers/pengikut.

Anda bisa mendapatkan pengunjung tambahan yang akan membuat website anda kebanjiran pengunjung.

Baca Juga :

5. Melakukan Content Placement/Blogwalking

Untuk melakukan content placement ini mungkin saja berbayar, apalagi jika anda mempromosikan website anda ke situs-situs ternama. Biaya content placement berbeda-beda tergantung seberapa terkenal situs tersebut. Dengan melakukan hal ini, anda bisa mendapatkan link dofollow secara permanen.

Sedangkan bagi anda yang tidak memiliki budget, anda bisa melakukan blogwalking. Sama saja dengan content placement, namun mungkin link yang anda dapatkan bukan dofollow, melainkan nofollow. Namun ini tidak masalah, yang penting anda tetap mendapatkan backlink.

6. Viralkan Situs Anda, Atau Anda Sendiri Sebagai Pemilik Website

Jika anda bisa, buat diri anda viral di berbagai media blogger indonesia. Dengan begitu, popularitas dan website anda juga akan ikut terkenal. Namun, viral dalam hal yang baik ya.

7. Dapatkan Review Posifit

Jika website yang anda miliki adalah website jual beli, dapatkan banyak review positif di mengenai produk yang anda jual. Semakin banyak review positif yang anda dapatkan, maka google akan lebih merekomendasikan situs anda di posisi teratas mesin pencari.

Nah, jadi itulah beberapa cara optimasi seo off page yang bisa kita lakukan. Namun kembali lagi, baik Off Page maupun On Page harus seimbang, jangan lakukan setengah-setengah. Oke, sekian artikel ini, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

9 komentar

  1. makasih infonya gan, sangat bermanfaat apalagi buat ane yg masih pemula gini